Hotel Balairung Matraman, Jakarta

Hampir setahun yang lalu, saya membantu teman saya yang menjadi panitia acara di hotel Balairung, Matraman, Jakarta Timur. Hotel Balairung ini konon merupakan hotel kerjasama dengan Pemda Sumatera Barat. Karena hotel ini berada di lahan kantor penghubung Pemda Sumatera Barat. Jadi tidak heran atap gedung ini berbentuk gonjoang Rumah Gadang Minangkabau.

Suasana Hotel Balairung ini asyik. Di dalam lobby hotel terdapat benda-benda yang memunjukkan identitas budaya Minangkabau. Contohnya, dua boneka pengantin yang mengenakan pakaian pemgantin yang lengkap. Juga ada talempoang sebagai bagian interiornya. Dan juga jumbai-jumbai atau lidah tirai yang menggantung di langit-langit, udah kaya hiasan acara adat aja.

Kamar yang saya tempati besar banget dan nyaman. Bentuk ruangannya gabungan persegi dengan jajar genjang. Kasur berada di area persegi, sementara kursi sofa istirahat berada di serambi yang berbentuk jajar genjang. Interior kamarnya bertipe klasik. Di dinding kamar terdapat beberapa gambar atau ornamen-ornamen yang mencerminkan minangkabau. Gambar tersebut ada yang dari lukisan, ada juga yang dari batik, dan aja juga berupa songket minang. Kamar mandinya juga lega banget.

Hanya saja menurut saya, meski kamarnya besar dan mewah, kamarnya kurang ‘hidup’. Mungkin karena pencahayaannya kurang, jadinya terkesan terlalu temaram atau redup banget.  Apalagi bagian serambi tempat kursi sofa berada, bentuknya jajargenjang yang mengakibatkan bentuk dan fungsi ruangan kurang efektif. Karena bentuk serambi tempat sofa berada berbentuk jajar genjang, jadi walaupun jendelanya sangat lebar membuat cahaya matahari siang tidak full masuk ke ruangan kamar.

Seharusnya (menurut pendapat saya sih ya), pencahayaankamarnya lebih terang lagi dan model kamarnya dibuat lebih simpel. Bentuk kamarnya sebaiknya segi empat, termasuk arah jendela juga, sehingga ruangan bisa terang full pada saat siang hari. Karena karena cahaya matahari langsung memenuhi seluruh ruangan. Itu aja sih pendapat saya, hehehe.

Untuk sarapan, makanan di hotel ini enak. Salero minang, hehehe. Bahkan sanok kacang padi alias bubur kacang ijo pun dimasak cara khas padang banget. Ada kolak khas minang juga kalau ngga salah deh. Begitu juga telur dadarnya juga enak, malah paling enak diantara sekian dadar telor hotel yang pernah saya coba. Hanya saja saya hanya mencoba menu nasi goreng dan mi goreng saja, tidak mencoba menu lainnya. Jadi saya ngga tau rasa makanan lainnya. Dan, tersedia juga sih bubur ayam tapi saya lupa mencicipinya, hehehe.

Dan yang memberikan nilai plus bagi hotel ini adalah, hotel ini sangat ramah bagi pengunjung yang hendak melaksanakan puasa sunah. Karena hotel Balairung ini juga menyediakan makanan untuk sahur. Jadi ngga usah kuatir kalau mau puasa pas nginap di hotel ini. Muantap kan yaaa.

Dan salah satu hal lagi yang paling menyenangkan di hotel ini adakah, tersedianya mesjid yang cukup besar. Mesjid ini berada di lanyai 3 hotel. Dan di dalamnya pun nyaman banget. Jadi tamu hotel yang hendak shalat berjamaah pun bisa dilakukan di hotel ini. Di hotel-hotel lain biasanya hanya tersedia mushala mungil yang letaknya berada di parkiran, hehehe. Di sini ngga, lokasi mesjidnya justru dekat dengan hall atau ballroom. Jadi kalau ada acara, peserta yang hendak shalat ngga ribet nyari jauh-jauh.

Soal tarif semalam saya ngga tau persis, tapi kata teman saya cukup murah jika dibandingkan jenis kamar yang kami dapat. Cumaaan, yang kurang adalah wifinya. Wifinya ngga bagusamat koneksinya. Itu aja sih. Bolak balik saya makai koneksi yang tersedia, tetap saja kemudian memakai koneksi pribadi saya, hehehe.

Semoga hotel Balairung ini selalu berkah dan pengunjungnya ramai. Aamiin.

Advertisements

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s