Taraweh Ngikik ~ Puasa Waktu Kecil

Lagi siap-siap mau shalat jumat, satu jam lagi sih... :)

Lagi siap-siap mau shalat jumat, satu jam lagi sih… 🙂 Mesjid Tuo Kayu Jao, Solok

Teman-teman, bagaimana puasanya di hari ke 7 ini? Udah ada yang dapet bonuskah? *bagi cewek sih* Ada juga loh, yang berharap ngga usah dapet bonus biar puasa pull 30 hari, hehehe.

Ngomongin soal puasa, pasti ngga akan terlepas dengan pengalaman awal berpuasa. Atau belajar berpuasa waktu kecil. Kalau aku dulu sama teman-temanku, begitu selesai buka puasa, shalat magrib dan makan langsung ‘lari’ ke warung (warung beneran atau dadakan) nyari makanan kampung kaya kerupuk leak. Atau juga sebelum magrib berburu makanan di pasa pabukoan, pasar yang jual makanan berbuka.

Soal puasa waktu kecil, salah satu yang aku ingat adalah Taraweh Ngikik. Looh, taraweh ngikik? Kaya kuda aja pake ngikik segala, hahaha. Yuuupp beneeer… Tarawehan ngikik. Apa sih maksudnya?

Hehehe… Dulu waktu kecil, kan kita belajar tuh yang namanya shalat taraweh jamaah di mushala mesjid. Perginya rombongan ke mesjid bersama sama teman-teman pergi seabis makan malam. Sebelum ke mesjid sempet-sempetin deh main lilin-lilin kecil yang warna-warni. Lilinnya ditaok di dalam kaleng susu. Samakah permainan kita?

Waktu awal belajar shalat taraweh, pengetahuan tentang shalat taraweh sangat sedikit. Namanya juga anak kecil. Hanya sekadar tau bahwa shalat taraweh itu 8 rakaat, plus 3 rakaat. Waaaww rakaatnya banyak amaaaat… Pasti bakal lama niih. Membayangkannya aja langsung mikir, kuat ga yaaa…. Hehehe.

Oya dulu juga ada tuh yang namanya buku catatan ramadhan, PR membuat ringkasan ceramah ramadhan selama ramdhan oleh guru agama, hehe. Kalau anak kelas 1 dan 2 kan belum dapat PR bikin catatan ramadhan. Kalau udah kelas 3, udah kena kewajiban bikin catatan. Biasanya kita anak-anak kecil (yang masih SD) nyontek ke kakak-kakak yang sudah dewasa kaya ke anak SMP atau SMA.

Naaah, yang namanya bareng teman-teman semuanya asyik-asyik aja. Pas lagi ceramah kita yang kecil-kecil tetep ribut dan bercanda. Kita anak-anak cekakak cekikik di bagian kiri mushala. Ga peduli buya ceramahnya asyik banget atau garing banget.

Ntar kalo suara keributan anak-anak sudah diambang batas, mulai deh jemaah dewasa menegor menyuruh diam. Kadang-kadang sampai menyuruh main di luar kalau masih berisik, hehehe… Itu mah namanya pengusiran yaaa…. 🙂

Sampe kadang-kadang ya, si ustadz atau buya sendiri yang langsung negor yang disertai ‘ancaman’ kecil, “Ananda semuanya, kalau ananda masih ribut, ngga mau tenang, nanti buya dan pengurus ngga mau ngasih tanda tangan ya…” kata si buya ngancem biar kita diem. Oooppssss langsung deh pada diem, hahahaha… Ancamannya lebih keren dan lebih dahsyat dari pada “dosa, kalau ribut di mesjid!” hahaha…

Nah pas giliran shalat taraweh juga sama. Di Padang kan rata-rata 8 rakaat taraweh dan 3 witir. 4 rakaat, 4 rakaat dan  3 rakaat. Awalnya sih, 4 rakaat pertama masih mau shalat, eh giliran 4 rakaat yang kedua udah ngga mau lagi. Ternyata shalatnya lamaaa amat. Bacaan shalat imamnya panjang-panjang (kata kita anak-anak, berasa lama booo shalatnya).

Yang ada akhirannya kita main sikut-sikutan pas lagi shalat, main injek-injekan kaki pas lagi shalat, juga tendang-tendangan. Dan tentunya disertai ketawa-ketiwi kecil alias ngikik ga jelas. Atau kalau ngga ‘main-main’ kaya gitu, pas shalat mata bakal diserang kantuk luar biasa, hahaha. Maka beberapa diantara kami memutuskan ngga ikut shalat lagi, hehehe…

Eh, udah ngga ikut shalat, malah pas orang lagi shalat kita pada bikin rusuh. Ngoceh, ketawa cekakak cekikik… Tapi begitu udah masuk duduk tasyahud pada rakaat terakhir atau udah sujud terakhir, kami segera ikut duduk di shaf shalat pura-pura ikut jamaahan. Gaya-gayaan ikut shalat sambil ngikik pas lagi tahyat akhir. Ngikik baru berhenti pas imam ngucapin salam terakhir hahahaha… kita semua pura-pura ikut salam kiri kanan, hahaha

Bebas dari omelan para ibu-ibu? Nggaa doooongg… Begitu ibu-ibu selesai salam, paling istighfar doang 3 kali, langsung ngocehin kami yang bikin ribut. Mereka menyuruh kami sebaiknya keluar aja dari mesjid daripada bikin ribut, hehehe… Kita sih pura-pura diam aja dimarahin… *Yaaah, Buu… Ibu kaya ngga pernah melewati masa anak-anak aja deh… 😛

Diocehin sama ibu-ibu juga ngga ngefek, begitu orang-orang udah pada mulai shalat witir, kelakuan kita kumat lagi. Ribut lagi, ngoceh lagi, ketawa ketiwi lagi, ngakak ngiki lagi. Begitu shalat udah mau selesai lagi, langsung pura-pura shalat lagi. Dan ntar lagi-lagi diocehin lagi sama ibu-ibu xixixixi.. 🙂

Teman-teman gimana kenangan puasa dan tarawehnya waktu kecil?

36 thoughts on “Taraweh Ngikik ~ Puasa Waktu Kecil

  1. pernah banget kek gitu 😀
    klo sekarang liat anak2 kecil di masjid becanda kayak gitu akunya ngucap2, padahal sendirinya dulu waktu kecil juga kelakuannya gitu 😆

  2. Saya ingat teman-teman saya dulu sibuk banget tukaran catatan Ramadhan pas hari pertama masuk sekolah. Padahal akhirnya juga tidak pernah diperiksa, sih :haha. Meskipun saya tidak puasa, tapi saya bisa membayangkan bagaimana tawa anak-anak saat bulan puasa tiba: pastinya seru sekali! :)).

    “Buya” itu ternyata nama panggilan ya, Mbak? Bukan bagian nama orang, ya? Saya baru lihat penggunaannya di sini :hehe, saya kira awalnya Buya itu nama orang… :)).

      • Iya, sepertinya demikian Mbak :hehe.
        Ooh, demikian… jadi Buya Hamka itu adalah seorang ustad juga ya :)).

      • Iya, dia juga seorang ustad selain sastrawan dan penulis buku… dulunya juga jadi pengurus dan imam mesjid Al azhar juga deh kalao ga salah….

      • Oooh… hebat sekali ya… saya tahunya sebatas penulis Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck :hehe.

  3. Samaaa aku dulu juga tugas ngisi buku catatan ramadhan. Rangkuman ceramahnya dan tanda tangan. Aku dulu kecil kalau puasa suka nyuri2 minum dikamar mandi hahaha. Trus sorenya pura2 lemes, padahal minum air kamar mandi 😀

  4. ya ampun ini masa kecilnya sama banget nih sama akyuu, ada buku catatan ramadhan juga loh, abis taraweh minta ttd imam shalat tarawehnya, dan krn shalatbtarawehnya lama biasanya ikut 2 rakaat abis tu stop 2 rakaat abis tu lanjut lagi 2 rakaat abis tu stop lagi :-)). btw diriku sudah dapat bonus puasa nih,hayya bakalan banyak nih ganti puasanya 😦

    • Iyaa Adhyaa… samaa yaa… kalau sekarang kayanya udah ngga ada deh ya… kayanya loh…

      Harusnya masih ada juga yaa…

      kalau di tempatku shalatnya, 4 rakaat 2 kali plus 3 rakaat…

      Selamat menikmati bonus Anda… 🙂

  5. Saya juga pernah di sana, jadi tukang ribut dan dimarahin ibu-ibu karena berisik. Dan saya yakin kecilnya ibu-ivu itu juga pwrnah dimarahin karena berisik saat orang taraweh. Moral of the story? Masjid itu tempat menyenangkan bagi anak-anak. Jadi ibu-ibu boleh menegur yg berisik tapi jangan keterlaluan. Karena pengalaman di Masjid bersama teman sebaya akan jadi kenangan manis seumur hidup.

    • Iya Uni… seru ya un, puasa masa kecil… Harusnya ibu-ibu itu sangat memahami keributan yang ditimbulkan anak2 ini ya… Negor boleh, tapi jangan sampai nyuruh keluar dari mesjid. Kaya ngga pernah kecil aja mereka, hehe

  6. Pingback: Bukber Paling Berkesan Bagiku : Kabur Manjat Jendela Kelas Yang Tinggi | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s