Cara Mendaftar Antrian Online Pembuatan Passport

Bulan Februari tahun depan, passport saya habis masa berlakunya. Saya dengan pedenya langsung aja bikin perpanjangan awal Desember kemaren. Gaya banget kaya iya aja paspor bakal dicap dalam waktu yang dekat, wkwkwk. Dan saya pun mengurus perpanjangan paspor saya.

Sekarang untuk membuat paspor harus dilakukan pendaftaran antrian terlebih dahulu secara online. Beda dengan beberapa bulan sebelumnya yang bisa datang langsung dan kemudian diproses pembuatan paspornya. Sekarang sebelum membuat paspor di kantor imigrasi harus mendaftar online terlebih dahulu. Tanpa pendaftaran antrian secara online kita tidak bisa melakukan proses pembuatan paspor di kantor imigrasi. Jadi percuma saja kita datang kalau belum mendaftar secara online.

Pendaftaran secara online ini dilakukan di aplikasi pendaftaran antrian paspor online yang tersedia di henpon. Kalau belum ada aplikasi tersebut di henpon, kita harus install dulu aplikasinya di playstore. Setelah mempunyai aplikasi, baru kemudian baru melakukan proses pendaftaran pendaftaran antrian secara online. Selain mendaftar antrian menggunakan aplikasi, di beberapa kantor imigrasi juga bisa menggunakan WA alias whatsapp. Tapi karena saya tidak menggunakan whatsapp ini, saya tidak mengeti caranya.

Berikut ini adalah langkah-langkah-langkah pendaftaran antrian pembuatan paspor melalui applikasi henpon. Ini adalah jika kamu belum mempunyai aplikasinya di henpon ya.

1. Buka playstore, lalu ketik imigrasi online, maka akan muncul mentahan aplikasi yang akan kita install. Lalu install applikasi tersebut.

klik gambar untuk memperbesar gambar

2. Setalah diinstall, klik applikasi yang sudah tersedia di hape, maka akan mucul gambar di bawah ini.

3. Untuk memulai pendaftaran online, klik aplikasi “Antrian Pasport” yang ada di henpon. Maka akan muncul gambar berikut.

4. Pilih “Masuk“, untuk mendaftar. Maka akan muncul gambar berikut. Lalu klik “Daftar Sekarang“.

Klik “Daftar Sekarang” untuk memulai pendaftaran

5. Setelah Anda klik “Daftar Sekarang”, maka akan mucul formulir yang harus Anda isi dengan benar.

Isi usernama dengan Nama Anda. Setelah selesai menisi sumua isian data, di bawah kata alamat klik “Daftar”.

6. Buka email yang Anda jadikan untuk pendaftaran tadi, lalu lakukan verifikasi atau konfirmasi dengan cara menekan tulisan ‘click Here‘.

7. Setelah melakukan verifikasi via email, makan akan muncul gambar berikut, untuk anda bisa “Login” ke dalam akun pendaftaran.

8. Masukkan user name dan password yang sebelumnya sudah kita buat Maka akan mucul gambar yang berisi daftar-daftar nama kantor imigrasi.

klik satu persatu kantor imigrasi untuk mengetahu apa masih tersedia quota atau tidak. Pilih kantor imigrasi yang ada terdekat dengan Anda atau imigrasi yang yang bisa anda jangkau dengan mudah dari tempat tinggal anda.

9. Kalau kantor imigrasi yang Anda klik sudah penuh quota antriannya maka akan muncul keterangan kuotanya sudah habis, seperti keterangan gambar di bawah ini.

10. Dan kalau kuota di kantor imigrasi masih tersedia antrian, maka akan ada keterangan tanggal dan jumlah kuota yang masih tersedia. Anda bisa memilih waktu yang sudah ditentukan, pagi atau siang. Tapi jika ingin melihat pilihan tanggal lainnya klik tanda yang ada di dalam lingkaran merah.

11. Setelah meng-klik gambar yang dilingkari garis merah seperti contoh gambar di atas. Maka akan keluar gambar seperti di bawah ini. Maka akan ada pilihan tanggal yang tersedia. Di sana tersedia tanggal 28 dan tanggal 29. Anda bisa pilih tanggal 28 atau 29.

Tersedia tanggal 28 dan 29, tanggal 28 adalah tanggal yang sudah dipilih.

12. Setelah Anda meng-klik tanggal yang Anda pilih, pilih jam yang pendaftaran antrian yang ingin anda mau. Pagi atau siang. Maka akan mucul gambar berikut.

klik jumlah pemohon, dan kemudian klik “Masukkan Data Pemohon” untuk memasukkan nama-nama yang akan membuat paspor.

13. Setelah mengisi jumlah orang yang akan mengurus passport dan “Masukkan Data Pemohon“, muncul form yang harus diisi.

klik simpan setelah mengisi data yang ada

14.  Proses pendaftaran antrian online pembuatan paspor sudah selesai. Untuk melihat jadwal, lihat pada halaman utama, kolom Jadwal, maka akan terlihat jadwal

15. Untuk melihat barcode pendaftaran online, pada jadwal yang ada di gambar di atas, klik saja Nomor Induk Kependudukan, maka akan muncul barcode Anda. Ini nantinya akan diperlihatkan pada petugas atau di nantinya discan di kantor imigrasi yang sistemnya sudah online semua.

16. Dan anda juga bisa lihat profil anda di bagian menu profile.

Nah, tidak susah bukan? Sangat gampang malah. Nanti, pada saat hari pembuatan paspor, pemohon harus memperlihatkan jadwal antrian yang terdapat dalam aplukasi.

Nanti, pada nggal yang sudah ditentukan, pemohon harus membawa semua persyaratan-persyarat untuk membuat paspor. Semua persyaratan itu, fotokopiannya harus dikopi menggunakan kerta ukuran A4.

Semoga keterangan ini bisa membantu kam-kamu yang hendak membuat passport yah.

Advertisements

17 comments

  1. 😮
    wow, berguna banget infonya un
    ini bagus banget nih jadi pas hari h antrian gak numpuk
    pernah dapet kabar katanya ada yg mau bikin passport ngantrinya dari jam 3 subuh. kan sesuatu banget itu 😀
    kalo udah dapet no antrian kan tinggal dateng pada waktu yg ditentukan. gak perlu ngantre berjam-jam
    efisien banget nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s