Mushala Mall Citraland Grogol, Baru dan Bagus

20161223_175857.jpg

Sebagai orang sekitaran Grogol, mol Citraland adalah salah satu tempat yang sering saya kunjungi. Bukannya buat ‘ngemol’ ala-ala orang lain, tapi buat ‘ngegramed’ sekadar iseng-iseng cuci mata. Serius, bagi saya gramedia adalah salah satu tempat hang out dan cuci mata yang paling sering saya kunjungi, hehehe.

Dan juga salah satu tempat yang paling saya kunjungi di sebuah mol adalah mushalanya. Maklum seringkali pas berada di mol, pas masuk waktu shalat juga. Biasanya sih pas shalat maghrib.

Mushala mol Citralen Grogol, berada di lantai 11 parkiran. Pintu masuknya berada di lantai 4, persis di depan lif mol. Dulu, mushala mol ini bisa dibilang hanya sebagai fasilitas biasa saja yang musti ada di sebuah mol. Mushalanya ngga terlalu kecil tapi juga ngga besar. Tapi jemaahnya rame. Jadi pas lagi masuk waktu shalat (terutama maghrib) jemaah laki-laki berkali-kali melakukan shalat jemaah.

20161223_182126.jpg

Apalagi pas magrib pada bulan puasa, dan akhir pekan lagi. Rameee banget. Mushala jadi seuprit banget jadinya saking ramenya. Semisal kita shalat bagian shaf depan, trus mau keluar, mau lewat aja susah karena penuh sama orang yang lagi shalat. Maklum aja, ini mall rame, karena posisinya yang sangat bagus, posisi di hook Harmoni – KAlideres dan Semanggi – Pluit. Juga ada universitas swasta terkenal di depan dan sampingnya.

Tapii, walaupun mushala mol ini berada di parkiran, mushalanya terang dengan cahaya alami alias cahaya matahari. Dan udaranya segar. Karena berada di parkiran atas dan tanpa dinding. Jadinya cahaya dan udara bebas di lantai ini. Dan juga hanya beberapa meter dari pintu yang menuju ke mol.

Awal tahun 2016, mungkin sekitar bulan Maret, mushala yang lama dibongkar karena akan dibangun mushala yang baru. Naaah selama pembangunan mushala yang baru tersebut saya hanya beberapa kali shalat di mushala sementara. Jadi saya ngga tau kapan mushala baru ini selesai dibuat. Apakah sebelum ramadhan kemaren atau setelahnya.

20161223_175934.jpg

Dan sekitar sebulam kemaren saya shalat magrib di mushala ini. Mushalanya legaaa. Dan tempat wudhunya pun lega. Jamaah yang rame ngga harus gantian keluar masuk seusai shalat berjamaah. Jamaah masih bisa berdoa dengan tenang seabis shalat karena ngga harus mikirin giliran orang lain yang musti shalat juga.Seneng deh ngeliatnya.

Dan senang juga ngeliat pihak manajemen Citralen yang peduli dengan keberadaan mushala yang dulu sangat sederhana menjadi mushala yang bagus dan lega. Tau sendiri lah ya, gimana nasibnya banyak mushala-muhala di mol yang dibangun sekadarnya saja, sehingga sumpek dan bau, yang bahkan ada yang jauuhn lebih jorok dari toilet nol.

Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih kepada pihak manjemen akan kepedulian mereka meski hanya lewat blog yang belum tentu mereka baca, hehehe…

Oya, saya sih punya foto-foto mushala yang lama dengan jemaahnya yang rame. Tapi malas ubek-ubek di lepi, hehehe

Baca juga mesjid Al-Latif Pasaraya Grande, Mushala Epicentrum Walk.

20161223_175837.jpg

 20161223_175346.jpg

Advertisements

10 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s