Hari Ulang Tahun RI ke 69

Teman-teman, aku ucapkan, Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 69. Semoga Indonesia selalu jaya dan menjadi negara yang benar-benar berdaulat atas negeri sendiri. Semoga seluruh lapisan rakyatnya (ke depannya) selalu makmur, adil dan sejahtera. Amiinn…

Hari ini adalah hari peringatan kemerdekaan kita yang ke 69. Sebuah usia yang terbilang sudah tua untuk ukuran manusia. Akan tetapi angka tersebut merupakan angka yang masih muda untuk ukuran sebuah negara yang besar seperti Indonesia. Semoga bangsa kita kedepannya akan menjadi bangsa besar yang akan disegani oleh negara-negara lainnya.

Bicara mengenai hari kemerdekaan, ngga akan lepas dari berbagai kemeriahan yang ada di dalam masyarakat kita dalam mengisi peringatan hari kemerdekaan tersebut. Berbagai macam acara diadakan untuk menyemarakkan hari ulang tahun negara kita. Contohnya : lomba pacu karung, lomba makan kerupuk, lomba nyanyi dan lomba panjat pinang.

Sejujurnya sih ya… Di tempatku (di kampung) bisa dibilang tidak ada hal yang menarik yang dilakukan unruk memperingati hari kemerdekaan kita. Tanggal 17 Agustus paling hanya ada upacara bendera aja. Tidak ada yang namanya berbagai macam lomba yang aku sebut diatas. Yang ada hanya upacara bendera penaikan dan penurunan bendera.

Dan ketika pertama kalinya aku melewatkan 17 Agustus-an di Jakarta, aku dibuat salut oleh warga Jakarta yang merayakan 17 Agustusan. Mereka mengadakan berbagai macam lomba. Meskipun hadiahnya hanya sekantong makanan ringan, mereka mengikutinya  dengan gembira.

Tapi di kampungku, walaupun ngga ada lomba-lombaan, ada satu acara yang selalu ditunggu dilakukan di kampungku. Yaitu pawai 17 Agustus. Pawai ini biasanya diikuti oleh seluruh sekolah, mulai dari SD sampai Universitas yang ada di kotaku. Juga seluruh instansi pemerintah kota seperti depertemen kementrian, PLN, pajak pegadaian dll.

Sekolah-sekolah biasanya menampilkan pasangan siswa-siswa yang mengenakan pakaian daerah dari seluruh provinsi di Indonesia. Juga pakaian-pakaian yang mewakili profesi pekerjaan seperti dokter, polisi, tentara, perawat, atlet dsb. Sementara instansi pemerintah biasanya menampilkan parade mobil hias yang dilengkapi dengan papan informasi yang berisi visi dan misi serta slogan-slogan instansi tersebut.

Barisan pertama dari parade pawai ini adalah drumband yang yang membuat acara menjadi semakin semarak. Selain sebagai pembuka pawai, drumband ini biasanya juga ada di sela-sela kontingen-kontingen sekolah. Saking ramai dan banyaknya peserta barisan pawai ini, drumband pembuka sudah tiba di ujung lintasan areana pawai, sebagian peserta baru bersiap-siap keluar dari lapangan tempat mereka berkumpul.

Yang pasti adalah, bagaimana cara kita sebagai rakyat indonesia mengisi kemerdekaan bangsa kita. Juga bagaimana caranya negara kita menjadi negara yang adil dan makmur dan sejahtera bagi rakyatnya. Dan juga ke depannya, bagaimana bangsa kita tampil sebagai negara yang disegani oleh negara lain dalam kancah internasional.

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA. JAYALAH SELALU BANGSAKU INDONESIA.

MERDEKA!

12 thoughts on “Hari Ulang Tahun RI ke 69

  1. Aamiin mbak 😀
    di kotaku juga selalu ada pawai, orang sana biasa sebut “karnaval” waaa yg nonton rame banget, sampe jalanan sesak, kalo lomba2 tergantung masing2 desa biasanya
    eh mbak e tinggal di jakarta juga ya, jakarta mana 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s