Teman Kos Kemalingan di Kos

CIMG2036

Dua hari yang lalu, salah seorang warga kos di kosanku bunga (nama asal nyomot ya) dapat musibah. Ia kehilangan hape selang 10 menit ketika sedang buang air besar di kamar mandi. Dia meletakkan hapenya di meja kamar sebelum ke kamar mandi. Dan sepuluh menit kemudian hapenya hilang.

Hape yang hilang ada dua. Satu samsung S4, dan satunya lagi Blackberry (ngga tau tipe apa). Satu tab-nya, tab asus ga ilang karena dia bawa ke toilet. Dan satu lagi hapenya selamat dari tangan si maling karena berada di dalam tas. Jujur aja, baru kali ini aku merasa ada manfaatnya membawa hape ke toilet saat buang hajat.

Selama ini aku (selalu) ngga habis pikir dengan orang-orang (kos) yang bisa chat atao bbm-an sambil duduk nongkrong sambil buang hajat atau juga sambil mandi (eh ini beneran loh). Kalau toiletnya toilet pribadi di kamar sendiri mungkin masih memding ya duduk berlama-lama di atas wc sambil chat dengan dengan orang lain. Laaahh iniii, udahlah toiletnya toilet kos-kos an low budget kaya kos aku, wc-nya wc jongkok lagi.

Tapi sekarang diambil hikmahnya chat sambil buang hajat. Satu hape tab selamat dari kejahatan. Coba kalau teman kosku, si bunga tersebut ngga bawa tabletnya ke toilet, mungkin tabletnya ikut raib juga diembat si maling.

Sebenarnya kejadian kehilangan hape kaya gini cukup mengagetkan di kosku. Maklum selama ini alhamdulillah selalu aman dari kejadian seperti kemalingan atau pencurian lainnya. Sebagian kami bahkan terbiasa kalau ke warung atau nyari makan (malam di warung pecel ayam) yang lamanya lebih dari sejam, meninggalkan kamar tanpa dikunci atau di gembok, hanya tertutup aja.

Posisi kamar si bunga ini adalah kamar pertama begitu masuk lorong dari ruang tamu. Adanya di bagian kanan. Saat itu kamar kamar yang tidak sigembok cuma kamar si bunga. Kamar yang lainnya di gembok. Jadi, wajar aja si maling liatnya ke kamar si bunga duluan.

Sebenarnya pintu kamar bunga bukan kamar yang terdekat dengan ruang tamu. Si bagian kiri lorong, persis di belakang pintu yang ke arah lorong dari ruang tamu ada satu pintu kamar. Tapi pintu kamar ini ngga keliatan karena posisinya persis di pojok sebelah kiri di belakang pintu. Dan pintunya pun lebih kecil dari pintu kamar yang lainnya. Jadi ketika ada orang masuk lorong dari ruang tamu ngga bakalan nyadar ada pintu kamar di sebelah kiri. Apalagi kalau pintu yang dari lorong ini dalam keadaan terbuka, maka pintu kamar pertama di sebelah kiri ini ngga keliatan sama sekali.

Tapi maling ini bener-bener nekat loh. Karena walaupun satu-satunya kamar yang ngga digembok saat itu, di dalam kamar kan terdengar ada musik yang nyala, harusnya berpikir ada orang di kamar kaan. Tapi si maling tetap nekat buka pintu kamar orang walaupun terdengar ada musik di dalam. Dan…tadaaaa, tebak-tebak buah manggis, si pemilik kamar lagi ngga ada, dan tergeletak dua biji hape di atas meja. Dan hape itu pun akhirnya berpindah tangan.

Karena situasinya kaya gitu, ngga terdengar ada orang yang masuk sama sekali, pagar pun ngga kedengaran ada yang buka, ada yang curiga jangan-jangan pelakunya adalah penghuni kos juga. Wadduuhh, daku termasuk yang tertuduh doonngg…, dan yang ngomong ‘bisa jadi pencurinya anak kos juga’ pun bisa jadi tersangka dongg. Karena kalau ngga salah anak kos yang masih di kos ada ber-4 orang, plus si mba pengurus kos, jadi 5 orang.

Aku langsung nyeletukk, “Brarti lo juga tersangka dan tertuduh dong?” Eh dia malah sewot dengan celetukanku… “Enak aja! Gue masih tidur kalii” Jawabnya kesal. Laah, kan lo bilang, ngga mungkin pelakunya dari luar, bisa jadi orang dalam, hehehe.. lo termasuk tersangka dong yaaa..

Makanya kalau ngga mau dituduh, jangan nuduh orang ya tanteeee… Daaannn mulut jangan asal mangap aja kalau ngomong ya tantee… 🙂

Tapi… Dari kejadian ini, diambil hikmahnya biar lebih berhati-hati aja. Kalau yang tadinya aku nyari makan ninggalin kamar tanpa dikunci, mulai sekarang harus di kunci. Lebih baik mencegah kan yaaa. Karena ngga cuma fisik dan nominal barang itu aja yang hilang tapi juga data-data dan file yang ada di dalamnya. Dan data atau file-file tersebut jauuuhh lebih berharga kan yaaa…

Audzubillahi min dzalik… Amin…

Advertisements

18 comments

  1. Itu ceritanya hp di kumpulin dulu semua trus baru di foto ya hehehe. aku jg sering bawa blackberry ke toilet cuma buat dengerin lagi di dalam toilet 😀

  2. duh kasian bngt, turut sedih buat musibah temenmu yah 🙂
    aku juga mikirnya salah dia yg ceroboh sih, biar jadi pelajaran aja say, next time harus selalu dikunci kamar kostnya even cuma ke wc.. serem bngt yah maling2 berkeliaran huhuhu

    • Mbaaa tiiinnnnnn…. apa kabar dirimu Mbaa… I miss u dehhh… 🙂

      Iya mba… aku juga ngga abis pikir dengan orang yang bisa nongkrong lama2 di toilet, xixixi.

      Iya mba sekarang jadi harus lebih berhati-hati…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s