Ujian Topik Bikin Mabok

maap... gambar ga singkron hehe

maap… gambar ga singkron hehe

Hari minggu kemaren aku ikut ujian TOPIK. Itu semacam Toefl bagi bahasa korea. Ujiannya dilakukan di sekolah Korea JIKS (Jakarta International Korean School), di Ceger, Cijantung, Jakarta timur.

Jujur aja, gue nyerah abis sama ini ujian *kibarin bendera putih*. Dari awal daftarnya aja udah butuh perjuangan. Terakhir daftar itu kan tanggal 9 Februari lalu. Pas banjir kemaren gue harus menerobos hujan dan banjir. Berangkat jam 10 an eh pulangnya abis magrib. Yang bikin lama adalah nunggu temen gue di baswei. Tapi dia jadi nyampe karean kejebak banjir. Dan jadilah aku pendaftar terakhir.

Tadi pas nyampe aku telat gegera di buswei yg lama banget. Padahal udah estimasi lebih cepat satu jam, tapi tetep aja telat. Pas naik ke lantai 3, mba-mba korea yang bertugas registrasi peserta ujian nyuruh cepet-cepet. Buru-buru aku kasih kertas bukti ikut ujian. dan mereka berlarian nyariin kartu ujianku dan indah.

Sialnya yang pertama adalah  듣기 atao listening. Untung telatnya cuman 1 soal. Jadi masih bisa ikut dari awal. Tapi kan bikin konsentrasiku buyarkan yaa. Apalagi 듣기 deudgi. Ini susyee minta ampun. Yaaaah wassalam deh. Nyeraaaah tanpa syarat. *bendera putih berkibar*

Pas sesi keduanya ilgi 읽기 alias reading. Naah ini lagi yang bikin mabok juga. Asli puyeng banget aku. Udahlah kosakatanya banyak yang ngga ngerti, kalimat dan paragrafnya panjang-panjang lagi. Kepalaku cenat cenut. Luar biasa pusing hahaha.

Aku ngerasa ‘gue oon banget apa ya??’ Tapi ternyata orang korea yang duduk dibelakang orang yang di samping kiriku, kok ya cepet-cepet amat ya balik-balik soalnya ya? Apa dia tinggal baca sekilas trus langsung kasih bulat-bulatin aja gitu?? Cewek di samping kiriku sepertinya juga udah nyerah dah. Atau mereka emang orang pinter trus tinggal jawab aja isinya gitu?

Baru juga setengah jam ujian berlangsung atau mungkin malah kurang, cewek korea di depanku tiduran. Sekitar 5 menit atau 10 menit kemudian cewek korea yang dusuk dua bangku di depanku juga ikut-ikutan tidur. Ngga ngerti deh aku mereka udah kelar atau udah nyerah liat soal-soal yang bikin mumet ituu.

Mungkin aja mereka udah kelar karena yang diujianin kan bahasa mereka jadi kegampangan buat mereka. Atau juga mereka juga ngerasa itu soal-soal susah bingiiiits ya? Sama kita yang liat soal bacaan bahasa Indonesia yang njelimet, bikin mabok. Emangnya nyari kalimat utama, paragraf kalimat, topik kalimat itu gampang? Banyak yang bilang ngga kan? Susahnya minta ampuun.

Eh orang korea yang tidur(an) di waktu ujian ngga cuma yang dua orang di depanku. Satu lagi yang tiduran ada di belakang orang yang duduk di sebelah kanannku. Laaaaaah??? Itu mereka kepintaran atau udah nyerah yaa? *ini pertanyaan gue udah berapa kali yakk??* haha

Alhasil saking mualnya aku liat bacaannya, kepalaku puyeng hebaatt… Mataku jadi nanar, hahaha. Dan tiba-tiba si pengawas cowok yang selalu muter-muter di depan ngomong. Aduuuhh…. Suaranya yang berat begitu gagah tapi lembut bikin nyaman di hati pas dengernya dia ngomong. Dan bikin pala yang panas berasap jadi adeeemm. *ngebayangin Bae Yong Jun Oppa, wkwkwkwkkwkw…

Tapi yang dia bilang adalah : 시간이 십 분 나왔습니다… alias waktunya sisa 10 menit lagi… Haaaa??? 10 menit lagi??? Huhuhuhu… Tiba-tiba aja suara beratnya yang tadi bikin klepek-klepek malah bikin leher tercekeekk… Dan suaranya yang tadi bikin pala panas jadi adem, sekarang malah bikin pala makin mendidih saking ngga enaknya info yang ia sampaikan…😦

Aku baru nyampe no 25. Haaaa??? Gimana ini??? Gimana ini??? *panik* Masih ada dua puluh an soal lagi yang harus dijawab…huaaaaa… Apa yang harus aku lakukan, huaaaaaaaaa… Gue segera teringat nobita. “Doraemooooonnnn… Tolong akuuuuu… Doraemooonnn…. Tolong pinjamin aku kantong ajaiiiiibbb…huhuhu… *nangis meraung ala nobita, air mata muncrat ke samping*

Okee… Ga ada pilihan lagi. Mau ngga mau harus gambling dong yaaa. Aku harus buletin semua jawaban tanpa perlu baca lagi. Untungnya kan ngga ada sistem mengurangkan nilai kalau salah kan yaa. Ya udah aku isi semua jawaban yang kosong dengan jawaban no 2, hehehe.

Pertimbanganku dengan satu pilihan jawaban adalah, peluangku lebih besar dengan satu pilihan daripada dua pilihan. Jika ada 8 soal yang jawabannya no 2, maka otomatis jawabanku sudah benar 8, hehehe. Tapi kalau aku pilih ngacak, maka peluangku pasti jauh lebih kecil.

Udah selesai bulet-buletin semuanya, aku ikut-ikutan duduk manis. Mungkin kalau ada panitia yang liat jawabanku pas ketawa kocak atau geleng-gelang kepala aja kali ya. Atau komputer pemeriksanya malah ketawa ngeledek baca jawabanku, hahahahaha….

Daannn saking panasnya kepalaku, misalnya ni yaa, telur ayam ditarok diatas palaku, mungkin langsung mateng, dah hahaha… Pundakku langsung berat juga hahaha…

Soal hasilnya… Udah nyerah aja deh… Semoga bisa lolos aja dah, hehehe *ketawa kecut*

Ini postingan udah didraft sebulanan lebih, udah 5 mingguan, hehe… baru posting sekarang…😛

23 thoughts on “Ujian Topik Bikin Mabok

  1. wah2 hebat dirimu ternyata ikutan ujian bahasa korea,,luar biasa saluut! aku juga kayaknya pengen banget bisa belajar bahasa korea *bahasa italia aja masih tiarap pede banget mau belajar bahasa laen lagi*😀

  2. Haha aku ngakak baca ceritamu 😅😅 bayangin suasana didalam sama dirimu yang panik. Haduuhh aku tes TOEFL aja sering ngantuk kalo pas reading saking ga paham maksud isi bacaannya yang mbulet haha. Kereeen ih sudah ikutan TOEFLnya bahasa Korea. Hasilnya ok kan?

  3. Keren banget ikut ujian bahasa Korea :hehe. Seumur-umur, ujian bahasa asing yang baru saya ikuti cuma TOEFL :haha. Share tentang sistem ujiannya dong, Mbak, reading sama listeningnya seperti apa :)).
    Jadi bagaimana hasilnya, Mbak? Semoga memperoleh hasil yang terbaik yah :hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s