Hotel 101 Geylang, Lor 12, Singapura

DSC04205

Pertama kali saya dan dua orang sahabat saya jalan-jalan ke Singapura bulan Mei 2015 lalu (di sini, di sini, di sini, di sini). Hal yang utama yang kami lakukan setelah mendapatkan tiket adalah mencari hotel atau penginapan. Mencari hotel yang murah menurut standar dan kantong kami bertiga tidaklah mudah awalnya. Apalagi saat itu ada tanggal merah yang membuat banyak orang Indonesia yang juga memilih Singapura sebagai tempat tujuan wisatanya.

Kami bertiga sama-sama menginginkan nginap di hotel, yang di dalamnya ada kamar mandi. Bukan di hostel atau guest house yang kamar mandinya bareng dengan pengunjung lain. Itu adalah harga mati bagi kami, hehehe. Berkat ketekunan dua sahabatku berburu hotel, akhirnya kami menemukan hotel yang paling bersahabat dengan kantong kami.

DSC03995

Pemandangan di belakang kamar hotel

Nama hotelnya adalah Hotel 101. Awalnya kami bertiga agak ragu memilih kamar ini karena berdasarkan banyak review yang kami baca, hotel 101 berada di daerah red distric. Tetapi setelah kami tiba di sana, biasa-biasa aja. Tidak yang perlu dikuatirkan banget. Karena kawasan lorong 12 tersebut banyak berdiri hotel-hotel bintang 1. Begitu juga di lorong-lorong lainnya, banyak hotel yang tersedia.

Hotel 101 yang berlantai 5 atau 6 lumayan bagus walaupun terlihat hotel tersebut hotel lama yang berusia sekitar 30 tahun. Di dalam yang kami tempati terdapat kasur ukuran queen dan single yang digabung menjadi satu. Kasurnya bersih dan nyaman. Ada televisi dengan saluran tv kabel. Di atas meja kecil tersedia 3 botol air mineral ukuran 600 ml, tiga gelas cangkir, dan tiga sachet kopi dan teh. Dan juga disediakan heater pemasak air untuk menyeduh kopi.

Kamar mandi yang ada di dalam juga tidak terlalu besar. Apalagi kamar mandinya ada bath up nya sehingga terkesan makin sempit. Karena kamar mandinya kecil, pintu kamar mandi tersebut bukanlah pintu yang sistem dorong tarik. Tapi berupa pintu geser untuk mengurangi penggunaan ruangan.

DSC04208 a

Lantai kamarnya tidak begitu bersih. Mungkin jarang disikat. Akhirnya aku pas lagi cuci muka meyiram lantai tersebut dengan air panas sehingga lantainya jadi tampak jauh lebih kinclong, hehehe. Langit-langit kamar mandinya memang kurang terawat sih. Tapi secara umum kamar mandinya lumayan lah.

Oya, wifi di kamar ini juga sangat kencang. Lancar jaya deh komunikasi pake wa atau katok dengan keluarga di rumah. Ga pake baferring. Cepeet deh. Itu salah satu yang dicari dari fasilitas hotel kan yaa? Aku bisa pake wifi hotel kasih instruksi petunjuk jalan ke hotel ke kedua temanku dengan cara chat dengan teman di Jakarta. Temanku ntar sms ke salah satu dari mereka.

Pagi hari ketika kami membuka jendela kamar, pemandangan di belakang kamar lumayan menyenangkan meski jendela kamar kami berhadapan dengan gedung hotel lainnya. Hanya saja, karena karena bangunan hotel ini sudah cukup lama, sirkulasi udara di lorong hotel agak kurang bagus. Udaranya terasa sedikit pengap. Tetapi secara umum hotel ini lumyan menyenangkan, meskipun pengunjung tidak mendapatkan fasilitas sarapan pagi… 🙂

DSC04215aRate kamar standar yang tempati adalah 1,5 juta untuk 2 malam. Artinya per malam adalah 750.000 untuk bertiga. Per orang jadinya 250.000. Sangat lumayan kan bila dibandingan dengan jika kami harus menginap di guest house yang rata-rata kamarnya 20 dolar atau 200.000 per malam. Apalagi yang kami inginkan terpenuhi, kamar mandi di dalam… 🙂

Cara menuju Hotel 101 Geylang

Stasiun MRT terdekat dengan hotel ini adalah stasiun Kallang. Jadi, dari mana pun kita datang, asal memggunakan MRT, patokannya adalah stasiun Kallang. Dari stasiun Kallang, angkutan ke Hotel 101 ini adalah bus no. 7 dan 67. Halte bus no. 7 dan no. 67 ini berada di sisi stasiun stasiun, searah dengan jalur rel MRT. Di seberang halte ini terdapat terminal atau pul bus.

Halte terdekat dengan Hotel 101, yang dilewati jalur bus no. 07 dan 67 adalah halte Assn Building. Halte ini merupakan halte ke tiga atau ke empat setelah Stasiun Kallang. Begitu turun dari bus, kita harus berjalan berbalik arah sejauh kira-kira 150 m ke arah Lorong 12 tempat hotel berada. Dari perapatan ini, jarak hotel kira-kira 150 m, tepat di pojok lampu merah sudut seberang kanan.

Oke, kira-kira udah bisa dimengerti kan yaa…:)

Selamat berliburan di Singapura… 🙂

Advertisements

One thought on “Hotel 101 Geylang, Lor 12, Singapura

  1. Pingback: Ngesot Nyari Penginapan di Kuala Lumpur | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s