Dimana Batas “Lagi Ngga Ada Duit”?

Ngutang, pinjem duit? Pernah ngga diantara teman-teman ngutang atau pinjam uang sama teman-teman atau saudaranya ga? Kalau ada yang ngga berhutang, luar biasa banget ya. Berarti rezekinya, selalu dicukupkan oleh Yang Maha Penguasa. Tapi ada ngga sih yang ngga berhutang dalam kehidupannya ini ya? *masih aja nanya… 😛

Tapi, kalau saya dan teman-teman saya mah udah biasaaaaa banget pinjam meminjam uang dalam pertemanan. Kaya udah ilang urat malu soal pinjam memijam uang, hahaha. Habis mau gimana lagi coba, duit lagi ngga ada sementara kita punya kebutuhan yang sangat mendesak. mau ngga mau minjem sama teman.

Bahkan saking seringnya kami saling pinjam dan meminjamkan uang, sudah menjadi hal yang biasa bagi kami. Sampe ada teman yang bercada seperti ini nih, “Hidup kalau ngga berutang ngga hidup Ciinn…, hidup ngutaaaaang” hehehehe… *hidup ngutang aja kok bangga 😛 —–> langsung isttighfar. *serius loh langsung istighfar.

Jadi, karena berada di sekitaran orang-orang yang saling pinjam meminjam uang, saya sangat tau jawaban orang-orang yang dipinjami uang, hehehe. Jawabannya macam-macam. Ada yang langsung mau bantu, ada juga yang setenga-setengah hati mau bantu. Dan juga ada yang nga mau bantu sama sekali, meski dia bisa atau punya kemampuan buat bantu.

Tapi biasanya nih (biasanya loh ya), jawaban umum yang saya ketahui atau juga yang kita dapatkan kalau kita minjem duit sama orang adalah :

  •  Aduh, maaf… Lagi ngga ada juga nih… —-> Jawaban jujur karena emang ngga ada duit.
  • Aduh, maaf… Lagi ngga ada juga nih… —-> Duit ditabungan dianggap ngga ada, sementara di dompet masih tersisa beberapa lembar merah, hahaha.
  • Yah, gue juga mau minjem ke elo nih rencananya…wkwwkwkw… —–> Cara menolak yang halus, 😛
  • Ada sih tapi gue juga lagi ada perlu nih… —–> Cara menolak yang halus juga 😛
  • Maaf Mpok, lagi ngga ade juge gue… ——> emang lagi ngga ada juga kayanya deh, 😛
  • Aduh Jeung, maaf, sisa buat makan doang sampe gajian besok. Kalau bisa dibaikin besok atau maksimal 2 hari lagi sih bisa. Cuma ngga bisa banyak —-> niat bantu teman nih teman, hehehe.
  • Lo mo minjem berapa? Gue adanya cuman sekian (nyebutin jumlah) doang… —–> Emang niat bantu banget juga nih.

Apapun jawabannya, yang penting adalah kita bener-bener dipinjemin pas kita emang lagi butuh banget, hahaha (niat banget ngga punya duitnya, dan niat banget juga mau minjemnya). Tapiii ada juga yang kemudian ngga mau pinjamin juga karena masing-masing orang kan punya batas yang berbeda kalau nyebut ‘udah ngga punya uang lagi’.

Ada orang yang menganggap masih ada uang kalau dia masih ada uang untuk makan hari itu. Ini orang hidupnya qanaah banget dan penuh syukur aja kali ya. Yang penting mah hari ini dan besok aman. Ngga mikirin kalau besok siapa tau aja keperluan mendadak banget yang musti ia keluarin.

Ada juga yang menganggap kalau dia musti ada cukup uang sampai gajian bulan depan. Kalau perkiraan uangnya kurang sampai gajian berikutnya, berarti udah ngga ada duit. Bagus banget punya perencanaan keuangan kaya gini ya. Biar ngga keteteran sampe kita gajian lagi. Pengen banget dah gue kaya gini, hahaha.

Ada lagi satu temanku, setiap bulan kudu nabung sekian duit. Punya dua tabungan. Tabungan biru plat hitam dan tabungan rakyat plat merah. Duitnya yang ditabungan bank biru dianggap sebagai uang ilang. Uang ngga bisa diganggu gugat meski dunia diguncang prahara. Karena tujuannya jelas : beli mobil. Duitnya yang ditabungan satunya lagi (tabungan rakyat) buat biaya hidupnya sehari-hari.

Jadi nih, kalau dia ngomong lagi ngga ada duit, maka duitnya di tabungan rakyat lagi cekak, walaupun duit di tabungan biru udah seratusan juta, hehehe. Tapi berkat hemat teman saya tersebut, sekarang dia sudah beli mobil. Akhir tahun kemaren bisa beli mobil bayar tunai, ngga pakai kredit. Harganya seratusanan juta rupuah, hehehe. Luar biasa kaaan…. Salut sayaaa. Daaaan ngileeer juga saya, hahaha.

Jadi teman-teman, sering nggak minjem uang atau dipinjemin uang? Dan kalau udah ngga ada duit itu batasnya sampai dimana?

Advertisements

4 thoughts on “Dimana Batas “Lagi Ngga Ada Duit”?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s