Bagaimana Cara ke Malaysia dari Singapura Dengan Bus

Dalam sebuah grup backpacker di FB seringkali saya liat ada pertanyaan tentang bagaimana cara traveler pergi ke Malaysia dari Singapura. Setelah saya pikir-pikir sepertinya saya belum pernah membuat postingan tentang ini. Dan setelah dipikir-pikir lagi alangkah baiknya saya buat aja postingan tentang bagaimana cara ke Malaysia dari Singapura dengan bis. Karena saya hanya pernah naik bis dari Singapura ke Malaysia.

Saya ngga pernah naik kereta api apalagi pesawat, muahal bangeet laah. Saya mah jalan-jalannya super pengiritan cooyy, hahaha. Sayang aja duitnya dipakai buat ongkos bus kalau naik bus-nya di Singapura. Lebih baik cari cara atau alternatif lain yang jauh lebih murah dengan perbedaan lama perjalanan tidak terpaut begitu jauh, ye kaaaan.

Dari Singapura ke Malaysia naik bis itu sebenarnya gampang aja. Tinggal travelernya mau naik bis dengan tarif yang mahal atau mau yang pengiritan ala bekpeker? Kalau mau ke Malaysia naik bis dari Singapura tarifnya sangat mahal (menurut saya). Karena tarif yang digunakan adalah dolar. Sekitar 30 an dolar lebih, atau sekitar 300 ribu rupiah. Mahal bangeeet kaaan, mending gunakan cara lain yang lebih irit. Dasar sayanya pegang duit dolar otak saya tetap rupiah, hahaha.

Naik bus ke Kuala Lumpur, Malaysia bisa dari Singapura bisa dilakukan di beberapa tempat. Hanya saja, karena saya belum pernah nyoba naik bus dari Singapura menuju Malaysia, jadi saya ngga tau lokasi naik bus-nya ada dimana. Tapi dari beberapa yang pernah saya cari infonya, bus tujuan Malaysia ada di Jurong East, Harbour Front, dan beberapa tempat lainnya yang saya lupa ada dimana saja.

Satu hal yang saya ngga tau kalau naik bis adalah, apakah jalur imigrasi untuk penumpang bis dari Singapura ini sama jalurnya atau berbeda dengan penumpang non bis. Kalau sama, tentu kita akan sangat was-was selama proses di imigrasi. Karena proses imigrasi yang pernah saya alami sampai satu jam lebih. Dan kalau proses imigrasi selama itu tentu ada kekuatiran kita akan ditinggal bis. Karena bis hanya menunggu setengah jam atau 1 jam maksimal, kalau saya ngga salah ingat. Apalagi kalau kita kena random check atau pengecekan acak oleh imigrasi Singapura. Bisa berabe kan ya. Udahlah tiketnya bayar mahal, eh ditinggal pula oleh bis, wkwkwk.

Cara Hemat dan Gampang dari Singapura ke Malaysia

Lantas adakah cara yang lebih murah untuk ke Malaysia dari Sinapura? Tentu saja ada. Ini cara yang pernah saya lakukan dulu dari Singapura ke malaysia.

  1. Naik MRT dulu ke Stasiun Kranji. Dimanapun kamu berada, naik MRT, tujuan turun atau keluarnya di Stasiun Kranji.
  2. Keluar gate dari stasiun MRT Kranji, lalu jalan ke pemberhentian bus di depan stasiun MRT (ngga nyeberang sama sekali ya).
  3. Tunggu bus tujuan JB Sentral atau Johor Bahru Sentral. Saya lupa nomor bus-nya. Kalau ngga salah no. 167. Pokoknya tujuan Johor.
  4. Setelah tiba di Imigrasi Singapura di Woodland, turun bis, lalu naik ke ruangan imigrasi.
  5. Setelah melewati Imigrasi keluar singapura, turun lagi ke tempat pemberhentian bus. Naik bus lagi tujuan Imigrasi Malaysia, JB Sentral.
  6. Tiba di JB Sentral, turun bus menuju imigrasi masuk Malaysia.
  7. Setelah masuk Malaysia, jalan menuju bus tujuan terminal Larkin Johor Bahru. Ongkosnya saya lupa, mungkin 2 atau 3 ringgit.
  8. Tiba di Terminal Larkin Johor, cari bis tujuan Kuala Lumpur. Kalau saya dulu dari Terminal Larkin perginya ke Malaka dulu, baru besoknya ke Kuala Lumpur.

Semoga postingan ini bisa membantu teman-teman semua. Oya, saya tiba-tiba ingat kejadian saya kehabisan duit dolar di Singapura, money changer tutup, minta tolong sama orang malah diusiran dengan cara yang kasar. Tapi kemudian ketemu ibu-ibu melayu yang baik banget yang mau bantu nukerin rupiah saya ke dolar. Itu kejadian memoreable banget deh, ngga bakalan lupa, hahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s