Pantai Nusa Dua Yang Teduh dan Adem

Ini hari ke 4 kami jalan-jalan di Bali. Setelah kemarin kami hanya berada di hotel tempat acara lomba sempoa, hari ini kembali jalan-jalan. Tujuan jalan kami adalah pantai Nusa Dua, pantai Pandawa, Garuda Wisnu Kencana, pantai Dreamland dan Pura Uluwatu.

Pagi-pagi kakakku udah masak nasi di magic com yang kami beli di hari kedua di Bali. Uni masak nasi untuk makan siang kami di perjalanan nantinya. Kami juga membawa lauk dari rumah buat makan selama di Bali. Kakak saya membawa rendang dan ikan mujair goreng. Saya bawa lado tanak. Ueenaak banget. Soalnya biaya makan selama traveling adalah biaya yang juga bisa menguras kantong, hehehe.

Kami berangkat jam 9 pagi dari penginapan. Tujauan awalnya adalah Pantai Nusa Dua. Dari Kuta kami bergerak ke Nusa Dua. Ke Nusa Dua dari Kuta melewati jalan tol Mandara deh. Asyik naik tol di sana. Selain cepet, bagus, tol-nya juga membentang di atas laut. Seru aja. Di Jakarta belum ada dong. Kampungan banget ya saya, secara saya cuma biasa ngeliat tol dalam kota aja di Jakarta, hahaha.

Tapi sayang banget, waktu baru saja masuk ke tol tersebut, hujan turun dengan deras. Tapi alhamdulillahnya hujannya sebentar saja, ngga lama. Begitu tiba di kawasan pantai Nusa Dua, hujannya sudah berhenti.

Untuk masuk ke pantai Nusa Dua, mesti melewati area Nusa Dua Convention Centre, area yang sering menjadi tempat pertemuan besar internasional. Banyak hotel mewah di kawasan ini. Area Nusa Dua ini asyik dan adem karena banyak pohonya. Tarif hotel di sini katanya juga muahal, hehehe.

Di ujung area kawasan Nusa Dua ini, terbentang pantai Nusa Dua. Pantai Nusa Dua ini berpasir putih. Area pantainya juga luas. Ombaknya juga tidak terlalu besar (ketika saya di sana). Pohon-pohonnya tumbuh rindang mengayomi pengunjung dari sengatan cahaya matahari. Sangat enak untuk bersantai-santai di sana. Apalagi untuk piknik bersama keluarga yang membawa anak-anak, enak banget.

Pengunjung pantai Nusa Dua ini tidak ramai. Mungkin karena masih pagi. Tampak beberapa keluarga sedang piknik santai. Mungkin mereka adalah pengunjung lokal, bukan yang berasal dari luar Bali. Saya pikir pengunjung atau wisatawan yang datang dari luar Bali lebih memilih pantai lain. Karena pantai ini memang lebih cocok untuk piknik dan bersantai dengan tenang, karena pantainya yang rada sepi ini.

Tapi ya, mungkin saja kalau sore hari. Karena pantai Nusa Dua ramai bangat karena area pantainya luas dan panjang. Jadi asyik buat hang out. Asyik buat bersantai, meski hanya gelas tikar dan rebahan di bawah pohon bersama keluarga. Ini perkiraan saya loh ya.

Di pantai Nusa Dua ada semacam tanjung kecil yang permukaannya lebih tinggi 1 – 2 meter dari pasir pantai. Kami mencoba ke sana. Tapi sepertinya tidak ada apa-apa di sana. Sepi. Mungkin kalau sore ramai untuk bersantai di sini. Kami akhirnya balik lagi aja karena tidak ada yang bisa dilihat di sana.

Kami tidak lama berada di pantai Nusa Dua. Mungkin hanya sekitar setengah jam saja. Hanya sekadar buat ambil bukti jejak pernah ke sini saja, poto-piti doang trus go out lagi deh, hahaha. Jadi, kalau ditanya apa udah pernah ke pantai Nusa Dua, jawab udah trus kasih liat foto biar tidak dikira hoax, hahaha.

Kami akhirnya capcus dari Nusa Dua. Yang penting sudah ada bukti otentik bahwa kami sudah ke sana, hahaha. Tujuan perjalanan kami berikutnya adalah ke GWK atau Garuda Wisnu Kencana yang lokasinya tidak begitu jauh dari Nusa Dua ini. Paling hanya sekitar 15 menit, tapi saya lupa persisnya.

Di GWK kami hanya sampai lahan parkir. Karena setelah liat-liat foto di internet, GWK nggak terlalu bikin kakak saya tertarik. Apalagi kemudian ternyata harga tiketnya mahal banget, 80.000 kalau ngga salah. Laah kalau kami berempat jadinya 320 tapi ntar merasa ngga puas di sana, mendingan capcus aja. Akhirnya kami pun ‘puta kapalo aka putar kepala’ alias belok kanan grak menuju Pantai Pandawa.