Kota Gwangju, Korea ~ 광주역시

sumber : http://cluster1.cafe.daum.net/_c21_/bbs_search_read?grpid=25wA&fldid=60Kn&datanum=987&openArticle=true&docid=25wA60Kn98720080814202852

sumber : di sini

Ada yang tau kota Gwangju (광주)? Kota Gwangju adalah kota yang berada di daerah Provinsi Jeolla Selatan (존라남도/Jeollanam-do). Orang Indonesia banyak yang mengira Gwangju sama dengan Gyeongju (경주). Padahal dua kota ini berbeda dan berada di provinsi yang beda juga.

Kota Gwangju dulu pernah menjadi ibu kota Kerajaan Baekje (백제), Sedangkan kota Gyeongju dulu merupakan ibu kota dari Kerajaan Silla (신라나라). Kedua kerajaan ini dulu merupakan dua kerajaan besar di Korea dan berjada pada masa yang sama, Zaman Tiga Kerajaa. Satu kerajaan lainnya adalah Kerajaan Goguryo (고구려).

Dulu kota Gwangju merupakan ibukota Provinsi Jeolla Selatan sebelum ibu kota Provinsi Jeolla Selatan dipindahkan ke kota Muan. Sekarang Kota Gwangju merupakan kota memiliki pemerintahan tersendiri yang terpisah dari Provinsi Jeolla Selatan, yaitu Kota Metropolitan. Kota metropolitan setingkat dengan provinsi yang bertanggung jawab secara langsung kepada mentri dalam negeri Korea.

Kota Gwangju merupakan kota terbesar ke enam di Korea Selatan. Bentang alam atau topografi kota Gwangju adalah berbukit. Hampir 70 % wilayah kota Gwangju merupakan perbukitan. Ini karena Gwangju berada di kaki Gunung Mudeungsan, salah satu taman provinsi Jeolla Selatan.

Bunga yang menjadi lambang kota ini adalah Bunga Azalea, karena Bunga Royal Azalea banyak tumbuh di daerah Gwangu dan Jeolla Selatan pada musim semi.

Kalau kita jalan-jalan ke Gwangju, apa saja pusat wisata yang bisa kita kunjungi?

  1. Gunung Mudeung atau Mudeungsan (무등산).
  2. Museum Nasional Kota Gwangju (광주 ).
  3. Museum Rakyat Kota Gwangju.
  4. Jalan Chunjang atau Jalan Seni Kota Gwangju.
Sumber : Di sini

Sumber : Di sini

Salah satu kegiatan tahunan yang diadakan oleh pemerintah kota Gwangju adalah Festival Kimchi. Di Korea, setiap mau memasuki musim dingin diadakan kegiatan yang membuat kimchi untuk persiapan makanan menghadapi musim dingin. Pembuatan kimchi ini disebut dengan Kimjang (김장). Pada festival tersebut diadakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kimchi, seperti cara pembuatan kimchi.

Selain itu, pemerintah kota Gwangju menyediakan bus wisata keliling kota Gwangju setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Wisata keliling kota Gwangju ini dimulai dari stasiun Gwangju jam 9.00 pagi sampai jam 6.00 sore.

Program wisata dengan bus ini adalah mengunjungi objek-objek wisata yang ada di kota Gwangju yaitu Gunung Mudeung, Museum Nasional Kota Gwangju, Museum Rakyat Kota Gwangju, Museum Seni dan jalan seni kota Gwangju. Harga tiket Gwangju One Day Trip ini adalah 1000 won perorang. Harga tiket tersebut hanya untuk tiket bus saja, tidak termasuk untuk tiket masuk tempat-tempat wisata yang dikunjungi. Jadi tiket masuk ke tempat wisata, bayar lagi di masing-masing tempat.

Untuk menjadi peserta tur wisata keliling kota Gwangju ini harus mendaftar terlebih dahulu sehari sebelumnya.

Okeee… Ada yang ingin jalan-jalan ke Kota Kwangju? (광주로 여행하고 싶어요…?

저는 광주로 정말 여행하고 싶어요. 하늘님, 이따가 내 꿈이

Kota yang jadi list buat dikunjungi di Korea

Advertisements

One thought on “Kota Gwangju, Korea ~ 광주역시

  1. Pingback: Gunung Mudeung atau Gunung Mudeungsan (무등산) | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s