Rumah Gadang Solok : Rumah Gadang Nagari Singkarak dan Seputaran

Okeee… Akhirnya aku posting juga postingan rumah gadang seri terbaru. Ini sudah didraft lama banget, mungkin sudah lebih dua tahunan atau malah 3 tahunan tapi kok ngga kelar-kelar ya, hehehe. Maksud ngga kelar-kelar adalah ngedit dan postingin fotonya. Abisnya kadang malesin banget, hahaha.

Salah satu hobiku pas lagi pulang adalah memoto rumah gadang, rumah tradisional Minangkabau, Sumatera Barat. Setiap liat rumah gadang yang baru aku liat, langsung aku foto. Jujur saya sangat senang bisa motoin rumah adat tersebut. Paling ngga sekadar dokumentasi hobi moto-moto aja. Atau mungkin juga karena aku sangat sedih melihat jumlah rumah gadang yang semakin lama semakin sedikit. Jadi ada rasa ‘memiliki’ rumah gadang tersebut walaupun yang punya rumah ngga kenal sama sekali, hehehe.

Kebanyakan foto-foto rumah gadang yang kupunya adalah hasil foto sembari lewat aja kalau jalan santai pake motor. Liat rumah gadang, langsung berhenti dan foto itu rumah gadang. Dan selama ini aku memperhatikan, kalau hobiku memoto rumah gadang dianggap aneh kali ya. Karena biasanya disertai tatapan aneh dari orang-orang yang melihatku memoto rumah gadang. Jangankan orang lain, adik dan shabat-sahabatku saja menganggap hobiku ini aneh, hehehe.

Rumah Gadang yamg kuposting kali ini adalah Rumah Gadang yang ada di seputaran Singkarak, Solok. Ini cuma rumah gadang yang terlihat di pinggir jalan raya aja. Ngga masuk yang ke dalam perkampungan. Diambil pas aku lagi lewat saja. Liat rumah gadang saya langsung berhenti,dan fotoin. Ada rumah gadang yang berada di jalan raya Solok – Sumani. Ada juga yang berada di Nagari Sumani, Nagari Singkarak dan Tikalak. Beda dengan postingan sebelumnya yang tentang rumah gadang yang banyak terdapat di Solok.

Sebenarnya kalau saya niat banget, banyak gonjong-gonjong rumah gadang yang berada di belakang-belakang rumah-rumah yang berada di pinggir jalan. Hanya saja saya ngga bisa mampir kalau saya jalannya bareng teman saya. Kecuali kalau saya jalan sendirian saja, maka saya bisa mampir di rumah gadang tersebut. Jadi untuk saat ini saya posting yang terlihat di sepanjang jalan raya saja ya…:)

Yuuukk… Silahkan menikmati… :)..

NB : Postingan ini ternyata sudah saya buat tertanggal 29 Juli 2016, hehehe… 😛

Rumah Gadang ini di Tikalak, Tapian Danau Singkarak.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s