Studium Generale Angkatan ke 20 FLP Jakarta

img-20160526-wa0018.jpgStudium Generale (SG)  adalah pertemuan pertama angkatan baru di FLP Jakarta. Semacam kuliah perdana gitulah. SG ini pertama kali diadakan oleh FLP Jakarta pada masa kepemimpinan Kang Taufan E. Pras, pada saat penerimaan anggota baru angkatan 13 di salah satu auditorium Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail Kuningan, Jakarta Selatan.

Ini adalah hal yang baru bagi FLP Jakarta, tapi sampai sekarang, Studium Generale selalu diadakan pada saat pertemuan pertama anggota baru FLP Jakarta. Studium Generale kali ini merupakan SG yang ke 20 yang diadakan di Auditorium lantai 7, Perpustakaan Umum Daerah, Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jakarta.

Menulis Itu Mudah, Bersama Palris Jaya dan Zaenal Radar.

Pada SG angkatan ke 20 kemarin, temanya adalah “Menulis Itu Mudah” yang menampilkan tiga orang pembicara yang terbagi pada dua segmen. Pembicara-pembicara ini adalah para penulis senior FLP Jakarta yang sudah malang melintang dalam dunia kepenulisan. Mereka adalah Mas Palris Jaya, Mas Zainal Radar dan Kang Taufan E. Pras, dan juga Kang Sokat Rahman.

Pada segmen pertama, pada pagi hari yang tampil adalah Mas Palris Jaya dan Mas Zainal Radar. Segmen ini dipandu dengan baik oleh Agus Dwi Putra, Ketua Divisi Kaderisasi FLP Jakarta. Di segmen ini kedua penulis menceritakan tentang perjalanan menulis mereka masing-masing secara bergantian.

Mas Palril Jaya atau yang biasa dikenal dengan Uda Ipal adalah penulis yang langganan juara lomba menulis cerpen. Uda Ipal menceritakan perjalanan menulisnya dari awal, sampai pertama kali karyanya di muat di media. Karya pertamanya diterima atau diterbitkan setelah 6 tahun naskahnya ditolak oleh redaksi media. Coba bayangkan kalau ia menyerah pada pertengahan tahun ke 5, apakah kemudian kita akan mengenal seorang penulis yang bernama Palris Jaya?

img-20160529-wa0006.jpg

Uda Ipal juga menjelaskan tentang aturan-aturan dalam menulis cerpen. Bahkan lengkap dengan slide-nya. Ia menyatakan perlunya penulis melengkapi tulisannya dengan data. Semisal penulis membuat sebuah cerita fiksi yang settingannya Peristiwa Mei 1998, maka penulis harus mencari data akurat seputar Peristiwa Mei 1998 supaya tidak terjadi salah informasi pada peristiwa tersebut.

Yang menarik dari penjelasan Uda Ipal ini adalah, bahwa dia lebih senang mengetik naskah atau karyanya menggunakan mesin ketik manual. Mungkin ya, menurut pendapat saya sih, mengetik dengan meain tik itu ada sensasinya pas dengar suara derak mesin tik, kali ya. Dan juga setiap mengirim naskah ke media, Uda Ipal juga lebih senang mengirimkannya menggunakan hard copy, atau naskah yang diprint daripada ia kirim lewat email. Meskipun saat ini semua naskah diterima redaksi lewat email. Hmmm… Luar biasaaa… Kira-kira ada yang menulis pakai mesin tik?

Dan Uda Ipal mengajak atau juga menyarakan para peserta SG untuk menuliskan apa yang mudah dan diketahui oleh penulis. Oya, Uda Ipal ini menulis cerita dengan berbagai macam genre. Mulai dari anak-anak, remaja sampai cerita yang mengangkat tentang gaya hidup.

img-20160530-wa0005.jpg

Sementara Mas Zainal Radar, dia adalah penulis yang bebas dari aturan-aturan kepenulisan. Bahkan bisa dibilang antitesis terhadap aturan-aturan kepenulisan tersebut. Mas Zainal Radar ini pernah membuat yang ngga ada satu pun narasi ceritanya. Semuanya isi dalam cerpen tersebut berupa dialog-dialog antar tokoh.

Begitu juga sebaliknya, ia juga pernah menulis cerpen yang tidak ada percakapan atau dialognya sama sekali. Semua isi naskah cerpen tersebut adalah narasi. Luar biasa yaakk…

Oya, Mas Jae, panggilan Mas Zainal Radar, jangan menulis berdasarkan mood. Artinya kalau saya tafsirkan adalah, kalau ngga mood menulis, kita harus melawan perasaan ngga mood tersebut. Hmmm, kayanya ini harus saya tiru dah, nulis jangan ikutin mood. Karena selama ini saya seringkali kalau nulis ngikutin mood hehehe… 😛

Siang hari, setelah selesai istirahat buat shalat dan makan, acara dilanjutkan. Yaitu berbagi ilmu sesi ke – 2. Pembicaranya adalah Kang Taufan E. Prast, yang menjadi moderatornya adalah Sayuda. Kang Taufan E. Pras ini biasa kita panggil dengan sebutan Kang Tep. Beliau jadi pembicara dengan topik Bagaimana Memulai Menulis.

img-20160529-wa0026.jpg

Kang Tep yang selalu kocak setiap jadi pembicara. Eh setiap saat deng… 🙂

Kang Tep ini pernah menjadi ketua FLP Jakarta dua periode berturut-turut. Dari tahun 2009 – 2011, dan dari 2011 – 2013. Ia adalah penulis lintas genre yang sudah menerbitkan banyak buku. Baik buku fiksi maupun non fiksi. Dan juga beliau pernah menjadi editor penerbit buku, Lingkar Pena Publishing House dan editor majalah remaja Story.

Pada segmen bersama Kang Tep ini  saya tidak tidak mengikuti. Karena setelah beberapa menit beliau mulai tampil, saya yang sudah sakit kepala seharian, memutuskan istirahat di mushala. Kepala saya luar biasa sakitnya sehingga saya tidak dapat lagi menahannya. Saya harus tidur paling nggak 10 – 15 menit biar ‘berat’ di kepala saya hilang (saya akhirnya bisa tertidur boo, jadi pala rada enteng gitu lah, alhamdulillah). Tetapi dari cerita yang saya dengar, seperti biasa, Kang Tep selalu tampil keren setiap jadi pembicara acara kepenulisan.

Oya, sebenarnya ada launcing dan bedah buku kumcer FLP Jakarta sih. Ada dua buah buka yang dilaunching dan dibedah. Satu, buku Wak Ali dan Manusia Lumpur, serta buku ADAB. Tapi, postingan tentang loncing buku tersebut ntar yah, saya bikin di postingan terpisah… 🙂 Moga aja saya ngga akut malasnya yaaah… 🙂

Selamat datang calon anggota baru FLP Jakarta. Semoga FLP Jakarta selalu jaya, amin.

Semua Foto di sini diculik dari WA Group… Eh, foto peserta kok ngga ada yakk… 🙂

2 thoughts on “Studium Generale Angkatan ke 20 FLP Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s