Bunga Masamba Biru or Hortensia Biru ~ Blue Hydrangea or Niebieska Hortensja

Waktu aku main sama teman ke Rumah Puisi Taufik Ismail, aku nemu bunga yang berwarna biru. Senaaang??? Pastinya senang dong.. kan bunga yang berwarna biru jarang banget ada kan? Paling ngga jarang ketemu deh…Jadi karena ketemu bunga warna biru di sini, sekalian aja aku abadain di kamera sakuku yang tersayang.

Kata temanku, yang ternyata menyukai bunga ini, namanya bunga Masamba. Woowww…. namanya baguus jugaa dan terdengar unik. Dan ternyata ya, pas aku search nama bunga ini, ngga banyak keterangan yang bisa di dapat di mbah gugel.

Ketika diketik bunga Masamba biru, tidak banyak artikel bunga Masamba. Yang banyak muncul adalah video lagu dan (sedikit) artikel tentang lagu Bunga-Bunganna Masamba, dari Sulawesi Selatan. Ternyata, Masamba adalah nama kota yang ada di Luwu Utara, sulawesi Selatan, hehehe.

Waktu aku ketik Masamba Flower pun, yang muncul malah gambar orang-orang yang (kebanyakan) negro atau karibia yang sedang bernyanyi. Mungkin juga mbah gugelnya mikir gue nyari kata tarian samba kali ye, makanya yang mucul adalah orang-orang negro amerika selatan.

Pesaran banget deh gue sama ini bunga, cari lagi dengan menggunakan kata masamba, maka muncul sat atau dua bunga yang sama dengan bunga yang fotonya kupunya. Dari sana aku searc lebih jauh lagi, ketemu blog yang bukan berbahasa Inggris. Kalau diliat mungkin bahasa Polandia karena ada (domainnya ya istilahnya) dot pl di belakangnya.

Dari situ aku (nebak-nebak sih) tau namanya Hortensja. Googling lagi dengan kata kunci Hortensja, daannn yessss, akhirnya muncul banyak gambar-gambar yang aku cari. Banyak bangat ternyata varietas bunga Masamba. Dan juga baaaanyakk warna. Ada biru, merah, kuning, ungu, putih, nila dan lainnya. Seneng deh, akhirannya ketemu banyak bunga yang berwarna biru….🙂

Nama Latin bunga Masamba atau Horensja ini adalah Hydrangea. Tapi nama lainnya adalah Hortensia. Apa dan gimana bunga hortensia ini, aku ngga ngerti, xixixi… Soal bunga hortensja ini, mungkin Mba Nel alias maknya Benyamin ngerti kali yaaa… Moga aja Maknya Ben mampir di sini, hehehe…🙂

Daaannn…. Masamba biru yang bikin gue ileran seiler-ilerannya alias iler sejadi-jadinya ada di sini, huhuhuhu…

Masamba Birunya kereeen yaaaa... :)

Masamba Birunya kereeen yaaaa…🙂 Sumber gambar

15 thoughts on “Bunga Masamba Biru or Hortensia Biru ~ Blue Hydrangea or Niebieska Hortensja

    • Iya non… Aku juga baru tau namanya waktu liatnya di rumah puisi. Temanku yg tau…🙂

      Nama eropanya juga bagus ya… Hortensia… Kayanya pernah ada nama dalam karakter telenovela deh hehehe *korban telenovela jg dulu hehe

  1. Hortensia kalau di jerman mah.. Kembang borondong kata urang Sunda mah, krn ngumpul dan bentulnya kd kaya berondong manis… Eeeh ini makanan ya bukan “berondong” hahaha

  2. My fave flowers jugaa, di rumah ada 5 pohon yg ditanam 2 tahun lalu jd masih kecil2 tp bunganya udah banyak, ada 2 yang warna biru seperti di foto itu, sisanya fuchsia , pale pink, dan putih🙂
    Sebenernya ini bunga yang ngetop di jaman dulu, dan kembali lagi menjadi hits…xixixi

  3. Aku juga ngiler lihat Hortensia (Hydrangea)😀 .. Pernah beli sekali yg warna merah trus mati, kapok beli lagi krn mahal. Hortensia cocoknya ditanam ditanah langsung, klo dipot butuh pupuk yg banyak dan pupuk di tempatku mahal banget, trus tanaman tsb sukanya ditempat sejuk, taruh luar kepanasan, taruh dalam rumah ga cocok, jadi paling cukup puas memandanginya saja klo ke toko tanaman😉 .

    Untuk mempertahankan warna biru harus dikaish pupuk khusus untuk hortensia biru. Tanah yang bersifat asam menghasilkan bunga yang berwarna biru. dan tanah yang bersifat basa menghasilkan bunga berwarna merah jambu atau ungu. Hortensia merupakan salah satu dari tanaman yang pada daun bunga mengumpulkan unsur aluminium yang dilepaskan tanah yang bersifat asam sehingga bunga menjadi berwarna biru. Info lainnya bisa lihat di wiki: http://id.wikipedia.org/wiki/Hortensia

    • Selamat tahun baru Mba Nel….🙂

      Bikin ngiler birunya ya Mba nel…🙂

      Oooo.. Jadi, dalam bibit yang sama jika di tanam di tanah yang beda ph bisa menghasilkan warna yang beda ya mba Nel…

      Berarti bunga tersebut bisa jadi indikator tanah tempat dia ditanam dong yaa…

      Ntar coba cari ah, bibit bunga ini… tanam di rumah…🙂

      Makasih infonya Mba Nel…🙂

  4. Pingback: Bunga-Bunga Taman Rumah Puisi Taufiq Ismail | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s