Danau Diateh (Danau Diatas) ~ Danau Kembar, Alahan Panjang, Solok Sumatera Barat

minjem :)

gambar minjem 🙂

Ada yang tau tentang Danau Diateh? Hmmm… Ngga banyak yang tau ya. Kalau begitu, aku akan mendongeng dikit tentang Danau Diateh ya, hehehe… 😛

Danau Diateh menjadi salah satu danau dari empat danau yang terdapat di Solok. Tiga  danau yang lainnya adalah Danau Singkarak (foto danau singkarak), Danau Dibawah dan Danau Talang. Danau Singkarak berada sekitar 65 km dari kota Solok. Sementara Danau Talang sendiri lokasinya pun berada tidak jauh dari Danau Diateh dan Danau Dibawah.

Danau Diateh dan Danau Dibawah letaknya berdekatan, terletak di daerah di Alahan Panjang, Solok, Sumbar. Karena kedua danau ini berdekatan dan bersebelahan, danau ini seperti sepasang danau yang kembar. Makanya Danau Diateh dan Danau Dibawah disebut dengan Danau Kembar..

Kedua danau yang kembar ini dipisahkan oleh bukit. Bukit yang memisahkan kedua danau ini ibarat pematangan raksasa. Dan untuk melihat pemandangan kedua danau sekaligus, kita bisa melihatnya di kawasan panorama yang berada di daerah Tanjuang Nan Ampek, Solok.

IMG_9342

Danau Diateh, berarti danau yang berdasarkan ketinggiannya dari permukaan laut, berada lebih tinggi daripada yang lainnya. Ketinggian permukaan air Danau Diateh adalah 1600 mdpl. Sedangkan danau dibawah artinya adalah danau yang posisi ketinggiannya lebih rendah daripada Danau Diateh, dengan ketinggian permukaan air danau 1564 mdpl.

Permukaan air Danau Diateh landai dengan ketinggian tanah pinggir danau tidak jauh. Jadi masyarakat bisa melakukan aktifitas dan melakukan kegiatan seperti naik perahu dan berkeliling danau di danau tersebut. Makanya di Danau Diateh ini tersedia pusat rekreasi Danau Diateh.

Sementara Danau Dibawah, jarak antara permukaan airnya dengan daratan di sekeliling danau jauh. Pinggir danau berupa tebing atau perbukitan yang curam yang dilihat dari bagian atas bukit atau permukaan danau. Bentuk permukaan alam yang seperti ini membuat orang tidak bisa melakukan aktifitas di Danau Dibawah tersebut. Jadi pengunjung hanya bisa memandang dari jauh.

villa di pinggir danau

villa di pinggir danau

Pusat rekreasi Danau Diateh sering disebut dengan vila, karena memang terdapat banyak vila di sana. Pohon-pohon pinus banyak berjejer di pinggir danau, mempercantik pemandangan alam  danau inu. Jalan setapak yang sudah dicor semen pun menambah kenyamanan pengunjung yang hendak berjalan di pinggir danau. Dan bebatuan danau menyembul dari air danau yang bening. Serta awan putih tebal yang berarak di atas perbukitan di pinggir danau menambah keindahan Danau Diateh.

Pariwisata Danau Kembar tidak hanya menawarkan keindahan Danau Diateh dan Dibawah saja. Di sepanjang jalan raya ini juga kita bisa bersantai dan menikmati pandangan perkebunan teh PTPN VI Alahan Panjang. Selain pemandangan kebun teh, kita juga bisa menikmati wisata pertanian sayuran yang juga terdapat di kawasan Alahan Panjang ini. Kawasan Alaham Panjang yang berada di kaki Gunung Talang merupakan daerah subur yang menjadi sentra pertanian sayuran di sumatera barat.

Oya… Daerah ini juga terkenal dengan buah markisahnya. Markisah kaki Gunung Talang rasanya manis. Selain markisah juga ada buah terong belanda.

IMG_9315

Bagaimana Cara ke Danau Kembar?

  1. Akses ke Danau Kembar tidak sulit. Ada beberapa alternatif jalan yang bisa dilalui.
    Jika kita dari kota Padang, kita bisa menyusuri jalan raya Padang – Solok. Setelah tiba di pertigaan Lubuk Selasih, ambil jalur ke kanan yang menuju ke Alahan Panjang, Solok Selatan dan Kerinci.
  2. Jika kita dari Solok, ambil jalan raya Solok – Padang. Setelah tiba di pertigaan Lubuk Selasih, ambil jalan ke kiri, ke arah Alahan Panjang. Sedangkan jika kita dari arah Bukittinggi, lebih baik memilih jalur yang ke Solok, yang lebih dekat.

Dari Lubuk Selasih, perjalanan akan ditempuh selama 45 menit – 1 jam. Dan akan lebih lama lagi kalau kita suka berhenti-berhenti di beberapa tempat yang bagus untuk berfoto-foto. Karena di pinggir jalan raya Lubuk Selasih – Alahan Panjang kita akan menemukan banyak tempat yang bagus untuk berfoto.

Setelah melakukan perjalanan kira-kira 30 menit, kita akan tiba di persimpangan panorama Danau Kembar di Tanjuang Nan Ampek. Jalan yang mengarah yang lurus mengikuti jalan raya, merupakan jalan yang menuju Danau Diateh. Sementara jalan yang naik ke kiri akan membawa kita ke arah Danau Dibawah. Dari panorama ini kita bisa menikmati pemandangan danau kembar sekaligus, Danau Diateh dan Danau Dibawah.

Dengan potensi danau Danau Kembar yang demikian, Danau Kembar bisa Anda jadikan sebagai destinasi perjalanan wisata Anda. Daaannnn semoga postingan ini membantu Anda yang pengen ke Danau kembar yaaa…

selamat menikmati liburan Anda… 🙂

Advertisements

12 thoughts on “Danau Diateh (Danau Diatas) ~ Danau Kembar, Alahan Panjang, Solok Sumatera Barat

    • Iya Mas Iwan, danau ini ngga terlalu diketahui banyak orang di luar Padang. Taunya kan cuma Danau Maninjau dan danau Singkarak aja…

      Pemandangannya emang bagus Mas… Dan ini untuk pertama kalinya juga mampir ke danau ini. biasanya cuma ngelewatin aja…

  1. Pingback: Jalan-Jalan ke Danau Diateh (Danau Kembar), Mesjid Tuo Kayu Jao dan Kebun Teh Alahan Panjang | Firsty Chrysant

  2. Pingback: Orang-Orang yang Dicintai Allah | Firsty Chrysant

  3. Pingback: Tukang Palak di Objek Wisata Sumatera Barat itu Bernama Tukang parkir | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s