Jalan-Jalan ke Danau Diateh (Danau Kembar), Mesjid Tuo Kayu Jao dan Kebun Teh Alahan Panjang

Firsty Kebun Teh Alahan Panjang

Sebagai seseorang yang tinggal di Jakarta sendirian, pulang saat lebaran adalah hal yang sangat dirindukan. Ngga asyik lebaran sendirian di Jakarta. Jadi, ada duit ngga ada duit, yang penting pulang.  Karena lebaran adalah hari bersama keluarga di kampung. Teman-teman lama juga deng, tapi sebisanya sih.

Pas lebaran kemaren, sama seperti lebaran sebelumnya, aku hampir ngga kemana-mana. Hanya di rumah aja. Jadi pengasuh keponakan-keponakanku. Baru pada hari ke lima lebaran aku dan dua sahabat smp-ku pergi jalan ke Danau Kembar Alahan Panjang. Sekitar satu setengah jam dari rumah.

Kami bertiga pergi ke Danau Kembar alias Danau Diateh dan Danau Dibawah dengan mengendarai motor. Dua temanku dengan satu motor, sementara aku sendirian dengan satu motor juga. Hiksss sedih sih sendirian doang…, tapi mo gimana lagi, kami cuma bertiga, sementara temanku yang satu lagi lebih jago bawa motor. Makanya temanku yang ngga bisa bawa motor memilih bonceng di motor yang satunya. Tapi walaupun cuma bertiga doang tetap asyik sih, hehehe…

Mesjid Tuo Kayu Jao, Solok
Mesjid Tuo Kayu Jao, Solok

Rencana awal kami berangkat jam setengah 8 pagi, tapi pada akhirannya baru jalan jam setengah 10. Gegera satu temanku sms pagi-pagi, minta kami jalan jam 9 an aja. Makanya baru jalan jam setengah 10. Eh udah gitu, mereka berdua katanya belum sarapan, jadi mereka sarapan dulu, makan ketupat di warung. Hadeeeuuhhh…. Teteup aja ya ngareeett yaaa… 😦

Jam setengah 11 baru capcus ke Danau Diateh, Alahan Panjang. Jalannya sih santai aja, biar menikmati perjalanan. Sebenarnya ya, aku tuh pengen moto-in bunga-bunga yang banyak tumbuh di sepanjang jalan. Baik yang tumbuh di halaman rumah orang, pinggir jalan, atau di semak-semak liar di pinggir jalan. Bunga-bunga beragam jenis dan berwarna-warni. Tapi berhubung motor temanku jalannya di depanku, mau ngga mau aku meredam keinginan tersebut, dan mengikuti laju motor temanku, huhuhu…

Di satu tempat di pinggir jalan, kami berfoto-foto di pinggir perkebunan teh di daerah Batang Barus. Banyak tempat yang bagus dengan latar belakang perkebunan teh yang bisa dijadikan tempat untuk berfoto-foto. Apalagi kalau bisa jalan ke bagian perkebunan dalam, maksudnya yang bukan di pinggir jalan, jauh lebih bagus lagi.

Mesjid Ummi, di pinggir Danau Diateh
Mesjid Ummi, di pinggir Danau Diateh

Kami juga mampir di Mesjid Tua Kayu Jao, kenagarian Batang Barus, kecamatan Gunung Talang. Mesjid tersebut merupakan salah satu mesjid tua yang umurnya udah lebih dari 5 abad. Lokasinya berada kira-kira 1 km dari pinggir jalan raya Lubuk Selasih-Alahan Panjang.

Setelah berfoto-foto ria di mesjid Kayu Jao kami melanjutkan perjalanan ke Danau Diateh. Pusat rekreasi Danau Diateh berada setengah kilo dari jalan raya. Sebelum kami masuk ke area pusat rekreasi Danau Diateh aku dan teman-temanku shalat zhuhur di Mesjid Ummi yang letaknya 2 km dari gerbang pusat rekreasi danau diateh, arah ke Muaro Labuh.

Mesjid Ummi yang megah berada di pinggir danau. Di sini juga banyak pengunjung yang mengabadikan keindahan danau melalui kamera mereka. Termasuk aku dan teman-temanku. Tapi sayangnya yaah, ari sekian banyak pengnjung yang datang ke mesjid ini, yang datang untuk shalat cuma sebagian. Sebagian lagi datang cuma buat foto-foto aja di pinggir danau…. Berbaik sangka aja deh, siapa tau mereka udah shalat dulu di tempat lain… Betul…betul…betuuuul? *ipin upin mode.on*

Danau Diateh, dari samping Mesjid Ummi
Danau Diateh, dari samping Mesjid Ummi

Baru setelah shalat di Mesjid Umi kami balik lagi ke arah pusat rekreasi Danau Diateh. Dan karena udah masuk jam makan siang dan perut pun udah lapar lagi, kami membeli nasi bungkus dulu di lapau nasi yang ada di pinggir jalan raya. Makannya ntar di pinggir danau. Kan enak tuh makan di pinggir danau, duduk ngedeprok di atas rumput, hehehe…

Aku dan kedua temanku makan nasi bungkus di pinggir danau sambil bercerita tentang berbagai hal. Termasuk tentang kisah-kisah lama di sekolah dulu, hehehe. Makan di sana sambil bercerita tentang masa lalu dan ditemani angin dingin bikin makan jadi berselera booo… Selesai makan berceritanya cukup sambil menikmati pemandangan Danau Diateh aja.

Kami sih ngga lama berada di pusat rekreasi Danau Diateh tersebut. Paling lama satu setengah jam aja. Pulang dari sana, kami juga mampir makan jagung bakar yang banyak di jual orang di pinggir jalan raya. Jagung bakarnya sih enak. Tapi sayangnya aku kan ngga terlalu suka jagung, jadinya jagung punyaku dengan senang hati dimakan temanku. Tapi masih sempat sih makan dua gigit doang, hehehe…

IMG_9342

Pulang dari Danau Diateh, nyampe rumah jam 8 malam. Badan capek, pegel, berasa rontok semua karea bawa motor 130 km pp. Jaketnya bukan jaket yang nahan angin lagi, nyiksa diri banget yaaa… 🙂 Tapi walaupun capek banget nyenangin banget juga. Namanya juga jalan bareng sama sahabat-sahabat sendiri… 🙂

Nyampe rumah, walaupun tadi udah makan sore, langsung nyari makan lagi. Lapeerr bingiiittts. Soalnya kita bertiga ngga sempat lagi mampir buat makan di luar. Makan di rumah udah kaya orang kelaparan ngga makan 2 hari, hehehe.

Bunga Mawar pink di Pinggir Jalan
Bunga Mawar pink di Pinggir Jalan

Kebun Teh dan Mesjid Tua kayu Jao

Mesjid Umi Alahan Panjang

Danau Diateh

Bunga-Bunga di Pinggir Jalan

 

Advertisements

20 comments

  1. ini nih satu objek yang belum kesampaian hingga sekarang untuk dikunjungi, Uni…
    jadi berasa agak keterlaluan nih, kebangetan belum nyempetin 😀
    itu berangkat dari Padang atau Solok, Uni?
    masih agak buta arah kalau selain Padang, Bukittinggi, dan Painan tentunya hehehe

    • Ayooo jalan ke sana Nas… Aku dari solok…

      Kamu bisa dari Padang, ambil arah ke solok… udah pernah lewat kann… Nah ntar kalo udah ketemu simpang Lubuk Salasih, belok ke kanan…

      Gampang kok… 🙂

  2. Padahal kemarin sempat mau ke sini, tapi pekerjaan di Indarung sudah dikejar deadline. Mungkin inshaallah kalau ada kesempatan lain akan berkunjung ke sini … 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s