Notes From Qatar by Muhammad Assad

Gambarnya Notes From Qatar 2 ya
Gambarnya Notes From Qatar 2 ya

Saya membaca buku ini sudah lama, sudah lebih setahun, tapi baru kali ini bisa saya memaksakan diri untuk membuat reviewnya, hehehe *malas dipiara, kaya orang sibuk aja dah wkwkwwk…

Buku Notes From Qarar ini buku yang berisi catatan-catatan perjalanan hidup Muhammad Assad selama menuntut ilmu di negeri kaya minyak, Qatar. Buku ini awalnya merupakan catatan perjalanan hidup  Muhammad Assad di blog-nya yang kemudian dibukukan. Muhammad Assad ketika menulis blog tersebut adalah mahasiswa S2 Master of Islamic Finance yang mendapatkan beasiswa dari Emir of State of Qatar.

Buku ini sangat layak dibaca karena berisi banyak hal tentang perjuangan meraih cita-cita yang patut dijadikan contoh. Assad menceritakan bagaimana ia berjusaha dan berjuang mendapatkan beasiswa S1 di Nanyang Technological University (NTU) dan National University of Singapore (NUS) di Singapura dan University of Technologi Petronas (UTP), Malaysia. Dua universitas di Singapura menolaknya dan akhirnya Assad kuliah UTP Malaysia, jurusan Business Information System.

Assad lulus dari UTP dengan mendapatkan tiga penghargaan sekaligus : “Rector’s Gold Award 2009 for Business Information System, The Best International Student Award For the Year 2009 dan Chancellor Award For The Best Graduate For The Class of 2009. Pengharhargaan yang terakhir ini diberikan langsung oleh mantan Perdana Menteri Malaysia, Dr. Mahathir Muhammad. Luar biasa kan ya…

Yang menariknya kisah perjalanan Assad mendapatkan beasiswa adalah, ketika dia berburu beasiswa S2. Dulu ketika mencari beasiswa S1, NTU dan NUS menolak apply beasiswanya. Eh giliran dia udah lulus S1 di UPT, NUS n NTU malah menawarkan beasiswa kepadanya yang kemudian ditolak Assad karena ingin mendapatkan beasiswa di Qatar. Ia bahkan menolak beasiswa NTU, padahal beasiswa dari Qatoe beluym di tangan. Sungguh pilihan yang luar biasa berkat keyakinan dan berpositive thinking bahwa ia akan menerima beasiswa dari Qatar.

Satu hal yang patut ditiru dari Assad melalui buku ini adalah semagat 3 P yang ada pada diri Assad dalam meraih impiannya. 3 P adalah Positive, Persistence dan Pray. Positive, dimana ia berpositif thingking pada apa yang ia inginkan. Persistence, dimana ia selalu berisaha dan terus berusaha untuk mewujudkan impiannya tersebut serta. Pray, dimana sebagai seorang hamba harus selalu berdoa kepada Yang Diatas untuk mengabulkan keinginan kita.

Dan satu lagi kunci yang diberikan oleh Asssad dalam meraih cita-cita yang dia inginkan adalah : Sedekah. Sedekah menjadi salah satu kunci pembuka jalan dalam meraih keinginan dan impiannya.

Buku ini ditulis dalam bahasa yang sangat ringan. Sangat mudah memahaminya dan ketika kita membaca di awal, bikin kita ingin menyelesaikan bacaan secara tuntas. Ngga sekadar baca aja trus balik ke halaman berikutnya. Cara menulisnya, membuat kita yang membaca seperti sedang mendengarkan orang yang berbicara. Keren deh pokoknya.

Dan bahasa yang digunakan juga bahasa Indonesia yang baik dan benar. Beda dengan bahasa blog-ku yang sering berbahasa alai…hehehe… 😛

Buku ini sangat layak dibaca oleh siapa saja. Karena motivasi buku ini bagus buat siapa saja.

Hayoo… siapa yang udah baca buku ini? 🙂

Advertisements

15 comments

  1. Saya belum pernah baca bukunya sih Mbak, tapi pernah lihat di toko buku. Entah kenapa agak kurang tertarik :haha. Saya memang tak terlalu tertarik dengan buku-buku motivasi atau kisah sukses sih ya, bukan termotivasi yang ada, malah mupeng terus sadar diri masih banyak banget kurangnya :haha. Jadi saya memilih menekuni apa yang saya suka saja deh sekarang :hihi, namanya nasib kan mana tahu ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s