Erison J. Kambari, Fotografer Alam dan Budaya Minangkabau

Erison J. Kambari, berbaju merah. Yang kanan adalah Uda Aji, teman Uda Son.

Bagi penyuka potografi di Sumbar dan juga bagi yang aktif di sosmed FB atau Instagram, nama Erison J. Kambari sangatlah populer. Ia adalah seorang fotografer terkenal di Ranah Minang. Foto-foto Uda Erison ini banyak ‘bertebaran’ di jagad sosmed, khusunya FB, karena banyak yang men-share. Foto-foto Uda Erison ini umumnya bertema budaya minangkabau dan lanskap keindahan alam minangkabau. Banyak acara-acara budaya yang ia abadikan dalam kameranya. Begitu juga dengan lanskap keindahan minangkabau, yang terlihat sangat indah dalam bidikannya.

Ketika saya dan sahabat saya halan-halan ke Pasar Milenial Nagari Kubu Gadang, tanpa sengaja kami bertemu dan berkenalan dengan Uda Erison J. Kambari ini. Ia bersama temannya yang juga fotografer, Uda Aji. Sungguh pertemuan yang tak terduga dan sangat menyenangkan bagi saya yang mengagumi foto-foto hasil bidikannya. Saya melihat Uda Son dan Uda Aji ini sebagai seorang yang sangat ramah dan rendah hati. Tidak hanya sikapnya ramah, cara dia berbicara pun sangat santun.

Uda Erison J. Kambari ini dikenal dengan sebutan EJK. Nama kecilnya atau nama panggilannya adalah Son. Jadi saya memanggil beliau dengan panggilan Uda Son. Saya sendiri di blog ini pernah 2 kali membuat postingan yang foto-foto pada postingan saya menggunakan foto Uda Erison ini. Pertama pada postingan tentang jala-jalan saya Puncak Lawang yang ada 2atau 3 fotonya yang saya pakai. Dan yang kedua adalah pada postingan Danau Tarusan Kamang. Karena foto-foto hasil jepretan beliau tentu lebih cetaaaaar membahana dari foto-foto saya yang ala-ala orang awam soal fotografi, hahaha.

Lomba pakaian saisuak Pasa Kubu Gadang

Dan saya juga pernah meminta ijin Uda Erison via fesbuk meminjam beberapa foto beliau ini untuk keperluan buku wisata saya “Don’t Stop Exploring West Sumatera“. Dan dengan beliau mengizinkan. Duuuuh senangnya hatiku diijinkan meminjamkan memakai beberapa foto beliau, dan tinggal ambil di FB katanya. jdi saya donlod-donlotin aja foto-foto yang saya butuhkan. Baik banget kaaan dia hehehe…

Satu lagi yang saya lihat dari Uda son ini adalah, ia seorang fotografer yang sangat idealis. Ia bekerja memotret bukan untuk tujuan ‘uang’, tapi benar-benat karena mencintai dunianya dengan segenap hati. Hal itu saya simpulkan setelah kami ngobrol ngolor ngidul, bahwa beliau tidak mau jadi fotograger komersil untuk acara, misalnya pernikahan atau acara komersil lainnya. Ia lebih suka sebagai fotografer yang ‘free’ yang sesuai dengan idealismenya. Dan kalau ada yang suka dengan foto-fotonya lalu kemudian memesan dan membeli, itu urusan yang beda lagi. Tapi dalam urusan foto-memoto dia sepertinya sangat idealis.

Sewaktu saya bertemu dengan Uda Erison ini, beliau ikut memoto sahabat saya. Teman saya ini hobi berfoto. Maka cocoklah ketemu dengan Uda Erison ini. Waktu itu banyak juga yang mau berfoto dengan Uda Erison. Berbagai macam gaya foto mereka lakukan di pasar Kubu Gadang, juga ada sesi foto di pematang sawah segala. Pokoknya asyik dan sangat menyenangkan deh hari itu.

Dan buat teman-teman yang pengen tau lebih jauh tentang Uda Erison J. Kambari melalui hasil jepretannya, silahkan aja follow Instagram dan juga facebook-nya… 🙂

 

 

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s