Islamic Book Fair 2017 di JCC Jakarta

Seperti biasa, kalau ada book fair (bukfer), entah itu Indonesian Book Fair, Islamic Book Fair atau Jakarta Book Fair saya selalu berusaha untuk datang. Rasanya rugi ngga datang. Walaupun kadang-kadang saya hanya membeli buku yang diskon besar-besaran, hehehe.

Nah kemaren kan ada bukfer juga di JCC, Islamic Book Fair. Biasanya bukfer ini diadakan di Istora Senayan, sekarang diadakan di JCC. Alasannya karena Istora sekarang sedang dalam renovasi untuk persiapan Asian Games 2018 yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang. Karena diadakan di JCC, maka bukfer kali ini pakai tiket masuk sebesar 5000 perak. Padahal kan biasanya kan gratis masuk area bukfer.

Menurut pengamatan saya, ada penyelenggaraan Islamik bukfer di JCC tahun ini, saya pikir pesertanya tidak sebanyak Islamik bukfer tahun tahun-tahun sebelumnya. Dan area bukfer-nya sendiri juga tidak lebih luas dibanding kalau penyelenggaraannya di istora. Tambah lagi penyelengarannya hanya 5 hari, biasanya kan 10 hari. Mungkin sewa stand-nya lebih mahal kali ya.

Tapi menurut saya lagi, saya pikir penyelenggaraan islamik bukfer ini di JCC ini jauh lebih bagus, lebih baik lebih enak, lebih adem dan lebih nyaman daripada sewaktu di Istora. Kalau capek bisa duduk ngolosor aja di lantai di bagian pintu masuk keluar dan panggung utama. Itu menurut pendapat saya. Kalau kata teman saya lebih enak di istora, hehe.

Pengunjung yang datang juga tetap sangat ramai pada hari minggu, hari terakhir penyelanggaraan bukfer. Ngga peduli bayar tiket masuk 5000 perak. Saking ramenya pengunjung, jalan aja susaaaah banget. Jalan udah udah kaya siput aja saling beringsut-ingsutnya. Sebagian ada yang duduk-duduk di lantai bagian depan dan bagian samping yang bukan area pameran.

Untuk urusan shalat di hall tempat bukfer, saya ngga tau. Karena saya shalat di mushala yang ada di plenary hall. Mushalanya di lantai underground. Saya milih shalat di situ karena saya yakin mushalanya ngga rame. Dan mungkin banyak yang ngga ngeh juga dengan mushala di plenary hall. Maklum, plenary hall ada yang wisuda universitas Untar.

Oya, saya hanya beli dua buku, buku tentang sahabat rasul, Abu Bakar shidiq dan juga Umar bin Khatab, dua khulafaur Rasyidin. sahabat saya beli tiga buku bagus tentang rasul, keteladanan rasul dengan harga yang miring banget dibanding harga normal di Gramedia. Buku yang dibeli teman saya tersebut terbitan Maghfirah. Walaupun katanya sih, dia ga tau dia sempat baca apa ngga, hahaha. Dasar 😛

Advertisements

3 thoughts on “Islamic Book Fair 2017 di JCC Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s