Marhaban ya Ramadhan, Selamat Puasa Teman-Teman

Tahun-tahun kemaren penyebab terjadinya perbedaan awal mulai puasa kan karena hilal sudah terlihat di atas ufuk. Akan tetapi posisi hilal yang telihat di atas ufuk tersebut berada di bawah 2 derajat. Inilah yang menjadi penyebab perbedaan awal mulai puasa tersebut.

Organisasi Muhammadiyah berpendapat, kalau hilal sudah muncul di ufuk barat, meskipun kurang dari 2 derajat, berarti Ramadhan sudah masuk. Karena Ramadhan sudah masuk, maka kita wajib berpuasa keesokan harinya.

Sementara organisasi NU dan pemerintah berpendapat bahwa, meskipun hilal sudah terlihat, tapi kalau posisinya kurang dari 2 derajat di atas ufuk maka boleh Ramadhan belum masuk. Artinya, pada malam selanjutnya ketika posisi hilal lebih tinggi dari 2 derajat baru dinyatakan Ramadhan sudah masuk.

Dan karena pada tanggal 16 Juni 2015 hilal masih di bawah ufuk, maka semua sepakat Ramadhan belum masuk. Tanggal 17, hilal diperkirakan sudah di atas 2 derajat maka kita semua berpuasa pada hari Kamis, 18 Juni.

Seehari sebelum puasa tahun kemaren aku dengar radio (kalau ngga salah El Shinta yang mengundang seorang ahli dari Lembaga Antariksa Nasional). Setelah menjelaskan tentang hilal dan segala macamnya, dia mengatakan bahwa, Insya Allah selama 8 tahun ke depan tidak ada perbedaan awal puasa (dan idul fitri juga kalau ngga salah). Mudah-mudahan yaaa… amin.

Oya, sepertinya masih ada juga yang berpuasa pada tanggal 16. Karena mereka mempunyai perhitungan yang lain lagi selain melihat hilal. seperti melihat air laut yang sudah pasang. Kalau air laut sudah pasang maka keesokan harinya sudah masuk Bulan Ramadhan. Biasanya ini dilakukan oleh kaum tariqat.

Jadi teman-teman, selamat menjalankan ibadah puasa ya. Mohon maaf lahir batin. Bisa jadi bercanda ketika komen-komenan ada yang menyinggung hati teman-teman tolong dimaafkan ya. Semoga setiap saat kita memperoleh berkah Ramadhan, Amin amin ya rabbal ‘alamin.

Advertisements

22 comments

  1. alhamdulillah kali ini muhammadiyah dan nu serentak mulai puasanya. saya sebagaimana umumnya orang minang, biasanya ngikutin muhammadiyah utk urusan kapan mulai puasa dan lebaran hehehe 🙂
    tapi di daerah2 yang banyak pengikut aliran tarekatnya awal puasa dan lebarannya masih gak sama uni. ada yg lebih dulu dan lebih lambat seperti klo di sumbar ada di padang dan di pariaman

  2. Selamat menunaikan ibadah puasa, Mbak… tanya dong, kaum tariqat itu kaum apa ya Mbak? Beda ya dengan organisasi-organisasi ke-Islaman yang umum kita ketahui? :hehe. Iya, saya juga dengar kemarin di berita kalau selama beberapa tahun ke depan nanti penentuan awal Ramadhan dan awal Syaban sama, mudah-mudahan bisa berlanjut ke tahun-tahun setelahnya ya :amin.

    • Makasih Gara… 🙂

      Kaum tariqat itu adalah kaum yang mendekatkan diri pada Allah… Ibadahnya lebih kuat dari kebanyakan orang. Mereka bisa shalat sunat dan zikir sepanjang malam.
      Mewajibkan shalat wajib 5 waktu di mesjid atau mushala.
      Kaya orang-orang sufi gitulah…

      Dari yang aku dengar selama 8 tahun berikutnya bisa sama. tapi setelah itu bisa beda lagi. Dengan masalah yang sama lagi. hilal (bulan sabit) yang muncul kurang dari 2 derajat di ufuk, seperti yang udah aku jelasin di atas.

      • Aku belum puasa Ail. Ntar kalau sudah puasa, aku bagi cerita diblog rasanya gimana puasa 19 jam. Iya nih lama banget siangnya. Jam 10 masih benderang. Jam 3 pagi dah samar2 semburat mataharinya. Jadi kalau tidur malam rasanya aneh diluar masih terang. Tanggal 21 Juni nanti adalah waktu siang terlama dan waktu malam terpendek di Belanda. Thanks Ail 🙂

        • Jadi malamnya kurang dari 5 jam dong ya… trus kalau shalat magrib isya dan taraweh serta sahur saling sambung menyambung menjadi satu tanpa tidur dong ya. tidurnya abis shalat subuh yang jam 3 pagi dong…

          • Biasanya aku begini : Sholat maghrib jam 10. Trus tidur. Jam 2 bangun, sholat isya, tahajudan (kalo ga males, tapi banyak malesnya), nyambung sholat subuh. Trus jam 3 lebih tidur lagi sampai jam 6 baru bangun. Karena belum puasa, jadi belum tahu deh taktik buka dan sahurnya gimana, secara cuman beda 5 jam 😀

  3. hallo firsty,

    selamat menjalankan ibadah puasa ya.
    itu mesjid di padangkah? sempet kaget liat warna umbul-umbulnya…. tapi itu memang warna minagkabau ya.

    salam
    /kayka

    • Selamat menjalankan ibadah puasa juga Kayka? Gimana puasa di sana?

      Iya itu di Padang, tepatnya di kota Solok… Hayooo, kaget kenapa? Dikirain bendera Jerman yaah? hehehe

      Emang Minangkabau saudara setanah air dengan Jerman (diliat dari Jerman) hahaha *candaan garing… 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s