Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kuta Selatan, Bali

Pantai Pandawa ini adalah salah satu pantai yang terkenal di Pulau Bali. Lokasinya berada di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Badung, sehingga pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Kutuh. Pantai Pandawa ini terkenal baru beberapa tahun belakangan ini. Di kalangan wisatawan buledikenal dengan sebutan nama Secret Beach. Setelah pantai terkenal, pantai Pandawa menjadi salah satu pantai yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang berwisata ke Bali.

Saya ke pantai ini setelah dari Pantai Nusa Dua. Sebenarnya setelah dari Nusa Dua kami hendak ke Garuda Wisnu Kencana (GWK) dulu. Tapi setelah melihat referensi dan foto-foto tentang GWK, kakak saya kurang tertarik ke sana. Apalagi kemudian ternyata tiket masuknya mahal banget, 80.000 perorang. Kayanya ngga sebanding banget antara tiket masuk dengan apa yang ada di sana (dari yang terlihat di foto-foto referensi yang sudah diliat). Karenanya kami ngga jadi ke GWK, dan kami langsung saja menuju Pantai Pandawa.

Jalan raya yang menuju ke Pantai Pandawa ini terlihat tidak ramai. Tapi begitu kita tiba di Pantai Pandawa, pengunjungnya sangat ramai. Tapi sayang bangeeet, waktu saya ke sana hujan turun dengan derasnya. Setengah jam kemudian hujannya pun berhenti. Entah karena cuaca yang mendung, keindahan pantai Pandawa yang sering terlihat di foto-foto internet, tidak terlihat indah banget saat dilihat secara langsung. Mungkin beda kalau saat cuaca cerah dan terang kali ya, pasti akan terlihat sangat indah.

Selain itu area pantai ke arah batas air laut juga agak dekat (pada saat saya ke sana, mungkin lagi pasang naik, saya juga ngga tau). Dengan ombak yang cukup kencang rasanya pantai ini kurang aman dan nyaman buat liburan keluarga yang membawa anak kecil. Apalagi area pepohonannya juga hampir tidak ada. Jadi menurut saya lebih aman buat keluarga yang membawa anak kecil piknik di Pantai Nusa Dua. Itu pendapat saya dari yang terlihat sekilas loh ya. Sementara kalau di foto-foto pantai ini cantik banget.

Akan tetapi, beda pemandangan di bibir pantai, beda pula pemandangan dari atas perbukitan jalan masuk ke pantai. Dari panorama di atas bukit, pemandangan ke arah laut terlihat indah. Di sini dibuat spot untuk pengunjung yang ingin berfoto-foto dengan latar tulisan Pantai Pandawa. Di dinding tebing di pinggir jalan raya dibangun patung-patung Pandawa Lima yang kemudian menjadi nama pantai ini.

Oya, tiket masuk ke pantai ini 8000, yang diminta di satu-satunya akses masuk ke pantai ini.

Satu hal yang saya salut dengan Bali adalah bagaimana mereka sukses membangun wisata mereka tetapi tetap menjaga nilai-nilai budaya mereka. Budaya, wisata, serta agama Hindu menjadi satu kesatuan yang menjadikan Bali sebagai salah satu daerah tujuan wisata di dunia.

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s