Kampuang Sarosah Lembah Harau, Payakumbuh, Limapuluh Kota

Kampuang Sarosah Lembah Harau adalah salah satu objek wisata yang lagi ‘in’ banget di kawasan Lembah Harau. Karena di objek wisata Kampuang Sarosah ini pengunjung berfoto dengan latar pohon jomblo yang tidak berdaun. Pohon jomblonya hanya berupa ranting aja. Di sini sangat banyak pengunjung yang mengabadikan spot tersebut karena hasil di fotonya seperti berfoto di daerah yang mempunyai musim gugur.

Objek utama kedua yang menjadi tujuan pengunjung adalah, naik perahu di sungai kecil buatan yang mengelilingi taman. Sungai kecil ini cukup lebar, tapi panjang lintasannya saya ngga tau. Mungkin panjang lintasan total maksimal sekitar 250 m aja. Banyak pengunjung yang mencoba mendayung sampan di sini. Biaya naik perahunya adalah 15.000 per orang. Lumayan laah, pengunjung bisa merasakan sensasi liburan kaya di Belanda, hehehe.

Kami tiba di Kampuang Sarosah Lembah Harau ketika hari sudah sore, sekitar jam 5. Setelah sebelumnya saya dan sahabat saya memalui perjalanan panjang mengendarai motor sejauh 125 km melewati Lintau. Untung Kampuang Sarosah-nya masih buka. Kami langsung aja masuk. Untuk masuk ke dalam area Sarasah sih ngga bayar ya, cuma bayar parkiran aja. Parkiran motor cuma 2000 perak aja. Kalau parkiran mobil saya ngga tau. Mungkin cuma 5000 aja.

Menurut pengelola Kampuang Sarasah yang saat itu kebetulan saya temui, sehari sebelumnya mereka baru saja meresmikan wahana baru. Yakni, sepeda gantung yang melintasi kaki kecil buatan tersebut yang ujungnya adalah merasakan sensasi balon udara. Lintasan sepeda gantungnya tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu panjang. Jadi bisa dinaiki oleh anak-anak yang punya keberanian untuk mencobanya.

Di atas wahana balon udara, pengunjung bisa merasakan sensasi naik balon udara. Karena wahana balon udara ini tentu saja bukan balon udara sungguhan karena dibuat menapak ke tanah menggunakan besi. Tapi setidaknya pengunjung bisa berfoto seakan-akan naik balon udara. Tricky-tricky gitu lah ya, tapi pengunjung kan demen hahaha.

Biaya tiket naik sepeda gantung ini 25.000. Sedangkan tiket naik balon udara ini 15.000 kalau ngga salah. Cukup ekonomislah bagi pengunjung. Nah kalau pengunjungnta bawa banyak anak dan semuanya pengen naik sepeda gantung dan balon udara baru deh kelimpungan. Belum lagi ntar biaya cetak foto kalau difotoin fotografer pengelola yang 10.000 per lembar baru deh gempor hehehe.

Di area ini pengunjung juga bisa mencoba memakai pakaian korea alias hanbok. Biaya penyewaan hanbok ini 15.000, dan pengunjung boleh berfoto di dalam area tersebut. Hanya saja saya ngga tau berapa lama setiap pengunjung yang menyewa boleh memakainya. Bagi pengunjung yang ingin difoto oleh fotografer di sana, dikenakan biaya tambahan 10.000 per foto. Masih cukup ekonomislah. Tapi kalau pemgunjung mau ambil 10 foto, ya gempor juga. Bagi yang bawa banyak duit ngga masalah, tapi kalau ngertrip kere ala saya, angkat tangan deh, ooppss… :p

Di sini juga tersedia penginapan bagi pengunjung yang hendak nginap. Bentuk penginapannya berupa rumah gadang. Suasana penginapannya sepertinya asyiklah ya. Apalagi kalau pagi hari di saat belum banyak pengunjung yang datang, pasti suasananya enaaak banget. Karena alamnya yang indah berbingkai tebing-tebing terjal perbukitan Lembah Harau.

Tapiiii saya dan sahabat saya ngga lama berada di sana. Kami tiba sekitar jam 5, dan jam 5.30 kami udah keluar. Perjalanan kami masih jauuuh ciin. Masih sekitar 130 km lagi menuju Solok, huhuhu. Akhirnya kami pun memutuskan pulang. Kami ngga mau lagi jalan-jalan ke air terjun yang dekat dari sana. Air terjunnya ada dua berdekatan dan tinggal jalan aja padahal, huhuhuhu….

 

Advertisements

11 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s