Museum Nasional Gwangju

sumber : di sini

sumber : di sini

Kota Gwangju tidak hanya mempunyai Gunung Museung sebagai tujuan wisatanya. Ada juga wisata museum. Kamu suka wisata ke museum? Hehehe, pasti banyak yang tidak terlalu suka ya. Karena pemikiran kita selama ini berwisata ke museum itu tidak menyenangkan. Kenapa? Karena banyak museum kita yang seringkali tidak terawatt jadi jalan-jalan ke museum kurang menyenangkan.

Tapi, di Korea katanya beda loh, museum di sini dibuat modern dan menyenangkan. Tapi saya kan belum pernah ke sana, jadi belum tau juga ya. Salah satu museum yang ada di Kota Gwangju adalah Museum Nasional Kota Gwangju.

Museum Nasional Kota Gwangju ini menyimpan dan melestarikan benda-benda peninggalan bersesejarah Provinsi Jeolla Selatan. Di sini kamu bisa melihat berbagai benda bersejarah sejak zaman batu, Zaman Tiga Kerajaan (Baekje, Silla dan Goguryo) sampai zaman Kerajaan Joseon.

Contoh benda-benda bersejarah itu adalahh peralatan zaman batu, patung-patung Budha dan lukisan-lukisan yang ada sejak zaman batu sampai Zaman Baekje, Shilla dan Kerajaan Joseon.

Benda-benda bersejarah di dalam museum ini dipajang di aula-aula atau anjungan yang terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu : Prehistoric Hall atau Anjungan Zaman Pra Sejarah, Samguk Hall atau Anjungan Tiga Kerajaan, The Buddhist Art Hall atau Anjungan Seni Agama Budha, Painting Hall atau Anjungan Lukisan, Goryeo Pottery Exhibit Hall atau Anjungan Tembikar Kerajaan Goryeo, Shinan Ocean Floor Relic Hall atau Anjungan Laut Shinan.

Prehistoric Hall atau Anjungan Zaman Pra Sejarah.
Anjungan ini berisi benda-benda peninggalan yang digunakan masyakat Korea yang terbuat dari batu dari sejak Zaman Paleolitikum, Neolitikum, Zaman Perunggu dan benda-benda dari besi yang digunakan pada awal Zaman Besi.

Samguk Hall atau Anjungan Tiga Kerajaan
Anjungan ini berisi benda-benda bersejarah yang terbuat dari besi peninggalan Zaman Besi dan berbagai macam gerabah.

The Buddhist Art Hall atau Anjungan Seni Agama Budha
Anjungan ini berisi benda-benda berupa patung Budha dan benda-benda yang berhubungan dengan Agama Budha.

Painting Hall atau Anjungan Lukisan
Anjungan ini adalah anjungan berisi karya seni lukis yang dibuat oleh seniman daerah Honam, Kerajaan Joseon dan seniman-seniman modern Korea.

Goryeo Pottery Exhibit Hall atau Anjungan Tembikar Kerajaan Goryeo
Anjungan ini menampilkan Cheongja peralihan dari periode Kerajaan Goryeo ke Kerajaan Joseon. Pengunjung juga bisa melihat proses pembuatan tembikar atau gerabah secara ke seluruhan.

Shinan Ocean Floor Relic Hall atau Anjungan Laut Shinan.
Anjungan ini menampilkan bangkai bekas kapal yang tenggelam selama 600 tahun di Laut Shinan. Sinan adalah salah satu daerah yang terdapat di daerah Jeolla Selatan.

Jadi kalau kamu berkunjung ke Kota Gwangju, jangan lupa berkunjung ke museum ini ya… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s