Cara Membuat Ikan Sarden Kaleng Balado Padang

Siapa sih yang ngga kenal dengan ikan sarden kaleng? Menu lauk dengan sarden ini termasuk salah satu menu yang enak dan cara masaknya pun mudah. Ikan sarden kaleng ini merupakan salah satu menu favorit keluarga saya sejak saya kecil banget, bahkan sejak saya sudah mulai bisa mengingat sampai saat ini.

Setiap daerah mungkin mempunyai cara masak yang berbeda untuk ikan sarden kaleng ini. Begitu juga cara orang padang masak ikan sarden kaleng ini sangat berbeda dengan cara orang daerah lain. Ini terlihat ketika saya pertama kali mencoba makan ikan sarden di warteg. Setelah saya mencoba makan untuk pertama kalinya, saya tidak lagi berminat makan sarden di warteg karena cara masaknya yang berbeda ini.

Di warteg-warteg yang saya lihat, ikan sarden kaleng tidak dimasak lagi seperti hal-nya masakan padang. Ikan sarden yang saya lihat di warteg atau pun beberapa tempat lain, hanya ditumis saja pakai irisan cabe, bawang, bawang putih, jahe, tomat dan daun bawang. Sehingga bagi saya, menu ikan sarden yang kaya ini terasa masih sangat amis dan mentah. Dan saya ngga suka, hehehe.

Beda dengan dengan cara kebanyakan orang padang yang ikan sardennya dimasak (goreng) lagi sebelum disajika buat lauk pauk. Biasanya juga ditambahkan kentang atau tahu biar lauknya jadi banyak. Itu trik biar lauknya banyak bagi ibu-ibu yang anggota keluarganya banyak, hehehe. Dan saosnya dijadikan saos balado.

Gimana sih cara masaknya? Gampang atau susahkah? Hmm, kalau kata saya sih gampang banget, hehe *belagu banget kan ya.

Okeeey, berikut ini adalah bahan tambahan dan bumbu untuk ikan sarden balado :

1. Sarden kaleng yang besar 2 kaleng.
2. Kentang, sesuai kebutuhan.
3. Tahu, sesuai kebutuhan.
4. Cabe 1/4 kg, digiling dan tambahkan garam dan bawang.
5. Tomat besar 3, 4 atau 5 biji. Tergantung selera sih. Boleh diiris atau digiling. Saya lebih suka tomatnya digiling.
6. Bawang, sesuaikan porsinya dengan cabe. Boleh diiris atau langsung digiling ke cabe. Kalau saya lebih suka bawangnya digiling ke cabe. Lebih maknyuus.
7. Minyak goreng.
8. Asam kandih atau jeruk nipis, sesuai selera aja sih.

bersihkan ikan supaya ikan dan minyak tidak menghitam saat digoreng.

Lalu, bagaimana sih cara masak sarden balado ala padang, eh keluarga saya? Berikut saya jelaskan ya.

Untuk ikan sardennya, persiapannya adalah sebagai berikut :
1. Keluarkan sarden dari dalam kaleng.
2. Pisahkan daging dari saosnya.
3. Cuci ikan sarden supaya ketika ikannya digoreng, ikan dan minyaknya tidak menghitam karena saos yang masih banyak menempel. Air cuciannya jangan dibuang, campurkan aja ke saos atau dijadikan perasan jeruk nipis atau rendaman asam kandis.
4. Ikan sarden siap digoreng.

Sampai di sini okey ya, Insya Allah paham ya. Terus kita mulai masak deh.

1. Goreng kentang dan tahu terlebih dahulu biar minyak tetap bening.
2. Goreng ikan sarden, tutup supaya minyaknya tidak memercik ke badan.
3. Goreng cabe dengan jumlah minyak yang pas dengan banyak cabe.
4. Aduk cabe sebentar, lalu masukkan tomat dan asam kandis.
5. Setelah cabe goreng hampir matang, masukkan saos sarden, dan aduk sampai muncul minyak di cabe balado.
6. Sarden balado sudah selesai dimasak dan siap dihidangkan.

Dan rasanyaaa? Mak nyuuuus banget. Selamat mencoba.

Advertisements

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s