Cara Membuat Paspor di Imigrasi Padang

Bulan Agustus yang lalu, saya mengurus membuatkan paspor orangtua saya di Imigrasi Padang. Tujuan pembuatan paspor tersebut karena orangtua saya mau berangkat umrah pada akhir bulan Oktober. Daripada orangtua saya bikin paspornya lewat agen yang biasa membantu biro umrah tempat orangtua saya mendafrtar umrah, mending saya aja dong yang bantu urus. Percuma saja, saya ngerti ngurus paspor tapi paspor orangtua diurusin calo, hahaha.

Sewaktu saya mendaftar online pembuatan paspor, saya bilang ke adik saya untukbuat paspor untuk dia sekalian. Juga buat anaknya yang usia 4 tahun-an dan 3 bulan. Biar sekalian ngurus kan ya. Sekalian jalan ke imigrasi Padang walaupun jalan-jalan ke luar negeriya entah kapan,yang penting punya paspor dulu. Biar pas dapat tiket murah atau suaminya dapat bonus jalan-jalan ke Singapura Malaysiakan tinggal cuuuuus, ye kaannn. Maka jadilah ponakanku, bocaaah 7 bulan pun akhirnya punya paspor, hahaha.

Apa saja persyaratan dokumen yang harus dibawa pemohon untuk membuat paspor?

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk atau KTP.
  2. Fotokopi Kartu Keluarga.
  3. Fotokopi Akta Kelahiran.
  4. Fotokopi Ijazah/Surat Baptis/Buku Nikah.
  5. Fotokopi Surat Keterangan Kerja, dari tempat kerja.
  6. Fotokopi paspor lama bagi yang melakukan perpanjangan paspor.
  7. Fotokopi Surat Keterangan Keterangan Menjadi Warga Negara Indonesia bagi warga negara asing yang sudah menjadi WNI.
  8. Fotokopi sudah mengembalikan semua berkas WNA bagi warga negara asing yang sudah menjadi WNI.
  9. Barcode pendaftaran online yang dicetak di atas kertas A4.
  10. Surat pernyataan “belum pernah mempunyai paspor bagai anak di bawah umur” oleh ayah anak di bawah umur.

Semua persyaratan di atas difotokopi di atas kertas ukuran A4. Bawa saja semua dokumen aslinya untuk diperlihatkan pada petugas kantor imigrasi.

Oiya, dokumen asli yang dibawa :

  1. KTP.
  2. Kartu Keluarga.
  3. Iazah,
  4. Akta lahir.
  5. Surat nikah bagi yang sudah menikah.
  6. Surat Keterangan kerja.

Bagaimana Proses Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Padang?

  1. Mendaftar antrian pembuatan passport secara online melalui applikasi.
  2. Mencetak barkode pendaftaran online pembuatan paspor. Ini harus, ngga boleh nggak. Karena saya tidak mencetak barcode-nya, saya terpaksa mencari warnet untuk mencetak barcode yang tersimpan di hape.
  3. Pada hari yang sudah dijadwalkan, pemohon harus membawa smua persyaratan yang dibutuhkan untuk pembuatan passport.
  4. Ambil antrian pemeriksaan berkas persyaratan. Duduk ngantri aja sih.
  5. Setelah berkas dicek apa kekurangannya, disuruh lengkapi dulu. Seperti saya, yang tidak mencetak barcode pendaftaran, terpaksa nyari warnet dulu, hehehe.
  6. Setelah oke, disuruh mengambil antrian wawancara di loket di depan pintu masuk.
  7. Petugas yang memberikan antrian wawancara juga akan memberikan formulir isian yang harus diisi oleh pemohon, dalam hal ini, saya yang mengisinya.
  8. Pemohon menunggu untuk melakukan wawancara pembuatan paspor.
  9. Setelah melakukan wawancara, petugas imigrasi akan memberikan struk pembayaran pembuatan paspor.
  10. Pemohon harus membayar biaya pembuatan paspor pada bank-bank yang sudah ditunjuk.
  11. Passport akan jadi 3 – 5 setelah hari kerja.

Selamat ya, bagi yang mencoba dan akhirnya mempunyai passport… hehehe…

Menurut saya model pelayanan pembuatan paspor di Kanim Padang yang antri dulu untuk pemeriksaan berkas tanpa memberikan formulir dulu kepada pemohon, agak buang-buang waktu. Soalnya menurut saya sebaiknya diberikan dulu formulir, sembari ngantri jadwal pemeriksaan berkas pemohon bisa langsung isi formulir. Dan tidak bolak balik. Itu menurut pendapat saya loh ya.

 

 

5 comments

  1. Hi, saya inung.
    Kebetulan saya pendatang dari Surabaya. Mau bikin paspir di Padang tapi KK asli di Surabaya, dan tidak memungkinkan untuk dikirim ke Padang. Kira² bisa ngga yah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s