Air Terjun Coban Rondo, Malang, Jawa Timur

Air terjun Coban Rondo namanya unik ya? Coban artinya menurut masyarakat di sana adalah air tejun. Sementara Rondo artinya adalah janda. Kenapa air terjun tersebut dinamakan air coban rondo, saya juga ngga tau, liat aja di internet sendiri ya hahaha. Jangankan saya, Mas Agus yang menemani kami jalanpun juga tidak tau kenapa dinamakan demikian.

Perjalanan ke air terjun Coban Rondo ini sebenarnya sudah cukup lama saya lakukan, tapi baru sekarang saya buat postingannya. Saya ke air terjun Coban Rondo bulan September yang lalu sewaktu saya dan sahabat saya jalan Bromo. Jalan ke air terjun ini adalah hari ketiga perjalanan kai dari awal berangkat, trus ke Bromo dan Batu.

Kami berangkat pagi-pagi dari guesthouse yang berada di Oro-Oro Ombo setelah mampir sebentar di alun-alun kota Batu. Sekalian sarapan juga sih, kami makan nasi jagung di pojokan antara alun-alun dan pasar. Setelah sarapan baru deh kami capcus ke air terjun Coban Rondo. Perjalanan ke sana dari alun-alun Kota Batu asyik deh. Maklum namanya juga daerah yang dikelilingi oleh perbukitan.

Rupanya di lokasi air terjun coban merupakan kawasan wisata yang mempunyai banyak arena wisata. Di sana juga ada taman labirin, bumi, berkemahan juga ada. Pintu gerbang Taman Wisata Air Terjun Coban Rondo ini berada di atas perbukitan di ujung perumahan. Untuk menuju air terjun sendiri cukup jauh dari gerbang, mungkin sekitar 1,5 km – 2 km, atau mungkin malah lebih.

Kami berhenti dulu di taman labirin, tapi ngga berniat masuk sih ke dalamnya, hahaha. Saya hanya mengambil foto-foto bunga di sekitar sana saja. Ada juga spot foto bertema pelangi-pelangi. Setelah puas foto di sana baru deh kami turun ke ajr terjun. Jalan menuju air terjun bagus walaupun agak kecil.

Suasana jalanan yang menuju air terjun enak banget. Adem, rimbun dan juga tenang. Saya membayangkan seandainya punya rumah di sana pasti nyaman banget dengan suasananya yang adem. Apalagi menjelang parkiran ada kali kecil (dibilang kali kecil kurang cocok karena kekecilan, dibilang selokan juga kurang cocok, soalnya alirannya alami walau ukuran kali dan debitnya kecil) yang bikin suasana di sana makin enak.

Setibanya di parkiran air terjun, ternyata pengunjungnya sudah ramai banget meski hari masih pagi. Dari parkiran berjalan ke arah air terjun sejauh kira-kira 100 m. Ada taman kecil di sepanjang jalan di kiri kanan. Jadi bagi yang bepergian bersama keluarga yang membawa anak kecil bisa piknik makan siang di sini. Aman dan nyaman buat anak-anak.

Air terjunnya sih biasa aja ya, tapi suasana tamannya enak, dan aman buat anak-anak. Menurut pendapat saya jauh lebih bagus air terjun Madakaripura di kaki Pegunungan Bromo Semeru Tengger. Tapi air terjun Madakaripura sangat kurang ramah buat keluarga, apalagi anak-anak. Cocoknya buat anak muda yang senang berpetualang. Selain jalan ke sananya juga melewati jalan setapak, setiba di sana juga musti mengarungi sungai bebatuan.

Kami sih tidak lama berada air terjun ini. Paling lama mungkin mungkin hanya satu jam. Tujuan ke sini kan bukan buat piknik, jadinya ngga berlama-lama di sana hehehe. Apalagi kami musti ke beberapa tempat lainnya dan juga harus balik ke Surabaya sorenya. Karena besok pagi harus balik lagi ke Jakarta. Teman saya malah harus pulang ke Padang.

Sebenarnya ya kalau waktunya ngga mepet sih enak berlama-lama duduk-duduk di sini menikmati suasana yang tenang dan nyaman. Suasananya sangat enak banget buat santai-santai sambil nyari inspirasi untuk tulisan. Eh tunggu, ntaar bukannya nulis yang ada malah ngayal doang, karena suasana yang enak buat ngayal, hahaha.

Biaya tiket masuknya kalau ngga salah 20.000 per orang, cukup mahal ya, hahaha. Buat parkir mobil 10.000. Naah, bagi yang mau ke sana bisa liat alamatnya di foto di bawah ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s