Tarif Tiket Lebaran Jakarta – Padang Melangit Hampir 4 Jutaaan

Rangkiang Rumah Gadang Pusat Dokumentsi dan Kebudayaan Minangkabau, Padang Panjang

Kalau ngomongin soal mudik, pasti bakal ngomongin tiket buat mudik (kayanya saya selalu ya bikun tulisan tentang tiket mudik, hahaha). Dan saya selalu stres pake buaaaaanget kalau udah ngomongin tiket mudik. Tiket mudik ke Padang saat lebaran luar biasa mencekek leher. Yang luar biasa bikin ngap, bengek atau sesak napas akut, hahaha.

Lebaran kemaren, saya baca berita kalau harga tiket pesawat ke Padang dari Jakarta pada H minus 1-2 mahalnya tak terkira. 3,95 juta pakai Garuda dan Batik Air 3,5 juta sekali jalan. Sekali jalan looooh, bukan bolak balik. Coba tambahin lagi tiket balik lagi ke Jakarta, berapa tuh penumpang harus bayar? Itu harganya udah nggak masuk akal lagi kan.

Harga 3,9 juta mah sudah bisa dapat tiket Jakarta – Seoul naik Airasia, yang waktu tempuh penerbangan langsung 7 jam. Tapi 3,9 juta cuma ke Padang doang??? Waktu tempuhnya cuma satu setengah jam doang. Astagaaaa, rasanya saya ngga bisa ngga kesal pas baca berita tersebut.

Kalau dipikir-pikir lagi ya, mungkin pengambil keputusan soal harga tiket di maskapai penerbangan membuang semua sisi kemansiaan demi memperoleh untung yang sebesar-besarnya. Mereka, kayak udah ngga punya hati! Hari mereka dibuang ke Samudera Hindia…*kesel banget jadinya.

Biasanya ongkos pada hari biasa 500 ribu – 600 ribuan, atau pada saat high season 700 ribu – 800 ribuan,ataumaksimal sejuta. Kalau pada saat 3 – 1 hari sebelum lebaran, harga tiket sekitar 1,5 juta – 1,7 juta, orang masih maklum. Tapi kalau sudah di atas 2 juta kayanya udah kelewatan banget. Apalagi sampai di atas 3 juta. Kelewatan buangaaat.

Saking udah nggak wajarnya, harga tiket Jakarta – Padang tersebu, sampai-sampai mendapat tanggapan dari gubernur Sumatera Barat, Bapak Irwan Prayitno. Pak Irwan Prayitno menyatakan protes kepada maskapai Garuda. Tapi sepertinya tidak ditanggapi oleh Garuda. Begitulah kalau hati sudah mati ya, hehe.

Tapi alhamdulillah sih pas saya pulang kemarin dapet tiket yang lumayan murah banget. IDR 498.000 alias IDR 5000.000. Alhamdulillah juagi ‘khilaf’ itu yang ngatur harga tiket di maskapai tersebut, hehe. Eh, tapi emang sih saya pulang pas hari ke 12 ramadhan. Masih harga normail Jadi tiket masih murah. Alhamdulillah…

Edited :

Waktu balik ke Jakartanya saya dibikin sesak napas karena saking mahalnya tiket Padang Jakarta. 1.4 jutaan *nangis kejer.

Advertisements

11 comments

  1. Wah saya baru tahu nih klo harga tiket bisa semahal itu. Biasanya hal semacam itu terjadi karena mungkin kursinya nggak full untuk penerbangan tersebut. Untuk menutupi biaya dan tetap memberangkatkan penumpang yg hanya sedikit, terpaksa harganya dibuat lebih mahal. Anggap saja eksklusif ha ha ha…..

    • mahalnya gila banget. {enumpang mah full. bahkan konon katanya mah, penerbangan balik juga banyak. ngga kosong pesawatnya… mahal kan karena permintaan tinggi. Orang mau ga mau beli. hukum ekonoi
      biasanya kalau sepi jstru dimurahin biar rame

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s