Jalan-Jalan Nekat ke Bali Sendirian

Pura Tanah Lot ~ Firsty ChrysantIni catatan bulan Mei dua tahun lalu… (lama amat ngendon di privat nih, hehe)

Inpulsif dan nekat, ini mungkin kata yang tepat ditujukan pada gue. Gimana nggak, tiba-tiba saja gue pengen ke Bali, mumpung ada libur akhir pekan yang panjang karena ada harpitnas alias hari kejepit nasional ada hari Kamis.

Malam harinya kepikiran ke Bali, paginya langsung putusin jalan. Padahal gue sama sekali belum pernah ke Bali.  Yang kaya gitu, melakukan sesuatu tanpa berpikit dulu di padang disebut ilmu koncek alias ilmu katak.. Selasa malam telponan sama sepupu yang tinggal di Bali, eh, rabu paginya mutusin jalan ke Bali.

Mungkin bagi teman-teman udah terbiasa traveling kemana-mana baik rame-rame atau sendirian kaya noni khairani yang emang traveling ke mana. Atau bijo si bawang ijo yang juga udah mengembara kemana-mana juga dan teman-teman lainnya. Tapi bagi gue, jalan sendirian ke Bali termasuk kategori nekat. Karena gue jarang banget traveling apalagi jalan-jalannya. Daaann sendirian dalam kondisi tongpes lagi alias kantong kempes, hehehe.

Di rekening tabungan gue tuh, sejuta juga ngga ada, belum lagi dikurangi saldo minimum yang harus tersisa di rekening, saldo minimal 100 rebu. Bayar ongkos 425 ribu naik bus Lorena bikin saldo yang tertera kurang dari 500 rebu. 400 rebu-an doang, ke bali lagi, mampuuss dahh, hehehe. Tapi gue tetap melenggang kangkung ke Bali, hehehe…

Tujuan naik bis sih cuma ngerasiain sensasinya aja (modus, padahal ga sanggup aja beli tiket pesawat, hehe). Gue sangat menyukai perjalanan bis. Bisa dibilang selama perjalanan di bis gue ngga tidur karena seneeeng aja liat-liat jalanan, sawah, perbukitan, perkampungan atau kota yang dilewati. Makanya kalau naik bis selaluuuu berusaha duduk di kursi paling depan.

Tanah Lot ~ FirstychrysantGue berangkat jam 5 dari pul bus Lorena di Cilandak, mampir dulu di Lebak Bulus, sebelum masuk tol Cikampek. Oalaaah… Mungkin karena libur panjang, pintu keluar tol Cikampek muaceet. Jakarta – Cikampek 4 jam lebih booo…

Pengen muntah deh gue saking senewennya gue karena jalananya mandek gitu. Benar-benar pusing dan sakit pala jadinya. Gimana ceritanya orang yang mudik lebaran ke daerah Jawa Tengah yaaa… Yang harusnya 10 jam jadi 24 jam lebih, bahkan 30 jam, Nggak kebayang deh ma gueeee… Gue sih fine-fine ato betah aja di bis sampe 30 – 40 jam Padang – Jakarta naik bis, selain karena gue suka naik bis, jalanan ke sana ngga pernah maceettt… Jadi gue angkat topi dan 4 jari buat pemudik ke Jawa setiap lebaran yang berani ambil resiko mauacettt… ^__^

Perjalanan pantai utara lantjar jaya sampai perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tapiiii, di daerah Tuban, kembali macet menghadang. Udah macet total, bau amis lagi. Bau ikan masuk ke dalam, wadooohhh…  Itu diam hampir 3 jam lebih, belum lagi di daerah lainnya (masih di daerah Tuban) juga macet sekitar 2 jam. Total sia-sia 7 jam lebih, huhuhuhu… Eh, pas naik kapal juga antri dan nunggu 1 jam, jadilah waktu yang tersia-siakan selama 8 jam.

Akhirnya gue nyampe terminal Denpasar (ngga tau namanya) jam 6 WIB 7 WIT kurang. Tapi gue memilih turun di pul Lorena yang ada di daerah Sanur.

20130510_171130Daaaannnn taraaaaa… gue nyampe Bali kaya jadi anak hilang yang ngga jelas mo kemana, untung juga masih di dalam wilayah kesatuan nasional RI tercintaaahhh…hahaha. Gimana kalao ke luar negeri kaya bijo dan noni dan teman-teman lainnya yaaa…

Sambil ngegeret tas kecil jalan ke rumah makan padang yang udah buka di dekat pul Lorena, dekat dengan polisi Sektor Sanur Selatan. Karena makannya belum ada yang jadi, ya udah gue pesen teh anget buat ngeganjal perut, sambil nyolokin hp yang mati dari kemarin.

Gue juga buka laptop di sana, trus search penginapan murah di Kuta…. Dan ternyata ngga mudah nyari penginapan (murah) yang sesuai bajet, hehehe. Secara waktu itu kan peak season banget ya, karena kamis tanggal merah dan jumatnya kejepitnas, jadilah Bali ‘diserbu’ wisatawan domestik.

Trussss, gimana dengan saudara sepupu gue yang tadinya udah “spik-spik” nawarin gue main ke Bali…? Yaaah, ternyata cuma spik-spik basa basi doaaanggg. Selama di bis (lebih dari 24 jam) gue nelpon dia berkali-kali tapi nggak bisa-bisa masuk. Hp-nya tiba-tiba kaya mati, trus sesekali nyala (ketauan pas ada laporan sms terkirim). Pas gue telpon lagi, nggak diangkat-angkat, dan mati lagi. Berkali-kali kaya gitu. Bikin esmosi nggaaakkk? *emosi jiwa gue*

Secara gue kan ini perdana pergi jalan sendiri dan gue tipe orang yang susah tidur kalau bukan di kamar (kos) gue atau di rumah di kampung sana. Setidaknya, gue mikir kalo gue nginap di tempat saudara gue sendiri paling nggak gue agak-agak lebih nyaman lah tidurnya. Eh, dianya malah ngga ngejawab puluhan kali panggilan gue…..hiiiikssss.

2 thoughts on “Jalan-Jalan Nekat ke Bali Sendirian

1. Pingback: Awalnya Mau ke Bali atau Padang, Tapi Nemplok di Negeri Singa | Firsty Chrysant

2. Pingback: Nekat ke Bali Sendirian (bag. 2) : Nyari-Nyari Kamar Penginapan | Firsty Chrysant