Taman Ambun Tanai, Matur (Matua) Sumatera Barat

IMG_0217a

Taman Ambun Tanai adalah salah satu taman yang menjadi tempat menikmati keindahan Danau Maninjau. Taman ini berada di daerah Ambun Pagi, Matur. Taman ini termasuk baru, mungkin baru dibangun sekitar 3 tahun ini oleh Pemda Kabupaten Agam.

Areal Taman Ambun Tanai ini tidak terlalu besar seperti halnya Puncak Lawang. Tetapi di Taman Ambun Tanai ini terdapat menara pandang yang berguna untuk menikmati dan memotret keindahan Danau Maninjau. Tinggi menara ini sekitar 8 m.

Menurut perkiraan saya, waktu terbaik jalan-jalan ke taman ini adalah waktu pagi dan sore hari. Pada siang hari yang panas, sepertinya tidak ada tempat untuk berlindung dari teriknya panas matahari. Berbeda dengan Puncak Lawang yang ditumbuhi pohon pinus, (yang meneduhkan dan bisa dikunjungi sepanjang hari), di taman ini yang ditanami adalah bunga-bunga rendah yang tidak bisa melindungi pengunjung dari panas terik matahari.

Di taman ini terdapat mushala yang bersih.Kekurangan taman ini menurut saya adalah taman ini tidak mempunyai pohon-pohon yang besar untuk berteduh. Sayang sekali kan ya. Kalau pengunjung datang pada siang hari akan sangat tidak nyaman berada di sini. Apalagi bagi pengunjung yang membawa anak-anak.

jalan menuju Lawang Park, Taman XIII Balai Basa dan Puncak Lawang dari Ambun Pagi dan Ambun Tanai

jalan menuju Lawang Park, Taman XIII Balai Basa dan Puncak Lawang dari Ambun Pagi dan Ambun Tanai

Walaupun ditujukan sebagai taman untuk menikmati keindahan danau Maninjau, kalau ada pohon pengunjung yang datang bersama keluarga kan bisa menggelar tikar untuk menikmati makan siang sembari menikmati keindahan Danau Maninjau.

Biaya masuk ke Taman Ambun Tanai ini adalah Rp.3000 untuk dewasa dan Rp.2000 untuk anak-anak. Biaya perkiran juga masih standar, Rp.3000 untuk mobil dan Rp.2000 untuk kendaraan roda dua.

Cara menuju ke Taman Tanai ini gampang. Dari Puncak Lawang, ikuti jalur ke Taman XIII Balai Basa, dan terus saja ikuti jalan raya tersebut sejauh kira-kira 2,5 km. Maka kita akan menemukan Taman Ambun Tanai sebelah kanan jalan raya.

Kita juga bisa datang dari simpang empat Ambun Pagi yang berada di jalan raya Maninjau Bukittinggi. Kalau kita dari arah Matur atau Bukittinggi, simpangnya berada di sebelah kanan atau sebelah kiri dari Maninjau. Simpang yang diseberangnya adalah simpang Taman Ambun Pagi yang sekarang tampak sangat tidak terawat dengan baik.

Dari simpang ini jalanan menuju Ambun Tanai menanjak naik. Banyak tikungan tajam dan jalanan agak lebih kecil, jadi kita kuduuu banget hati-hati mengendarai kendaraan. Tapi pemandangannya indah… 😛

Selamat menikmati keindahan Danau Maninjau dari daerah Matur, Agam.

IMG_0209aIMG_0210aIMG_0219a IMG_0208a IMG_0221a IMG_0211a IMG_0214a IMG_0234a

13 thoughts on “Taman Ambun Tanai, Matur (Matua) Sumatera Barat

  1. Kalau fajar atau senja pasti pemandangannya akan bagus banget ya Mbak, sinar matahari sudah melunak dan hangat, terus sinar jingga mataharinya pasti akan tampak jelas, soalnya tidak ada pohon sebagai penghalang :hehe.

    • Sepertinya emang keren kalau fajar Gara… tapi taman ini jauh dari pemukiman penduduk… jadi mungkin blm ada yang nyoba fajar ke sini.

      kalau di lawang park ada homestay-nya… cuman aku ngga mampir k sana

  2. Pingback: Ngebolang ke Puncak Lawang Matur Dengan Motor | Firsty Chrysant

  3. Pingback: Ngebolang ke Maninjau Sendirian Naik Ojek | Firsty Chrysant

  4. Pingback: Bukber Paling Berkesan Bagiku : Kabur Manjat Jendela Kelas Yang Tinggi | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s