Blogger Muslimah Meet Up : Membaca Dunia, Menulis Semesta

Hari Minggu, 27 Agustus kemaren, satu-satunya komunitas blogger yang saya ikuti, ‘Blogger Muslimah’ mengadakan meet up, gatehering atau apalah itu namanya. Ini adalah meet up yang kedua kalinya yang saya kuti sejak bergabung di Komunitas Blogger Muslimah awal tahun yang lalu. Yang pertama dulu adalah Blogger Muslimah mengadakan kunjungan media ke Majalah Ummi Group.

Meet Up kali ini diadakan di Nutrifood Inspiring Centre, Apartemen Menteng Square, Matraman. Tema Meet Up kali adalah “Membaca Dunia, Menulis Semesta”. Kereen banget kan ya temanya. Oh ya, “Membaca Dunia, Menulis Semesta” menulis semesta ini juga merupakan tagline-nya komunitas Blogger Muslimah.

Meet Up ini dibagi menjadi dua sub tema yaitu Literation Class dan Beauty Class yang acaranya intinya ada tiga sesi. Sesi pertama tentang seluk beluk media penerbit yang disampaikan oleh Mbak Rahmadiyanti Rusdi atau biasa dipanggil Mbak Dee. Mba Dee yang merupakan seorang redaktur di Penerbit Naura ini mengupas tentang pengalamannya selama beberapa tahun sebagai redaktur penerbitan.

Sesi kedua acara ini adalah Beauty Class. Beauty class ini diadakan adalah oleh Viva Cosmetic, salah satu perusahaan kosmetik yang sudah berdiri sejak tahun 1962. Pastinya hampir semua wanita Indonesia pasti mengetahui produk ini kan. Nah para peserta ini meet up ini dimake-over oleh Viva Cosmetic. Sehingga para peserta tidak hanya terlihat jadi lebih cantik tetapi juga manglingin banget.

Taaaapiiiiii sayaaaang sayaaang sayang-sayang, seribu kali sayang *berdendang melayu*. Saya tidak mengikuti sesi pertama pertama yang pembicaranya adalah Mbak Dee, dan juga sesi kedua, Beauty Class. Karena saya datangnya telaaaat banget. Saya baru tiba di sana setelah shalat zhuhur.

Saya tiba di sana saat semua peserta lagi istirahat makan siang dan shalat. Daaan, saat saya tiba saya jadi bingung. Saya kok ngga kenal dengan teman-teman blogger ini ya. Teman-teman yang belum pernah sekalipun bertemu saya, wajar saya nggak kenal. Tapi beberapa teman yang sudah akrab dengan saya, kenapa saya juga hampir tidak mengenali mereka? *ada apa, ada apa, ada apakah?

Rupanya jawabanya adalah kerena teman-teman saya ini habis didandani oleh tim Viva Cosmetics. Wajah mereka berubah manglingin, makin cantik. Makanya saya jadi ‘nggak kenal’ dengan teman-teman saya ini. Soalnya selama ini kami dengan muka yang hampir tidak pernah didandani, selain hanya memakai bedak tipis dan lipstick yang tipis juga, hehehe.

Sesi ketiga ini saya ikut, yaitu Literasi Class yang kedua tentang menulis fiksi. Materi fiksi ini dibawakan oleh Uni Novia Syahidah Rais. Beliau adalah salah satu penulis yang sudah banyak ‘menelorkan’ buku, baik buku sendiri maupun buku antologi. Uni Novia Syahidah yang biasa dipanggil Uni Via ini adalah penulis senior FLP Jakarta dan juga Founder of Blogger Muslimah.

Pada sesi menulis fiksi ini Uni Via membahas tentang penulisan Cerita Pendek. Serba-serbi tentang menulis cerpen. Tentang apa dan bagaimana menulis cerpen. Beliau menjelaskannya dengan cara yang asyik banget yang membuat saya juga makin kepingin lagi membuat cerpen, hehehe. *jangan kepinginnya doang ya, kudu dibuat dan jadi ya 😛

Foto : WA Group

Sebagai latihan menulis fiksi ini, Uni Via meminta peserta membuat dua paragraf awal sebuah cerpen. Setelah selasai, dua paragraf tersebut di share di FB dan dinilai sendiri oleh Uni Via untuk mencari ‘cerpen’ yang terbaik. Daan, penulis yang menang pada sesi ini adalah Mbak Annisa Widyastuti, yang kebetulan juga adalah penulis anak yang juga sudah mempunyai banyak buku.

Sebagai penutup sesi menulis fiksi ini, diumumkan pemenang-pemenang yang ikut beberapa lomba yang diadakan dalam meet up ini. Ada beberapa lomba yang diadakan oleh panitia yang melibatkan sosmed.

Acara Blogger Muslimah Meet Up ini keren banget, sebagai ajang silaturahim antara sesame blogger yang tergabung dalam komunitas BM. Yang tadinya hanya saling kebal dan bercanda via WA, sekarang amprokan, kenal temu muka. Dan kemudian saling ber ‘oooo, ini firsty ya…, ini Mba Angga ya…, waaah, akhirnya ketemu juga’.

Tempat pelaksanaan meet up ini diadakan di Nutrifood Inspiring Centre yang berada di Aparteman Menteng Square. Dekorasi tempatnya asyik banget. Tenang dan nyaman. Sebuah kantor tapi ngga berasa di kantor suasananya. Nutrifood Inspiring Centre ini menerapkan pola hidup sehat. Sehingga sebagai penyedia tempat acara, mereka membuat syarat bagi BM ataupun penyelenggara lainnya untuk tidak membawa makanan goreng-gorengan dan makanan yang berminyak.

Daan, yang utama adalah acara ini terlaksana sangat sukses dan memuaskan. Teman-teman peserta antusias banget dengan Meet Up ini, berharap BM ke depannya akan mengadakan lagi acara serupa dengan tema yang berbeda. Tapi tentunya tema utamanya adalah tentang menulis.

Salam Literasi

Foto : WA Group
Foto : WA Group
Foto : WA Group
Foto : WA Group
Foto : WA Group
Foto : WA Group
Foto : WA Group
Foto : WA Group
Foto : WA Group
Foto : WA Group
Foto : WA Group
Foto : WA Group

Foto : WA Group

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s