12 Hal yang Sering Ada Dalam Drama Korea

Gambar dari googel. Suka ilalangnya... ^^

Gambar dari googel.
Suka ilalangnya… ^^

Posting tentang Korea lagi aahhh… 🙂 Udah lama ngga soalnya. adi kangen juga, hehehe. Moga aja masih ada yang tertarik yaa… Kali ini gue akan ngomong atau ngangkat topik tentang drama korea. Dulu gue pernah bahas alasan kenapa gue suka drama korea. Tapi sekarang gue mau bahas Tentang hal-hal apa saja yang biasanya ada di drama korea. Tapi ini sependek pengliatan gue aja ya… Jangan jangan dijeneralisir, Okeey?.. 🙂

Suka drama korea? Sama… Gue juga suka drama korea. Sangat suka. Alasannya? Karena drama korea bagus dan lucu. Jalan ceritanya ngga bertele-tele kaya sinetron yang mencapai ratusan episode. Drama korea rata-rata 16 – 20episode. Ada juga sih yang sampe 22 – 25, tapi jarang. Jadi kalo.nontonnya ngga capek nunggu akhir jalan ceritanya gimana.

Eh, tapi kalau ngga salah saeguk atau drama kolosal klasik korea kadang-kadang bisa juga sampai 40 – 50 episode sih. Apalagi  kalau Drama yang berkaitan sama sejarah, bisa panjang melebihi 50 episode.

Selain itu yang bikin gue suka drama korea adalah, karena lewat drama korea gue bisa dong latihan listening gue. Sekalian bisa ngikutin dialog-dialognya juga. Dan juga nambah kosa kota serta percakapan harian yang umum di pake dalam kehidupan sehari-hati.

Tapi sayang, gue belakangan ini jarang banget nonton drama korea…  Karena kalau udah nonton drama korea pasti bakal ketagihan... 🙂

Oya… Apa aja sih karakter atau tema drama korea yang sering ditayangkan itu? Yuuukk berikut ulasan gue ya… Tapi ingat ini hanya ulasan dan analisa gue berdasarkan apa yang gue tonton yaaaa… Jadi ga boleh protes kalau ngga sepakat, tapi boleh nambahin kok hehehe… 🙂

1. Gadis Tangguh or Strong Girls yang Hatinya Baik dan Tulus.
Kebanyakan drama korea, (sepertinya) lebih menampilkan seorang cewek sebagai tokoh sentralnya. Seorang cewek yang biasanya menghadapi banyak masalah, baik itu masalah pribadi ataupun masalah yang timbul karena ulah orang-orang di sekitarnya.

Kadang-kadang si gadis utama ini hidup sebatang kara yang berjuang hidup melawan ganasnya kehidupan. Atau kadang-kadang juga gadis utama masih mempunyai salah satu orangtuanya namun karena suatu hal punya masalah yang berat dengan orangtuanya tersebut, jadi dia tetap berjuang sendirian untuk bertahan hidup.

Biasanya ia adalah gadis yang minta ampun baiknya, dan juga polos serta lugu. Selalu berpikiran positif sama semua orang. Ada lagi, gadis yang sangat naif… Banyak banget dong drama korea yang kaya gini. Contoh : Full House, Endless Love, Rooftop Prince, Paris In Lovers, Alice Chemdamdong, Summer Scent, Secret Garden dan lain sebagainya…

2. Cinderella Story.
Kisah tentang Cinderlla adalah dongeng yang selalu memikat hati. Kisah tentang orang yang biasa- biasa aja yang jadi seorang putri. Tapi sebenarnya kan Cinderella bukan bener-bener seorang babu kan ya, dia kan anak orang kaya yang diperlakukan seperti babu oleh ibu tirinya. Tapi dia sudah menjadi icon wanita biasa yang menjadi seorang putri.

Dalam drama korea, juga banyak cerita yang mengangkat kisah Cinderela ini. Ceweknya seorang cewek biasa, baik dan sangat menyenangkan. Kehadirannya membuat orang di sekitarnya selalu tersenyum dan bahagia. Sifat dan karakternya yang lugu serta polos membuat cowok-cowok banyak yang jatuh cinta padanya. Sementara cowoknya biasanya adalah anak pengusaha kaya raya atau chaebol.

Tema Cinderella konon katanya lebih diminati. Mungkin karena kebanyakan orang ingin hidup hidup dalam dunia dongeng kali yaa…hehehe…

Banyak drama korea (yang kutonton) yang mengangkat tema. Contoh, Princess Hours, Paris in Lovers, Sad Sonata. Boys Before Flowers, Lie to Me, Memories of Bali, Secret Garden, Alice Cheongdamdong dll.

Tapi sekarang tema ini sudah mulai ditinggalkan. Berbagai macam tema sudah banyak diangkat. Tapi satu hal yang pasti adalah, apapun temanya, selalu menarik untuk diikuti… 🙂

gambar dari google

gambar dari google

3. True Love or Cinta Sejati Itu Ada.
Hampir semua drama terkenal Korea seakan mengungkapkan pada dunia bahwa cinta pertama atau cinta sejati itu ada. Hampir semua drama korea (yang aku tau dan aku tonton) menggambarkan ini. Apapun dan bagaimanapun susahnya perjalanan cinta pasangan utama, pasti pada akhirnya cinta mereka menang.

Meskipun kadang-kadang cerita berakhir sad ending, tapi tetap menyatakan tokoh utama ini ‘bersatu’ dalam cinta. Cinta memihak pada pasangan tokoh utama.

Banyak dah ini dramanya. Ga usah gue list yaaa… 🙂

Bahkan loh, ada drama korea yang mengisahkan tentang pertemuan cinta mereka di kehidupan berikutnya. Dulu, di kehidupan sebelumnya mereka tidak bisa hidup bersama, tapi kemudian di kehidupan berikutnya, melalui reikarnasi, cinta mereka dipersatukan.

4. Jatuh Cinta Lagi Pada Cinta Pertama.
Mungkin terdengar aneh. Tapi banyak drama korea yang kaya gini. Misalnya aja, si pasangan utama ini dulu saling jatuh cinta satu sama lain sewaktu kecil atau remaja. Tapi karena suatu takdir yang belum berpihak pada mereka, mereka terpisah sekian lama. Lantas kemudian bertemu dan saling jatuh cinta lagi. Meskipun begitu mereka tidak pernah ingat bahwa mereka dulunya orang yang saling mengenal dan saling jatuh cinta.

Atau kadang-kadang, juga salah seorang dari kedua tokoh utama ini mempunyai keyakinan bahwa yang satunya lagi adalah cinta masa lalunya *so swit banget kaaann… 🙂 Kemudian seiiring cerita mengalir, baru deh ketauan mereka dulu saling kenal dan jatuh cinta.

Contoh drama korea yang seperti ini adalah Winter Sonata, Endless Love (ini emang aneh sih, dari cinta adek kakak jadi cinta antara laki-laki dan perempuan). Spring Waltz, The Moon That Embraced the Sun, I Miss You (Missing You), Sad Sonata, The Incarnation of Money, dll.

5. Cinta Segitiga atau Cinta Segiempat Dengan Saudara atau Sahabat Sendiri.
Kisah cinta segitiga adalah tema klasik yang sangaaaatt sering muncul. Baik di drama korea, drama taiwan, hongkong, sinetron, telenovela, atau film india. Bahkan dalam film holywood sekalipun.

Tapi di alam drama korea, cinta segitiga atau cinta segiempat yang terjadi (seringnya) selalu melibatkan saudara atau sahabat sendiri. Saudara ini, bisa jadi dia saudara sepupu, saudara tiri atau saudara angkat.

Dalam drama korea, tema ini sangaaaat sering muncul. Perhatiin aja deh… bakal banyak nemu tema yang kaya gini… 🙂  Ga usah gue list yaa… 🙂

6. Rumah Atap or Rooftop.
Nah ini yang menarik. Tinggal di rumah atap. Rasanya asyik banget tinggal di sana. Dari atas rumah atap kita bisa menebarkan pandangan ke segala penjuru, memandang keindahan kota.

Biasanya yang tinggal di rumah atap ini adalah cewek utama yang hidup sederhana. Di depan rumah ada meja kecil seperti kebanyakan meja yang ada di rumah-rumah orang korea. Meja tersebut mereka jadikan tempat berkumpul, makan dan minum-minum alias mabuk.

Daaaann kayanya asyik juga kali yaa tinggal di rumah atap yang kaya gituu… Mupeng… 🙂

Drama apa aja yang mempunyai setting ini?? Banyak banget dah… Ga usah di list deh… 🙂

7. Tokoh Mempunyai Habit Khusus.
Coba perhatiin deh… Kebanyakan tokoh drama korea memperlihatkan habit atau kebiasaan khusus para tokohnya. Contoh, dalam drama korea Secret Garden, nnnnn yang diperankan Ha Ji Won selalu mengetuk-ngetuk bagian depan salah satu kaki kalau sedang gugup atau bingung.

Begitu juga Lee Kang Seok atau Lee Cha Don dalam drama Incarnation of Money, selalu melintirin atau muterin duit logam kalau lagi mikir. Dan tokoh antagonisnya Ji Se Gwang, selalu meremas buah kenari kalau sedang berpikir atau sedang marah.

Dalam drama Flower Boy Ramyun Shop, Yang Eun Bi selalu menggosok-gosok hidungnya yang ngga gatal kalau lagi gugup, berpikir atau salting. Kebiasaannya tersebut ‘menular’ pada orang-orqng di sekitarnya, hahaha… Setiap kali dia salting dia menggosok hidungnya, eh orang-orang di sekitarnya pun melakukan hal yang sama.

Begitu juga si Lee Soo Yeon ~ 이수연 juga dalam drama Missing You atau I Miss You. Iya selalu mengucapkan kata yang berlawan kalau sedang ragu meilih yang satu atau ngga. Misal, “datang… ngga datang…” atau “hujan… ngga hujan…” dan ia selalu mengucapkannya berulang-ulang.

Banyak lagi deh, tapi sekarang gue lupaa xixixixi…

gambar : google

gambar : google

8. Si Cewek Utama Punya Boneka.
Cewek punya boneka? Wajar ding… 🙂 meskipun ia sudah dewasa. Dalam drama korea, biasanya si cewek utama punya boneka binatang. Boneka tersebut kalau bulan punya dia sendiri, pasti dibeliin si cowoknya.

Bonekanya ini jadi teman curhat atau juga sebagai pelampiasan kekesalannya. Kalau ceweknya lagi senang, lagi bingung atau kesal sama cowoknya nih, si cewek ngajakin bonekanya ngomong. Ngomong ungkapin perasaan senang, sedih, marah atau malu sama bonekanya.

Atau Kadang-kadang ngoceh-ngoceh ga jelas gitu ke bonekanya. Kalau perlu pukulin atau benyek-benyekin bonekanya sebagai ungkapan kekesalannya sama cowoknya. Gaya ceweknya jayus abis sama bonekanya…hehe…

9. Nginap Sekamar atau Tinggal Bareng.
Ini yang menarik. Seringkali dalam drama korea, tokoh utama cewek dan cowok ada yang tinggal bareng. sda juga yang dalam kasus tertentu atau lagi keadaan darurat, tidur sekamar bareng. Misal lagi jalan-jalan, terjebak badai salju, ada petir gede trus cewenya ketakutan sendirian di kamar, eh dia pindah ke kamar cowok.

Misalnya, drama korea yang tinggal bareng, Full House, Oh Dalja,  Rooftop Prince, Personal Taste.

Tapi menariknya nih mereka ini tinggal bareng doang, ngga ‘ngapa-ngapain’. Yang ada malah berantem mulu. Ada kalau mereka tidur sekamar mereka ngadain permainan konyol-konyolan yang hukumannya pun konyol-konyolan. Seperti nyentil jidat.

Begitu juga kalau pasangan ini pergi jalan berdua ke suatu tempat, selalu tidur sekamar. Dan walaupun tidur sekamar mereka tetap ‘menjaga’ diri mereka. Mereka tidak ngapa-ngapain walaupun suasana kamar terasa jadi ‘panas’ dan jantung mereka berdetak lebih kencang, hahaha…

Tidur sekamar ini seakan menunjukkan bahwa meskipun mereka, dua orang yang saling jatuh cinta dan tidur bareng sekamar ini, tetap bisa menjaga diri mereka sampai menikah. Tidur sekamar ngga harus mikirnya yang negatif dulu, ngga harus melakukan hubungan sex luar nikah. Seakan itulah ‘pesan’ yang hendak disampaikan lewat adegan ini.

Kanyanya romantis ya… Tapi yang ginian nih kata teman gue namanya “Gowzhul Fikri”  alias perang pemikiran. Yaitu, membuat segala sesuatu yang selama ini menjadi hal yang dilarang agama atau hal yang tabu dalam budaya menjadi hal yang biasa, tidak tabu lagi. Oaalaahh… kok jadi nyampe ke sini pembahasannya… 🙂

10. Kartun mode.on.
Ini adalah salah satu keunggulan drama korea. Mereka seringkali memvisualisasikan dialog atau hayalan si tokoh utama dengan kartun atau komik. Apalagi kalau dialog dan hayalannya tersebut adalah dialog atau hayalan yang konyol bin lebay-nya si tokoh.

Kadang-kadang juga, mereka membuat teks berupa poin-poin apa yang dipikirkan atau diungkapkan si tokoh. Dan kadang ditambah dengan ilustrasi musik yang kocak yang sesuai dengan gerakan gambar. Kesannya lebay tapi justru bikin makin asyik dan menarik saat nonton drama korea.

Misalnya, si tokohnya adalah cewek yang sedang membayangkan atau menghayalkan pemuda yang ia sukai. Misalnya ia suka cowok yang badannya kekar, maka akan muncul di layar tipi, komik kocak cowok yang sedang latihan angkat berat. Atau ia mikirin si pemuda yang masakin mi nuat dia, maka munculah komik sicowok yang bikin mi, hehehe.

11. Promosi gadget banget.
Ini adalah salah satu keunggulan drama korea. Mereka memperkenalkan produk negara mereka melaui drama Korea. Gadget yang seriiiiiiing banget jadi langganan adalah Samsung.

Mereka mempromosikan betapa hebat dan luar biasanya Samsung. Ada dong ya, adegan si cewek yang hapenya jatuh, abis itu keinjek sama orang lain, eh hapenya tetap aja ake, ngga rusak sama sekali. Jadi sangat wajar kemudian Samsung menjadi sangat melejit karena emang media promosinya lewat drama yang ditonton jutaan orang.

12. Kocak dan konyol.
Drama korea meskipun kategori serius, tetap aja unsur dan lucu harus ditonjolkan. Biar lebih menarik. Karenanya adegan lucu kocak dan konyol ini kudu ada di dalam drama korea. Kekonyolan dan kelucuan drama korea ngga nanggung-nanggung, asli bikin ngakak, hahaha.

Salah satu yang bikin gue ngakak abis adalah drama Rooftop Prince. Pas si pangeran dan pengawalnya baru tiba ke dunia modern, tanpa sadar salah satu dari mereka memencet remot tipi. Dan tipi yang nyala adalah drama kolosal dua kerajaan yang sedang perang. Salah satu prajurit dalam perang tersebut mengarahkan panah ke arah lawannya, yang dilalahnya terarah ke penonton. Karuan saja si pengawal pangeran ini langsung ‘menyerang’ prajurit yang sedang memanah tersebut, hahaha.

Belum lagi ketika belajar uang modern. Uang yang sedang diunjukin ke mereka adalah uang yang bergambar Raja Sejong. Maka mereka langsung memberi hormat pada raja mereka yang terdapat di dalam uang tersebut, hahaha…

Itulah pendapatku tentang hal-hal yang kebanyakan ada dalama drama korea. Kalau ada tambahan dari teman-teman silahkan kasih ide ya… 🙂

Advertisements

34 thoughts on “12 Hal yang Sering Ada Dalam Drama Korea

  1. terkadang drama korea ada banyak sekali pelajarannya lho, pernah aku nonton tentang perselingkuhan suami dan istri. dan si istri yg selingkuh tuh dpt peringatan dr istri yg korban perselingkuhan secara suami korban selingkuh dengan wanita tersebut. kata”nya bikin merinding banget sperti “apa yg datang dan pergi dsekitar kita, orang” mengatakan sama halnya dengan jika tidak membayar kesalahanmu, anakmu yg akan membayarnya” kesannya seperti apa yg kamu tabur tu yg kamu tuai.
    ada jg yg pernah aku nonton, ada seseorang yg ingin banget tahu jelas ttg kematian sang kakak. dan org yg mengenal baik si kakak korban ini tidak ingin ikut campur dan tidak mw menyakiti si adik. maka dy berpesan seperti ini “ada kalanya beberapa rahasia lebih baik tetap menjadi rahasia karena beberapa alasan. ada kalanya hal yg terbaik adalah dgn membiarkan apa yg tersembunyi dgn baik utk tetap tersembunyi. mencari dan menguak kebenarannya tak selamanya merupakan segalanya”
    banyak banget pesan dr drama korea, jd selaen menghibur ada banyak pesan yg terkandung. kita bisa kok meniru sisi positifnya tp bukan sisi negatifnya 🙂 just share it. semoga bermanfaat ^^

    • Soal petuah di drama emang keren banget dah…

      “ada kalanya beberapa rahasia lebih baik tetap menjadi rahasia karena beberapa alasan. ada kalanya hal yg terbaik adalah dgn membiarkan apa yg tersembunyi dgn baik utk tetap tersembunyi. mencari dan menguak kebenarannya tak selamanya merupakan segalanya”

      kereen banget dah quote-nyaa

  2. Pingback: Angel Eyes ~ 엔젤 에이즈, Drama Korea | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s