Ngebolang Reunian Sahabat SD di Jogja

Saya masih akan membuat postingan tentang reunian dengan sahabat-sahabat saya di masa SD kemarin. Nah pada postingan sebelumnya saya kan cerita kalau saya ketemuan dengan salah seorang teman SD saya di rumahnya di Depok. Karena pertemuan tersebut, Rita teman kami yang tinggal Jogja jadi semakin tergugah hatinya untuk ketemuan juga. Pengen juga reunian. Eh saya iseng ngajakin si Emi main ke Jogja. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Emi mau banget main ke Jogja buat reunian sekalian jalan-jalan, hahaha.

Kami menetapkan waktu buat jalan ke Jogja. Emi sih kasih syarat jangan awal bulan, pertengahan ngga apa-apa. Rita ngasih syarat kalau bisa jangan weekend, karena Jogja ruamenya puul di akhir pekan. Saya sih ngga masalah kapan aja mah. Tapi kalau hari kerja kan beraaat. Saya musti ‘cuti’ doong. Akhirannya kita tetapkan pertengahan akhir Februari aja. Semua setuju. 🙂

Tapi kemudian ada masalah baru. Saya hanya bisa di awal Februari aja. Tanggal 3. Setelahnya tidak bisa. Saya kemudian bilang mundur sama Rita dan Emi. Eh Emi bilang dia menyanggupi jalan ke Jogja tanggal 3 Feb. Dan kami pun oke tanggal 3. Rita juga tidak masalah kalau kami datang ke Jogja tanggal 3, hahaha.

Masalah berikutnya yang muncul adalah suami Emi agak keberatan kalau Emi jalan ke Jogja hanya berdua saja. Suami Emi kuatir kami akan kenapa-kenapa di jalan karena kami perempuan. Saya ketawa mendengar alasan suami Emi, hahaha. Saya salut juga sama perhatian suami Emi ke dri dia. Soalnya Emi tidak pernah pergi memana-mana tanpa suaminya dan juga anak-anaknya. Jadi kalau kami jadi jalan berdua, maka itu menjadi yang pertama bagi Emi jalan tanpa suaminya.

Saya bilang ke Emi untuk bilangin ke suami, kalau saya Insya Allah udah beberapa kali jalan-jalan. Sendirian juga pernah. Tapi yang namanya suami ngga pernah membiarkan istrinya jalan sendiri tetap kuatir kan ya, namanya juga suami sayang istri, hehehe. Akhirannya Emi dan suaminya memutuskan suami Emi ikut ke Jogja dan juga anak-anaknya. Anak Emi ini 3 orang. Dia termasuk cepat menikah karena tidak kuliah setamat SMA.

Suami Emi mau sewa mobil, tapi ngga jadi karena akhirannya adik laki-laki Emi mau ikut juga, sama istri dan 2 anaknya yang balita, 4 tahun dan 2 tahun. Kami akhirnya jalan, yang tadinya saya yang ngajakin Emi jalan, akhirannya saya yang kaya ‘ngikut’ sama mereka, hahaha. Dan kami berangkat Jumat malam tanggal 2 dari rumah adiknya Emi di Bojong Gede, jam setengah 12 malam.

Kami tiba di Candi Borobudur sekitar jam 2 kurang setelah menempuh perjalanan 14 jam dari Bojong Gede. Kami memilih melewati Temanggung dari arah Batang kalau ngga salah. Dari Brobudur kami ke Jogja melalui jalan perkampungan yang dipandu mbah Gugel. Dan kami tiba di Jogja menjelang magrib.

Pertemuan dengan Rita membuat kami benar-benar bahagia. Kami ditilang pak polisi di bawah jembatan kereta api yang tidak jauh dari jalan Malioboro. Gara-garanya karen ngga lihat lampu kuning menyala, habisnya kan ngga ngeh ya karena baru sekali nyetir di sana (kata Rita, udah biasa mah mobil plat luar Jogja jadi korban keramahan pak polisi yang baik hati di Jogja, hehehe). Dan 100 ribu melayang buat yang hebat mengayomi rakyat dengan sangat ramah.

Malam itu kami bertiga eh berempat bareng anak Rita yang kelas 3 SD, jalan-jalan ke Malioboro. Mereka berdua meninggalkan anak-anak mereka bersama suami mereka, hahaha. Kami bertiga jalan santai di tengah suasana Malioboro yang asyik. Apalagi saat itu lagi malam minggu, Malioboro rame, dan makin asyik deh suasananya.

Malam tersebut saya dan Emi nginap di rumah Rita. Sementara suami dan anak-anaknya serta keluarganya yang lain nginap di penginapan (istri durhaka nih si Emi, membiarkan suaminya mengurus 3 anaknya hahaha). Kami berdua tidur di kamar anak-anak Rita, dan anak-anaknya tidur di luar kamar, di ruang nonton, hahaha.

Paginya saya dan Emi (tepatnya si Emi sih, saya cuma bantu ngaduk dan balikin aja) masak di sana. Bikin ayam goreng balado yang enak plus karupuak kuah sate. Itu makanan buat kami bawa piknik siang itu ke Pantai Baru yang yang letaknya tidak jauh dari pantai Cemara. Asyik kan ya piknik bersama sahabat beserta keluarga masing-masing?

Rita menemani kami piknik hanya sampai di Pantai Baru saja. Karena anak-anaknya tidak mau ikut ke Candi Prambanan. Sementara tujuan kami berikutnya kan mau ke Prambanan. Dan lagipula dengan menemani kami siang itu, Rita mau ngga mau menutup tokonya. Itu sudah lebih dari cukup buat kami. Bagi kami kami ngga masalah kalau Rita dan keluarganya ngga bisa jalan ke Prambanan, soalnya dia kan harus jualan.

Malamnya saya dan Emi nginap di hotel di daerah Dagen, Malioboro. Malam itu Jogja disirami hujan yang cukup deras. Jadi mau main lagi ke Malioboro sudah ngga bisa juga. Kami habiskan saja malam itu di penginapan dan tidur lebih cepat. Entah karena sudah capek banget, malam itu kami tidur dengan pulas di penginapan, hahaha.

Senin pagi, jam 9.30 kami pulang ke Jakarta melalui arah yang beda. Kalau kemaren kami berangkat dari Jakarta Jogja melalui pantura dan Temanggung, pulangnya kami melewati jalur selatan jawa. Pulang ke Jakarta melewati jalur selatan ini sebenarny lebih asyik daripada lewat jalur pantura. Tapi karena jalurnya ngga ada tol dan juga jalannya yang berkelok-kelok, waktu tempuhnya lebih lama. Kami berangkat jam 9.30 dari Jogja, tiba di Depok jam 1 malam.

Serius, jalan-jalan ke Jogja kali ini sungguh menyenangkan meski berasa banget capeknya, hehehe. Saya hepi ketemu teman-teman lama saya karena rasanya ngga mungkin reunian di saat mereka sudah sangat sibuk denvan anak-anak mereka plus juga dengan kesibukan mereka mengurus toko-toko mereka. Semoga suatu saat Insya Allah ada lagi kesempatan meet up bertiga di saat merek tidak lagi sibuk dengan anak-anak mereka yang masih balita. Eeeeit, bener ntar anak-anak mereka yang sudah mulai besar, tapi rupanya saya yang punya balita yaa, hahaha. Tapi diaminin aja deh… 🙂