Heejou Bags Laladon Bogor : Nisa Rakhmania

Blogger Muslimah, komunitas blogger yang saya ikuti, lagi-lagi mengadakan acara. Kali ini adalah Eduvisit ke Heejou Bag’s yang berada di Laladon, Bogor.  Heejaou Bag’s ini adalah tas yang mengangkat tema lingkungan atau Go Green dimana merek ini mengurangi penggunaan plastik dalam proses produsi atau proses akhirnya. Kata pemiliknya, saat itu sedang gencar-gencarnya isu go green.

Pemilik Heejou Bags ini adalah Mba Nisa Rahmania. Ia lulusan IPB tetapi sudah mulai berbisnis sejak Mba Nisa masih kuliah. Bisnis awalnya bersama teman-temannya adalah membuat boneka Horta. Mba Nisa menceritakan bagaimana perjuangannya membangun bisnis boneka Horta hingga banting stir memproduksi tas seperti sekarang ini.

Ia bercerita dengan santai dan asyik tentang perjuangannya mulai dari nol sampai sekarang sudah mempunyai karyawan sebanyak 15 orang. Terakhir jumlah karyawannya berjumlah 12 orang. Kesemua karyawannya tersebut merupakan orang-orang yang tinggalnya tidak jauh dari lokasi produksi.

Awal Mba Nisa membangun bisnis tas adalah ketika ia melihat dan memperhatikan dosen di kampus yang berpenampilan bagus dengan baju yang rapi dan tas yang bagus, tetapi juga membawa dokumen-dokumen yang merepotkan. Ada juga yang membawa dokumen dengan tas yang sangat biasa sehingga memunculkan ide di dalam diri Mba Nisa untuk membuat tas yang bagus.

Maka Mba Nisa pun kemudian meminta tolong tukang jahit Horta untuk menjahit tas yang diinginkannya sebagai sampel yang kemudian dipajang di toko Horta. Banyak yang minat dan meninggalkan alamat email, walaupun akhirnya hanya beberapa saja yang akhirnya membeli produk yang ia buat.

Ketika awal membangun tas Heejou, pernah tas yang sudah jadi menumpuk di gudang karena belum terjual. Ketika ia mencari distributor banyak yang tidak tertarik, sampai akhirnya Mba Nisa ikut dalam program “Bosan jadi Pegawai” yang disiarkan di tivi swasta, Trans TV. Trans TV tertarik mengangkat tas produksi Mba Nsa karena temanya yang Go Green ini. Barulah setelah disiarkan di Trans TV banyak yang tertarik menjadi distributor tas Heejou.

Mba Nisa menjelaskan tentang bahan-bahan tas Heejou.

Ketika sudah mempunyai banyak distributor pun, kendala yang dihadapi Mba Nisa masih banyak. Ada distributor yang tidak membayar barang-barang yang sudah mereka terima. Distributor tersebut malah menghilang dengan nilai kerugian yang mencapai puluhan juta.

Sekarang, Mba Nisa sudah mempunyai rumah produksi sendiri di atas rumah yang dibangun di atas tahan yang luasnya 500 meter persegi. Rumah tersebut sudah menjadi miliknya. Sungguh sangat luar biasa kan ya. Masih muda, cantik dan sudah punya bisnis yang bagus. Kadang melihat wanita yang seperti itu, sejujurnya saya iri. kenapa saya tidaka ada semangat wira usahanya ya? padahal saya kan orang padang. Kudunya ada kek sedikit jiwa wira usaha saya. Inbi mah ngga ada sama sekali … 😛

Setelah jam istirahat, makan (ternyata Mba Nisa menjamu kami juga dengan makin siang, baik bangeeeet) dan shalat zhuhur, Mba Nisa mengajak kami semua untuk melihat proses produksi tas Heejou. Mulai dari memperlihatkan bahan-bahan yang akan  digunakan untuk pembuatan tas tersebut. Lalu juga bagaimana proses memotong dan menjahit tas serta pekejingnya. Dan tak lupa juga memperlihatkan gudang tas yang sudah jadi.

Belajar Membuat Craft

Selesai acara liat-liat ‘dapur’ bisnisnya Mba Nisa, kami anggta BM diajarkan bagaimana cara membuat bunga. Bunga yang dihasilkan nanti adalah bunga tulip yang terdiri dari tiga buuah atau tiga tangkai bunga tulip yang masing-masing tangkainya terdiri dari dua daun. Mba Nisa menyediakan semua bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan bunga tersebut.

Bahan yang akan kami gunakan tersebut sudah dipotong atau digunting sesuai ukuran untuk tiga buah bunga dan 6 buah daun. Dari tiga buah bahan untuk bunga, dua sudah dijahit, jadi hanya tersisa satu yang belum dijahit. Begitu juga dari 6 daun, satu daun belum dijahit oleh tim Mba Nisa. Jadi kami belajar menjadi bahan untuk satu bunga dan satu daun.

Serius, saya maboook disuruh menjahit sepertin ini. Pusing saya. Mending saya disuruh benerin jemuran rusak deh. Dari jaman sekolah di SD dulu, saya paling bête kalau disuruh membuat keterampilan seperti ini. Danrasanya nilai keterampilan saya mungkin mentok hanya di angka 6, hahaha. Ampun deh saya.

Tapi alhamdulillahnya, saya akhirnya tetap bisa menyelesaikan bunga tersebut dengan bagus meski dengan napas yang ‘sesak’ karena pusing disuruh menjahit, hahaha. Itu adalah pencapaian yang sangat luar biasa bagi saya yang ngga suka dengan keterampilan ini.

Bunga tersebut akhirnya kami bawa pulang sebagai oleh-oleh dari Heejou Bags dan juga oleh oleh untuk diri sendiri. Pun kami juga dihadiahi tas kecil untuk bawa-bawa peralatan make up wanita. Tapi juga bisa dgunakan sebagai tas tab atau tablet. Juga ada dompet kecil yang bisa digunakan untuk meletakkan hape atau duit recehan.

Makasih ya Mba Nisa atas ilmunya. Insya Allah berkah. Dan semoga usaha Mba Nisa makin berkembang dan makin maju. Dan juga semakin banyak muslimah-muslimah lainnya yang mengikuti jejak Mba Nisa dalam berwirausaha, dan tentunya juga wira usaha muslimah yang sukses dan bermanfaat bagi orang lain. Aamiin.

Lokasi Heejou Bags kepunyaan Mba Nisa ini berada di belakang terminal Laladon, Bogor. Sangat gampang mencarinya. Tinggal jalan ke belakang terminal (tenang, terminalnya kecil kok) ke arah kolam ikan Haji Yusuf (tenang, area di sana bersih kok. Walaupun dikata tambak ikan), trus ketemu rumah pagar hijau di sebelah kiri. Rumah yang cukup besar.

Atau begitu tiba di terminal Laladon, tinggal tanya saja ke tukang ojek di sana, tukang ikan Pak Haji Yusuf, pada tau kok. Untuk menuju ke sana dari stasiun, naik saja angkot no 2 atau no 3, tujuan Laladon. Setiba di laladon, pergi saja ke arah belakang terminal. Dan kalau ke sana naik ojek online dari stasiun, ojek hanya diizinkan sampai depan terminal saja, tidak boleh masuk ke dalam terminal. Jadi musti nanya saja ntar ya ke abang-abang ojek di sana. karena kalau malu bertanya sesat di jalan, hehehe.

Sosmednya Mba Nisa saya tidak tau, bisa dicari saja kok Heejou Bag akan ketemu…. 🙂

 

Advertisements

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s