Cara Membuat Formulir F.OS. 19, Untuk Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Bagi Warga Negara Asing (WNA)

Kartu tanda penduduk atau KTP adalah salah satu identitas diri resmi yang wajib dimiliki bagi setiap warga negara. Tidak hanya bagi warga negara Indonesia, KTP juga bisa dimiliki oleh warga negara asing atau WNA. Syaratnya WNA tersebut menikah dengan orang Indonesia dan sudah mempunyai KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap).

Kebetulan selama 2 bulan ini saya diminta tolong sahabat saya untuk mengurus admistrasi kependudukan dan urusan keimigrasian suaminya yang WNA. Jadilah saya mengetahui cara mengurus KTP, Surat Keterangan Domisili buat WNA, SKCK untuk WNA dan beberapa hal lainnya untuk warga negara asing.

Untuk pengurusan pembuatan KTP bagi warga negara asing ini harus dibuat atau diminta dulu formulir F.OS. 19 yang dikeluarkan oleh Kantor Wilayah Kependudukan dan Catatan Sipil, sukcatpil. Saya membantu mengurus KTP teman saya di Kanwil Dukcatpil DKI Jakarta, di Jl. S. Parman No. 7, Grogol, Jakarta Barat.

Apa saja syarat untuk membuat formulir F.OS.19 ini bagi warga negara asing?

  1. Surat Permohonan Pembuatan KTP dari Suami atau Istri yang WNI yang disertai materai.
  2. Fotokopi passport WNA.
  3. Fotokopi KITAS dan KITAP WNA.
  4. Fotokopi pengesahan izin tinggal dari kantor imigrasi yang terdapat di dalam passport.
  5. Fotokopi KTP suami atau istri yang WNI.
  6. Fotokopi KK suami atau istri yang WNI.
  7. Fotokopi buku nikah.
  8. Surat keterangan domisili yang dibuat oleh kelurahan, yang bertujuan untuk pembuatan KTP.
  9. Surat kuasa jika pengurusan pembuatan KTP ini tidak dilakukan oleh WNA sendiri atau suami/istri yang WNI (disertai materai, jangan ditempel dulu). —-> ini optional.
  10. Fotokopi KTP yang menerima kuasa pengurusan.
  11. Sediakan materai kosong.

Untuk yang nomor 9, sebaiknya disiapkan saja terlebih dahulu karena nanti saat pengurusan di sukcatpil disediakan blanko untuk pihak yang diberi kuasa. Jadi bisa saja poin nomor 9, tidak digunakan.

Setelah semua persyaratan disiapkan, apa saja yang harus anda lakukan untuk pembuatan KTP WNA ini?

1. Semua berkas diatas difotokopi 2 rangkap, sehingga menjadi rangkap tiga. Untuk apa? Supaya saat mengurus KTP di Kantor Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kotamadya (saya mengurus punya teman saya di Jakarta Selatan), tidak lagi repot-repot menyiapkan berkas yang sama yang akan diminta oleh dukcatpil. Dan satu rangkap lagi untuk di kelurahan.

2. Bagi warga Jakarta pengurusan Formulir F.OS.19 dilakukan di Kanwil Dukcatpil DKI Jakarta, di Jl. S. Parman No. 7, Grogol, Jakarta Barat. Tepatnya di sebelah Kodim Jakarta Barat. Kalau dari terminal grogol, setelah Universitas Trisakti ada Universitas Tarumanegara, lalu tanah kosong, kantor kodim, dan Kantor Dukcatpil DKI Jakarta.

3. Ambil antrian nomor untuk pengurusan KTP WNA. Setelah itu, supaya tidak buang waktu, silahkan tanya aja bagian pengurusan KTP WNA tentang pengurusan KTP, maka oleh petugasnya akan langsung diberikan kertas blanko yang akan diisi.

Satu lembar buat data isian si warga asing yang diberi materai, dan satu lagi buat yang menerima kuasa. Lebih irit waktu kan, karena di loket bagian WNA, pengurusan tidak se ramai di loket untuk WNI.

4. Isi blanko data tersebut dan serahkan lagi pada petugas loket beserta semua berkas yang sudah anda siapkan.

5. Setelah diverifikasi petugas, maka petugas akan memberikan selembar surat pengambilan.

6. Lamanya proses pembuatan formulir F.OS 19 ini maksimal 5 hari kerja. Jadi biar tidak buang-buang waktu, setelah 2 hari pengurusan silahkan telepon kantor dukcatpil tersebut untuk menanyakan apakah dokumen anda sudah selesai dibuat atau belum.

7. Setelah Anda memperoleh  Formulir F.OS. 19, maka anda datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil wilayah kota atau kabupaten tempat tinggal anda untuk mengurus pembuatan KTP dan Kartu Keluarga.

Karena teman saya tinggal di Jakarta Selatan, maka saya mengurusnya di Kantor Dinas Dukcatpil Jakarta Selatan di Jl. Radio V, Kramat Pela, Kebayora Baru, Jakarta Selatan.

Selamat mencoba bagi warga Indonesia yang mempunyai suami atau stri orang asing… ^_^

Advertisements

24 comments

  1. Fungsinya punya ktp untuk WNA itu apa ya? Hehe soalnya suami saya gak punya, jadi kepikiran harus bikin apa gak ya? Misalnya memang di butuhkan dan wajib berarti pak suami nih harus bikin juga nih

  2. thank you informasi nya bermanfaat.

    Formulir FOS 19 nya bisa di download dari internet ngak? kalau ga harus ambil dimana?

    • Halo Peter,apakabar?

      Mudah2an postingan ini beraanfaat bagi yang membutuhkannya.

      Formolir F.OS.19, sepertiyang sudah saya jelaskan di atas diurus langsung ke kanwil dukcatpil dki jakarta. Tidakbisa didownload diinternet…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s