Catatan Kecil Mudik Lebaran

Hallo temana-teman, apa kabar puasanya di 10 hari terakhir ini? Semoga kita semakin istiqamah dalam menjalankan ibadah ramadhan ya. Dan semoga kita bisa meningkatkan amal ibadah ramdhan kita yaaa. Aamin ya Allah.

Dan gimana juga kabar ngeblognya? Alhamdulillah puasa saya baik, tapi ngeblog-nya malaaas banget. Pun kalau masih mau ketak ketik malas publisnya karena ngga bisa buka lepy di rumah. Ngga buka buka lepi karena udah males saking capeknya jadi petugas umum di rumah, hahaha.

Saya selalu berharap dan berdoa supaya bisa menyingkirkan rasa malas ngeblog kalau lagi ada di rumah. Tapi harapan tinggal harapan. Dan doa hanya sebatas niat yang mampir dan nyembur di lidah doang, hehehe. Tidak ada satupun doa dan haraapan yang bisa saya wujudkan untuk ngeblog ini.

Oya saya ngga tau mau nulis apa. Jadi mau cerita-cerita ngga jelas aja sih, jadinya. Cerita apa aja deh, tentang curhat mudik.

Bulan puasa kemaren, saya pulang ke Padang lebih cepet lagi dari biasanya. Kalau tahun-tahun lalu biasanya, paling lambat 10 – 12 hari sebelum hari raya saya sudah mudik ke Padang tercitah. Bulan puasa kemaren, saya sudah mudik pada hari ke 12 Bulan Ramadhan. Cepat amat yak, hehehe.

Kata orang-orang, enak bener hidup saya karena udah bisa pulang pada hari ke 12 bulan puasa, haha. Iya, alhamdulillah enak. Enak bisa pulang kampung duluan dibanding orang-orang lainnya yang baru bisa mudik paling cepat seminggu sebelum lebaran (kalau mereka karyawan).

Tapiii, dibalik enaknya pulang mudik duluan, ada juga nggak enaknya. Saya bisa pulang mudik duluan karena kerjaan saya adalah kerjaan lepas atau kerja paruh waktu. Karena kerjaan saya adalah kerjaan lepas atau tidak terikat siapapun, maka ngga ada gaji yang saya terima kalau ngga kerja. Ibarat kuli gitu, kayanya ya,

Dan biasanya, pada akhir Mei akhir kerjaan saya udah sepiiiiiih banget, hehe. Artinya, setelah Bulan Mei sampai Juli pertengahan saya ngga ada kerjaan. Jadi pegangguran gitu deh. Dan itu artinya lagi adalah, 2 bulan jug saya ngga ada gajian, *nangis garuk-garuk dinding batako.

Daaaaan, saya juga ngga menerima te-ha-er, sebagaimana yang diterima orang-orang lainnnya, hehe. Te ha er itu makanan apaan sih? Saya ngga ngerti apaan itu te ha er, hehehe. Jadi, kalau ada teman-teman bersedia ngasih saya te ha er, dengan senang hati saya terima, hahaha.

Jadi ngga enak kan yah, kalo kerjaan saya sebagai freelancer gini. Kecuali ada seseorang yang menanggung biaya hidup saya, mau nggak kerja atau freelancer sih ngga masalah, *jadi curcol sih, hahaha.

Jadi dengan saya pulang duluan jauh lebih awal banyak keuntungan yang saya peroleh sebenarnya. Biaya hidup harian di Jakarta bisa dipangkas banyak. Kalau setiap hari keluar biaya sarapan, makan siang dan makan malam, kaliin aja sama sekian hari di Jakarta. Makanya pulang mudik cepat adalah pilihan yang lebih dan terbaik buat saya yang udah sepi job, hehehe.

Dan, trus ya, biasanya saya udahlah pulangnya lebih cepet, balik jakartanya juga paling akhir, hehe. Alhamdulillah saya selalu bisa libur lebaran selama sebulan penuh bahkan lebih. Tahun kemaren 5 mingguan. Lebaran kali ini kayanya bakal lebih deh, hehe. Sebulan setengah aja dah.*(edited :emang sebulan setengah, hehe).

Tapi, seperti yang saya jelaskan di atas, konsekwensi yang saya terima adalah, saya ngga terima gaji juga, haha. Jadi, di dalam kehidupan kerjaan saya, bisa dibilang saya terima gaji bener-bener sesuai keringat saya. Kalau ‘keluar keringat’ maka saya akan dapat gaji. Tapi kalau ngga ‘keluar keringat’ maka saya ngga dapat gaji. Kasarnya, kaya buruh aja ya, hehehe.

Jadi, ngga ada istilahnya magabut dalam kerjaan saya, hehe.

Tapi, libur lama lebih dari sebulanan juga pusing pake banget boo, karena yang ada kan pengeluaran terus. Pemasukan ngga ada euy. Kantong makin tepos, hahaha. Walaupun di rumah itu sangat menyenangkan dan sangat membahagiakan, tapi saya harus muv on biar bisa balik Jakarta lagi sesegera mungkin. Balik lagi pada kehidupan nyata lagi, bertarung dengan keras dan ganasnya sang ibukota hehehe.

Gimana liburan lebaranmu teman-teman?

#postingan late publish, tapi tetap diposting pada tanggal bkin drafnya,hehe.

Leave a Reply

