Pasar Cakranegara, Mataram ~ Lombok

20150219_110102

Pasar Cakranegara adalah pasar tradional terbesar yang terdapat di Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pasar ini berada di jalan Selaparang, Mataram.

Aku datang ke pasar ini setelah dari pusat mutiara air tawar khas Lombok di Desa Sekarbela. Dari desa Sekarbela, untuk menuju pasar ini, tinggal lurus aja. Pas ketemu prapatan jalan, liat aja petunjuk arahnya. Nanti ketemu deh pasar ini. Eh aku lupa… Ada belok-boloknya ga sih? Hehehe… Maap… 😛

Tujuan ke pasar ini adalah karena Mba Nuke mau beli kain tradisinal Lombok. Jadi, untukmu yang jalan-jalan ke Lombok dan ingin membeli oleh-oleh berupa kain tradisional Lombok dengan harga yang murah, pasar ini sangat tepat untukmu.

Kenapa? Karena kalau mau membeli kain tenun di pusat pariwisata atau perkampungan tradisional Sasak, harga di sana jauh lebih mahal daripada harga di pasar Cakranegara. Alasan lain k beli kain tradisional di pasar ini adalah kamu punya banyak pilihan. Banyak rag corak dan warna. Namanya juga pasar…iya kan? Hehehe

Pas kami datang waktu sekitar jam 10. Suasana pasarnya tidak terlalu ramai. Mungkin karena saat itu tanggal merah jadi bangak toko yang tutup. Tapi seingatku, beberapa ruko yang berada di pinggir jalan di depan pasar emang tutup. Tapi toko-toko di dalam pasar sepertinya sih hampir buka semua.

Kami membeli kain tenun di toko mba-mba yang keturunan bali. Mas Agus yang menemani kami memanggilnya Mbok. Mbok dalam bahasa Bali berarti Mbak. Kain tradisional di dalam tokonya banyak dan padat, baik corak maupun warnanya. Puas deh milih-milih kain lombok di sini, hehehe.

Dan lagi-lagi seperti di pusat mutiara lombok sekarbela, aku hanya bisa liat-liat kain tenun doang, ga beli hehehe… 🙂 pitih indak adooo…hohoho… 😛

5 thoughts on “Pasar Cakranegara, Mataram ~ Lombok

  1. Pingback: Objek Wisata di Lombok : Kemana Saja Kamu jalan-Jalan di Lombok? | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s