Tanya Teman-Teman, Kenapa Banyak Komen Spam di Blog Saya ya

liat nama situsnya, aneh-aneh.

Teman-teman, saya boleh nanya dong. Saya barusan buka blog saya ini, daan tiba-tiba blog saya banyak di-like sama situs-situs yang menurut saya sangat sangat menakutkan. Hampir semua situs tersebut da kata-kata sexy-nya. Dan sepertinya berasal dari Rusia semua. Itu kenapa sampai bisa gitu ya? Plis tolong kasih pencerahan ya teman-temn, apa dan kenapanya.

Saya kuatirya itu adalah situs-situs blog ‘parno’. Saya ngga berani masuk ke link tersebut. Takutnya ntar ada apa-apa dengan blog saya atau leptop saya. Takutnya itu virus yang nyerang blog dan leptop saya atau ntar tiba-tiba leptop saya menampilkan gambar-gambar yang ‘aneh aneh’.

Jadi sebenarnya blog saya sering ada komen-komen spam yang selalu saya hapus setiap kali saya buka blog saya. Komen-komen spam tersebut menurut saya ‘aneh-aneh banget. Diliat dari beberapa kata yang terlihat di sana ataupun nama-nama link-nya.

Ada komen yang sepertinya menawarkan obat-obat v1 49 ra, sekaligus link-link-nya. Ada juga yang sepertinya situs-situs ‘p4rno’. Saya ngga pernah meng-klik link, tapi saya menempelkan kursor di atas link tersebut maka muncul gambar-gambar yang luar biasa aneh, yang pastinya menujukkan situs tersebut merupakan situs p4rno yang menakutkan dan menjijikan.

Pertanyaan saya adalah, kenapa banyak sekali komen-komen spam dari situs-situs tersebut muncul di blog saya? Setiap kali saya buka pasti ada belasan atau puluhan, bahkan pernah seratusan. Yang terbanyak ada di link komen saya di blog lain. Kenapa sampai banyak gitu ya teman-teman? Apa yang harus saya lakukan biar ngga muncul lagi komen-komen spam tersebut?

Makasih atas pencerahannya teman-teman.

Itu contoh komen spam, sebagian sudah saya hapus.
Advertisements

27 comments

  1. Saya juga nggak tahu, Mbak. Belum lama ini alamat yang sama dengan yang di foto postinganmu juga ngelike komentar saya di blog orang lain. Baru kali ini ada sesuatu yang agak aneh di blog saya.

  2. Saya juga mengalami hal yang serupa. Beberapa komentar saya di beberapa blog di-like oleh situs-situs semacam itu. Saya belum tahu juga apa penyebabnya dan apa dampaknya bagi saya. Namun, memang sebaiknya kita tidak mengklik tautan itu, Mbak. Sebisa mungkin kalau ada komentar aneh-aneh dan ada link yang aneh-anehnya juga kita hapus saja. Semoga Akismet bekerja optimal di sini, huhu. Mudah-mudahan esok lusa tidak ada gangguan lagi, ya.

  3. Aku lagi pengen bikin tulisan yg sama, soalnya dapat like ga jelas gitu di bbrp komenku saat bw, aku tahunya krn dpt notif ke email, pdhl di blogku aja notif like ku nonktifkan, bikin penuh inbox, lah ko spam malah masuk. . Klo komen spamnya aku ga dapat, krn klo kita pakai akismet biasanya langsung di amankan ke spam deh.

  4. Hmmm aku juga kemaren, di aplikasi WordPress, dapat banyak notifikasi bahwa situs-situs serupa ngeLIKE komenku yg kutinggalkan di postingan bbrp teman. Oke ini aku mah bukan web programmer endespre endebre, jd ini penjelasan dr seorang rakyat jelita eh jelata sja ya.

    Kayaknya ini MO terbaru para spammer itu deh (modus operandi— ciyeeeeh). Jadi klo mereka ninggalin KOMEN, biasanya bakalan langsung ‘ketangkep’ sama WordPress dan otomatis masuk ke kolom SPAM. Tapi klo sekedar ngeLIKE, nah polisi spammer di WordPress mungkin gak mendeteksi mereka sebagai spammer. Jadi situs-situs ini bisa lolos dan bebas ngeLIKE komen kita.

  5. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Firsty Chrysant…

    Didoakan sihat dan sejahtera dalam rahmat Allah SWT.
    Saya juga mengalami hal yang sama, malah pernah puluhan masuk ke spam. Saya biarkan sahaja dan biarkan aksimet yang melakukan tugasnya sehingga ia pergi begitu sahaja. Namun ia berlaku setiap hari. Memang menyesak hati ya mbak kala melihat komentarnya yang menakutkan. Saya juga tidak berani untuk klik bimbang lain yang bakal berlaku. naya diri sendiri. Cukuplah dua kali blog saya hilang di maya.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s