Pantai Seger, Kuta ~ Lombok

Pantai Seger

Pantai Seger

Seabis dari Pantai Tanjung Aan, kami melanjutkan halan-halan ke Pantai Seger. Pantai Seger ini salah satu pantai yang berada di kawasan atau deretan Pantai Kuta. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Pantai Kuta dan Pantai Tanjung Aan.

Namanya sih pantai Seger. Tapiii, tempatnya sama sekali ngga seger. Malah puanaaaasss banget. Hampir gga ada pepohonan di sana. Jadi nama bisa jadi tidak bermakna yaaa… 😛

Sama seperti Pantai Tanjung Aan, pasir pantai Seger juga seperti butiran merica. Hanya saja bagian pinggir Pantai Seger yang kami kunjungi ini agak curam dari area parkir ke arah batas tepi air. Jarak pinggir pantai dengan batas air dekat tetapi tidak landai, terlalu miring.

Kayanya kalau air pasang naik, agak berbahaya bermain air di sini. Apalagi pasirnya yang seperti merica ini membuat pijakan kaki tidak akan kuat, seakan semakin terisap ke dalam pasir. Tetapi mungkin bagi yang suka surfing, ini pantai bagus banget kali ya.

Sisi pantai yang kami kunjungi ini diapit dua bukit yang menjulang di pinggir pantai. Banyak pengunjung sengaja mendaki kedua bukit tersebut untuk melihat pemandangan laut lepas dari atas bukit. Aku yakin dari atas sana, pemandangan pantai seger ini sangat bagus. Tapi, saat itu, aku sama sekali tidak berniat mendaki bukit tersebut, meskipun bakal dihadiahi pemandangan yang sangat indah.

Di sebelah kanan salah satu bukit (kita menghadap ke arah pantai), ada patung Putri Mandalika. Putri Mandalika ini adalah tokoh cerita atau legenda dari Pulau Lombok. Pantai pada bagian patung ini landai, tapi sepertinya tidak ada pohon tempat berteduh di sana.

Foto Mba Nuke

Foto Mba Nuke

Pada bulan Februari atau Maret di Pantai Seger dan Pantai Tanjung Aan diadakan perayaan Bau Nyale. Perayaan Bau Nyale ini adalah perayaan munculnya cacing dari laut. Cacing nyale ini diyakini rakyat setempat sebagai perwujudan dari Putri Mandalika yang tidak ditemukan setelah terjun ke laut. Cacing nyale diyakini mempunyai gizi yang tinggi sehingga cacing laut ini di konsumsi sebagai makanan bagi masyarakat sana ketika perayaan Bau Nyale.

Oya, kembali ke laptop yaa…

Jadi, secara umum bagiku, pantai ini biasa aja. Ngga direkomendasikan untuk di datangi. ngga ada yang istimewa selain pasir merica, cacing bau nyale dan kisah Putri Mandalika. Tapi bagi yang bisa naik ke bukit di pinggir pantai, pemandangan pantai ini bagus kali yaa… Kalau semisal ngga ke sini pun ngga apa-apa, ngga rugi.

Dan sepertinya pantai Kuta yang tidak kami datangi lebih direkomendasikan untuk dikunjungi… 😛

Sama seperti di Pantai Tanjung Aan, kami juga tidak lama berada di sini. Paling hanya satu aja di sini. Yang penting udah menjejakkan kaki di sini. Dan juga buat barang bukti kalau udah main ke pantai seger ini. Dan paling ngga, mulai dari abis zhuhur sampe jam setengah 5, kami bisa mengunjungi 3 tempat wisata : Kampung Sade, Pantai Tanjung Aan dan Pantqi Seger. Daaan sebelumnya sempat mampir dulu Sekarbela, pusat mutiara air tawar dan pasar Cakranegara, Mataram.

Pulang dari pantai Seger dan Tanjung Aan kami kembali ke Bandara Internasional Lombok, menjemput tamu lainnya. Pas di bandara ini nih terlihat matahari tenggelam yang sangat bagus. Kalau saja saat ini di pantai, pasti sunsetnya.bagus banget huhuhu…

This slideshow requires JavaScript.

11 thoughts on “Pantai Seger, Kuta ~ Lombok

  1. ahahaha,namanya pantai seger tapi tempatnya malah gak seger sama sekali ya, di pantai seger gak ada pedagang yang jualan2 minuman seger macam kelapa muda dll gak?

  2. Terakhir ke Lombok saya memang tidak ke pantai ini sih Mbak, dan tidak apa-apa juga sih ya, karena pantai ini agaknya hanya ramai saat Bau Nyale :hehe. Meskipun saya belum pernah ke sana langsung tapi melihat gambar-gambar ini cukup puaslah :hehe.

    • kayanya iya, ramenya as bau nyale ajaa… Dan sepertinya kalau ngga ke sini juga ngga apa2 deh… 😛
      Mending cari pantai lain. Aku ngga ke Mawun, tapi kayanya mawun jauh lebih indah dari tjg aan

  3. oalah cacing dimakan gak kebayang deh.

    eh iya belut searah-arah cacing juga deh, maksaaa hahhaha
    enak lho belut kering 🙂

    salam
    /kayka

  4. Pingback: Bukit malimbu ~ Lombok | Firsty Chrysant

  5. Pingback: Objek Wisata di Lombok : Kemana Saja Kamu jalan-Jalan di Lombok? | Firsty Chrysant

  6. Pingback: Foto Jalan-Jalan ke Lombok | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s