Pusat Perhiasan Mutiara Air Tawar Sekarbela, Lombok

DSC03775

Yang namanya jalan-jalan pasti kita mikir oleh-olehnya. Dan yang namanya daerah wisata, pasti ada yang namanya pusat oleh-oleh daerah tersebut. Begitu juga dengan Lombok, punya pusat oleh-oleh atau cendramata.

Salah satu cendramata atau oleh-oleh kerajinan Lombok yang terkenal adalah mutiara air tawar yang dibudidayakan. Pusat penjualan mutiara air tawar Lombok berada di daerah Sekarbela, Ampenan, Mataram. Mutiara air tawar Lombok konon katanya merupakan salah satu mutiara air tawar yang berkualitas bagus di dunia.

Di daerah Sekarbela ini banyak toko mutiara yang berjejer di sepanjang jalan. Ngga cuma di sepanjang jalan utama saja ada toko penjualan mutiara, di jalan kecil dalam gang yang berada di sepanjang jalan tersebut juga banyak pertokoan mutiara. Tinggal pilih toko yang sesuai selera aja.

Umumnya penjual mutiara terdiri dari banyak keluarga yang bersaudara. Maksudnya satu keluarga besar yang mempunyai beberapa keluarga sama-sama menjadi penjual mutiara dan mempunyai toko masing-masingnya. Begitu juga beberapa keluarga besar lainnya, juga menjadi pedagang mutiara air tawar.

DSC03783Soal harga, dari beberapa toko yang aku coba tanya, bisa dibilang relatif sama antara satu toko dengan toko lainnya. Harga yang ditawarkan ke pembeli bisa dibilang harga pas, hampir ngga bisa ditawar sama sekali. Kalaupun bisa ditawar paling diskon 5 ribu doang. Tapi kalau beli di hotel harganya bisa lebih mahal tiga kali lipat… 😛

Bagi yang mau nanya lokasi Sekarbela ini, aku ngga bisa jawab dengan pasti, karena kemaren jalannya pake mobil sewaan. Jadi ngga tau arah pastinya. Bisalah tanya orang sana aja, atau liat google maps. Kota Mataram ngga terlalu besar, bisa dibilang muter-muter di situ doang, jadi ngga usah takut bakal kesasar, hehehe…

Aku sih di sana ngga beli apa-apa buat oleh-oleh. Cuma beli satu gelang doang pesenan temanku. Kan aku niat jalan ke Lombok dadakan jadi ngga ada persiapan sama sekali buat beli oleh-oleh, hehe…

Buat kamu yang mau jalan Lombok, bisa puas-puasin belanja mutiara air tawar di siniii… Selamat bershoping riaaa yaaa… 🙂

Advertisements

19 comments

  1. Oalah, Scrabble :haha. Dari Sekarbela jadi Scrabble, begitulah kami biasa menyebutnya :wkwk.
    Paling gampang ini diakses dari bandara lama (Bandara Selaparang), Mbak. Dari Jl. Udayana lurus terus ke selatan, melewati perempatan Bank Indonesia, Perempatan Airlangga, Perempatan Pemuda, sama Perempatan Majapahit kemudian terus sampai di daerah pusat mutiara (ada toko bangunan besar di kanan jalan), kemudian belok kanan, sampai deh di Sekarbela :hehe.

    Mutiara di sana memang bagus-bagus dan yang terbaik. Sudah terkenal sampai seantero negeri bahkan hingga mancanegara. Di sana memang pusatnya, bahkan sebuah kampung di sana dinamakan Kampung Pande karena mayoritas penduduknya bekerja sebagai pembuat perhiasan dengan mutiara :)).

    • Jadinya sebutan kerennya scrabbel yaa? Heheh kaya mainan ya?

      Makasih Gara udah ngasih tau arahnya…. ntar aku edit deh… 🙂

      Iya beneer katanya udah terkenal juga di dunia yaa… Secara mutiaranya emang bagus2 keliatannya…

      • Iya, Scrabble :hihi, soalnya huruf a di akhir kata Sekarbela itu dibacanya e pepet Mbak :hehe.
        Yap, mutiara di sana memang bagus-bagus :)).

          • Yap, demikianlah membacanya :)).
            Hah masa sih? Bukannya besarnya mestinya tetap ya :hehe. Saya tidak punya mutiara jadi saya kurang tahu apakah mutiara itu bisa membesar atau tidak :hehe. Tapi unik juga ya, mutiara membesar… jangan-jangan itu bukan mutiara?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s