Ujian Bulan Ramadhan itu (Salah Satunya) Buka Bersama

Mesjid Ummi Danau Diateh, Alahan Panjang, Solok, Sumatera Barat,.

Teman-teman, ngga berasa ya, puasa ramadhan tahun ini tinggal sehari lagi. Tinggal besok aja. Sedih bangeeet. Sebagai seorang muslim kita pasti tau makna bulan puasa aka bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan ladang berkah, bulan ladang pahala, bulan ladang amal shaleh. Segala sesuatu ibadah atau amal shaleh yang kita lakukan, pahalanya 70 kali pahala di bulan lainnya di luar Ramadhan.

Tetapi, bulan Ramadhan tidak hanya menjadi bulan ladang amal, tetapi juga bulan ladang ujian. Ujian yang berjalan seiiring dengan amal itu sendiri. Tergantung kita sendiri yang menentukan mana yang kita pilih, ladang amal atau ladang ujian.

Ladang ujian yang mana sih yang saya maksud? Banyaaak. Salah satunya adalah berbuka puasa? Looh? Kok bisa berbuka puasa menjadi ujian kita dalam berpuasa? Ya iyalaaah. Berbuka mempunyai banyak alasan kenapa menjadi ujian puasa itu sendiri. Apa aja itu? Yuk kita bahas.

1. Kalap saat berbuka puasa.
Naaah ini yang banyak terjadi pada kebanyakan kita. Kalap saat berbuka puasa. Pada saat berpuasa siang hari, rasanya semua makanan pengen dilahap untuk berbuka puasa sorenya. Begitu masuk waktu buka, langsung main hajar aja, dimakan aja apa mau dimakan. Makan kolak, makan gorengan, minum sirup, minum es ini dan itu. Trus tambah lagi makan nasi dengan berbagai lauk.

Begitu udah selesai berbuka dan makan, perut langsung begah, kekenyangan. Dan akhirannya memilih dinding buat bersandar. Badan jadi PeWe, malas berangkat mushala mesjid buat shalat tarweh. Semoga kita tidak menjadi bagian dari orag-orang yang seperti ini. Aamiin ya Allah ya rabbal’aalamiin….

2. Buka Puasa Bareng alias Bubar.
Buka puasa menurut saya juga merupakan salah satu ujian terbesar. Gimana ngga, mengadakan berbuka puasa malah seringkali menghilangkan esensi bulan ramadhan itu sendiri. Kebanyakan orang malah begitu happy nya mengadakan berbuka puasa tetapi kemudian lalai pada tujuan ibadah utama Ramadhan, lalai mengisi ramadhan dengan amalan-amalan utama yang seharunya dan sebaiknya kita lakukan. Kita lebih banyak melakukan gimik-gimik ramadhan aja seperti buka bareng ini.

Seringkali kebanyakan orang yang mengadakan buka puasa bersama, malah bablas sampai melewati jam shalat tarwih witir di mesjid mushala. Karena ketika berbuka puasa bersama sangat sering tanpa diiringi dengan shalat tarweh dan witir. Sangat banyak yang seperti ini kan yah. Inilah yang membuat saya seringkali tidakmau ikut buka bareng sejak jaman sekolah.

Coba bayangkan betapa seringnya kita mengadakan acara buka bersama? Ada yang buka bareng teman sekolah, keluarga besar ayah, keluarga besar ibu, tempat kerja, alumni sekolah (SMP, SMA), alumni kampus, instansi (diundang atasan, atau menjamu bawahan), komunitas yang diikuti, himpunan wraga kampung di perantauan, bubar bersama sahabat dekat dan lain sebagainya. Banyak kan yaaa…

Jadinya, dengan adanya banyak acara buka bareng di luar rumah, buka bersama keluarga di rumah seringkali hanya pada seminggu pertama bulan puasa saja. Selebihnya, di luaran. Iya kalau buka barengnya ada jadwal isya dan tarweh jemaah,ngga masalah. Kalau ngga ada isya tarwih berjamaah, bagi saya, rugiiiiiiii bangeeeeett ikutan buka bareng. Rugi karena sudah membuang kesempatan mengisi ramadhan yang datangnya hanya sekali setahun ini.

Itu hanya pendapat saya ya, tiap orang tentu beda-beda. Bagaimana menurut teman-teman?

Advertisements

3 comments

  1. Saat buka puasa memang selalu kalap, abis itu malah kekenyangan pas mau shalat magrib,hehe yang paling kalap pas mau beli kue buat buka puasa ya ampun semua penge dibeli setelahnya malah gak dimakan karena bAru makan satu kue dan minum teh panas aja udah full 🙂

  2. Boro2 sholat Isya dan Taraweh…. kadang ngundang bukber di mall, nggak dipikirin itu yg dateng ntr sholat Maghribnya gmn… apakah mushalla atau masjid di mall tsb layak atau nggak. Aku pilih buka di rumah aja deh. Enak, bs pake daster hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s