Hujan Sangat Deraaaaaas, Hape Saya Pun Berenang

gambar : Internet

Duuuuuh jadi pengen curhat bangeeet deh. Jadi, pepatah minang mengatakan malang ndak dapek ditolak, mujua ndak dapek diraih yang artinya malang tidak dapat ditolak, yang artinya mujur atau keberuntungan tidak dapat diraih. Maksudnya adalah mengalami ketidakberuntungan.

Jadi hari Minggu tepat 3 minggu yang lalu saya lagi jalan ke Bukittinggi. Pakai motor berdua sahabat saya. Hujan lagi deraaaaas banget. Sebelum hujan turun saya sudah membungkus tas saya yang tali selempang panjang dengan kantong kresek yang besar. Karena hujannya yang luar biasa deras, saya berhenti lagi buat mencek apakah tas saya aman dari air (karena ada henpon di dalamnya).

Alhamdulillah, tas saya aman dan tidak masuk air. Saya kemudian membeli kantong lagi buat ngebungkus lagi tas saya yang sudah dibungkus kantong tadi. Lantas saya dan sahabat saya melanjutkan lagi jalan di bawah siraman hujan yang luar biasa deras. Petir pun menyambar-nyambar yang membuat saya berdzikir sepanjang jalan.

Sekitar 10 menit berikutnya saya berhenti lagi. Perasaan saya kok ngga enak sama tas saya ya. Saya raba tas saya dan saya syok. Seperti  banyak air yang menggenang di tas saya. Saya buka segera ikatan kantong yang dua lapis. Dan saya raba hape saya.

Daaaaaaaan… Aaaaaaaah tidaaaaaaak….

Innalillahi…. hape saya dan kamera saku digital saya sudah berenaaang di dalam tas. Jantung dan hati saya langsung sesak melihat hape dan kamera saya yang mati. Harusnya kan masih nyala karena setengah jam yang lalu baterainya masih banyak. Saya ngga berani menyalakannya. Tapi saya sangat sedih melihatnyaaa, huhuhuhuhu *nangis kejeeer.

Saya kemudian membuka hape dan melepas baterainya. Kemudian saya titip hape saya ke tas teman saya. Kami kemudian melanjutkan perjalanan. Dan, hati saya pun tertinggal di tempat saya tadi men cek kondisi hape saya yang sudah mati.

Ketika saya memperbaiki, beberpa konter hape yang saya tanya, sudah menyerah dengan kondisi hape saya. Mereka bilang udah ngga bisa diperbaiki. Pun kalau bisa kemungkinannya fifty-fifty. Bisa bener lagi atau malah ngga sama sekali.

Saya sih kalau fifty-fifty ngga masalah asal bisa nyala lagi. Yang penting saya bisa menyelamatkan data saya. Tapi ada juga tukang konter yang jawab bisa diperbaiki lagi dengan menyebut harga yang hampir sejuta. Aduuuuuh mahalnya. Saya sebenarnya ngga masalah kalau harus bayar mahal asalkan data saya bisa selamat.

Tapiiiii jawaban tukang konter yang bikin saya ngga semangat adalah, mereka bisa perbaiki tapi data saya ngga selamaat. Yaaaaah sama juga boong doong. Udahlah mahal, data ngga selamat. Kalau data selamat masih saya jabanin. Saya butuhnya nyelamatin foto-foto saya yang belum saya pindahkan ke leptop.

Berbagai ‘andai’ menari-nari di kepala saya. Beribu ‘andai begini dan begitu’ mengganggu hati dan otak saya setelah kejadian itu. Duluuu ketika hape saya hilang saya ngga ‘rusuah’ ini karena saya baru saja memindahkan foto-foto saya, dan yang tersisa hanyalah foto-foto seminggu sebelumnya.

Sebenarnya ketika kita kehilangan hape atau hape rusak, yang bikin sedih dan nyesek itu kan data yang hilang. Soal hapenya sendiri mah lillahi ta’ala aja. Buktinya saya ngga begitu ‘rusuah’ dengan kamera yang rusak karena datanya masih aman, masih bisa dibuka.

Semoga ke depannya saya bisa lebih hati-hati lagi kalau udah beli hape lagi. Ini pelajaran yang sungguh sangat berharga bagi saya. Pelajaran yang sangaaaat berharga…

Advertisements

4 comments

  1. Aku turut sedih 😦 pernah mengalami hal serupa dan bukan krn natural disaster kayak hujan. Malah blo’on klo kasusku dulu 😦 saking blo’on-nya sampe ga sanggup cerita. Long story short, HP ku kesiram air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s