Pentas Seni Budaya Indonesia, Teater Besar, Taman Ismail Marzuki

20160818_212546.jpg

Tanggal 18 Agustus yang lalu saya bersama sahabat saya menyaksikan pertunjukan kesenian daerah yang diadakan oleh Kementrian Luar Negeri Indonesia di Teater Besar Taman Ismail Marzuki. Peserta pertunjukan ini adalah penerima beasiswa senibudaya Kementrian Luar Negeri kepada 60 orang pemuda-pemudi dari 45 negara peserta. Pertunjukan kesenian di Teater Besar ini merupakan puncak acara dari seluruh rangkaian kegiatan yang mereka lakukan.

Ke semua peserta ini setelah diberikan pembekalan umum di Jakarta tentang Indonesia dan seni budaya Indonesia, mereka dibagi menjadi 4 kelompok yang ditempatkan di 4 kota di Indonesia. Yaitu kota Surabaya, Jogjakarta, Makasar dan Padang. Di masing-masing kota tersebut mereka belajar seni budaya daerah yang mereka tempati. Mereka belajar tarian daerah, memainkan alqt musik daerah dan juga lagu daerah tersebut. Total lama waktu mereka menerima beasiswa 3 bulan.

Penampilan pertama acara ini adalah pertunjukan bermain gamelan, gabungan gamelan Jawa dan gamelan Bali. Setelah itu acara dipandu oleh 2 orang bule (yang cewek dari Belanda, yqng cowok dari Belgia) dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan berpakaian tradisional Betawi. Mereka pun saling memanggil Abang dan Mpok, hehehe.

20160818_210752.jpg

Setelah selesai beberapa kali ucapan sambutan, penampilan kesenian pun di mulai. Masing-masing daerah tampil bergantian dan selang seling. Menurut saya sih, dilihat dari antusiasme penonton yang sering memberikan tepukan riuh pada saat penampilan, penampilan yang paling seru adalah penampilan dari Padang. Bukan karena saya orang Padang ya. Tapi saya menilainya dari sambutan penonton. Musik dan tariannya ngga monoton.

Dari Bali, gamelannya bagus, keren banget. Saya sangat suka. Musiknya penuh semangat gitu kan. Tapi gerakan tariannya ngga terlalu bagus, agak menoton. Tidak sebagus latihan tari Bali yang biasa saya liat di Taman Ismail Marzuki. Dulu saya hampir tiap mimggu menikmati orang-orang latihan tari bali di TIM. Kereeen, karena dari kecil saya ini penyuka tari Bali loh. Atau karena saya duduk di balkon atas ya, jadi saya pikir gerakan tarian terlihat ngga akan menarik tanpa diiringi musik.

Penampilan dari Jogja dan Makasar bisa dibilang biasa aja. Jarang ada tepukan atau keriuhan serta antusiasme dari penonton ketika mereka sedang tampil. Penampilan peserta dari Surabaya Jawa timur lumayan bagus. Mereka tampil energik dengan tarian yang sepertinya kontemporer dan juga pakaian yang kontemporer.

20160818_204636.jpg

Di akhir acara setelah memperkenalkan para peserta dan juga asal negaranya, peserta lain saling berangkulan dan berpelukan satu sama lain. Peserta Surabaya tetap menari tarian mengikuti irama lagu tema. Mereka tidak terpengaruh peserta lain yang selain berpelukan juga melakukan foto bersama serta nasis-narsisan. Setelah lagu tema selesai diputar mereka baru saling berpelukan pula.

Secara umum, acara ini keren. Apalagi uang yang tampil sebagian besar adalah orang-orang luar yang sama sekali tidak tau tentang seni dan budaya Indonesia. Sungguh sangat luar biasa sekali mereka bisa tampil bagus banget, padahal mereka belajar hanya selama 3 bulan saja. Malah mungkin kurang karena seminggu pertama mereka dibekali tentang budaya Indonesia secara umum.

Oya, acara ini kan dijadwalkan dimulai jam 18.30 ya. Tapi pada akhirannya mulai jam 7 malam atau jam 19. Kebiasaan banget kan ya orang kita yang selalu ngaret dalam segala aspek ya. Atau mungkin juga pada jadwal sebenarnya jam 7 malam tapi dibuat jam mulainya jam 18.30 untuk mengantisipasi keterlambatan penonton yang datang telat, mengingat jam Indonesia kan jam karet kan ya, hehehe.

Saya mah untuk nonton acara kesenian daerah seperti ini ngga akan pernah nolak. Apalagi kan acara di-free-kan panitia, hehehe. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s