Teman-Teman SD

Foto dari google

Foto dari google

Beberapa malam yang lalu aku tiba-tiba teringat teman-teman SD-ku. Awalnya karena aku pengen jalan ke Jogja, aku tiba-tiba ingat satu teman akrabku sejak kecil karena kita kami bersebelahan rumah. Temanku tersebut sekarang kabarnya tinggal di Jogja dan bersuamikan orang Jogja.

Namanya Rita. Rumahnya persis di sebelah rumahku, hanya berjarak 3 – 4 meter saja. Jadi sepanjang waktu kita selalu bersama. Karena di rumah ngga ada kamar mandi (seperti kebanyakan rumah di kampungku, dulu waktu kecil, pas smp sih udah), aku mandi di pemandian umum dekat rumah. Tapi pemandian umumnya bersih dan tertutup boo… Setiap pagi bisa dipastikan ketemu.

Berangkat sekolah bareng. Istirahat main sama semua teman cewek juga bareng. Pulang sekolah bareng, ntar siang main atau ngerjain PR bareng lagi sepulang sekolah sampai sore. Pergi ngaji ke surau abis magrib sampe isya juga bareng. Pulang ngaji malam belajar pelajaran sekolah bareng lagi.

Mungkin tidur doang yang nggak bareng. Tapi eh tapi kalau kami belajar kelompok berempat atau bertiga sering nginap-nginapan juga deng. Ya, tidur bareng juga dong yaa. Tempatnya gantian. Kadang di rumahku, kadang di rumah Rita kadang di rumah Emi. Seringnya sih di rumah Emi. Apalagi kalo udah hujan air kali yang dekat rumah Emi lagi gede. Kita bisa mandi bareng subuh-subuh di situ, hehehe.

Dari ingatan tentang Rita mengalirlah ingatanku pada teman-temanku yang lainnya. Pikiranku bekerja cukup keras mengingat semua nama teman SD-ku. Yang kuingat dengan pasti selain Rita adalah Emi, Popi, Susi, Dewi, dan Desi. Yang lainnya aku bener-bener aku pikiran dulu siapa.

Kami sekelas kalau ngga salah 18 atau 24 ya (?), aku lupa. Soalnya deretan bangku ke belakang ada tiga, ke samping ada empat. Jadinya harusnya 24 dong ya. Tapi seingatku dulu ngga nyampe 20 orang sekelas. Yang cewek ada Linda, Lina, ada Susi lagi (kalau ngga salah dia jatohnya tanteku), Yesi, dan lupa hehehe. Kalau yang cowok ada Afis, Hendra, Ade, Suf. Total semuanya baru 15 orang sama gue.

Dan aku baru menyadari bahwa aku melupakan sebagian teman SD-ku. Dulu ketika aku lulus SD ngga ada istilah buku tahunan. Maklum tinggal di kampung. Foto bareng ada kayanya tapi tidak terdokumentasi dengan baik. Belum ada hape juga apalagi FB dan teitteran yang bisa menyimpan segala macam kenangan bersama orang di sekitar kita. Jadi kenangan bersama teman SD menguap terbang bersama angin.

Dan ketika aku mencari nama-nama mereka di fb, ketemu satu dua tapi juga ngga terlalu aktif. Ada yang update terakhirnya satu tahun lalu, atau setengah tahun lalu. Ada yang kosong doang kaya aku. Mungkin sesekali baca doang kaya fb aku kali ya…

Oya, jadi ingat postingan tentang aku dan teman-temanku yang pernah disabet di kelas empat. Juga postingan tentang temen sekelas yang ngeledek guru sampe ngakak, hehehe…. (murid durhako… ^.^)

Jadi teman-teman pada masih ingat dan komunikasi ga dengan teman-teman SD-nya?

8 thoughts on “Teman-Teman SD

  1. Aku sampai sekarang masih lo kadang masih suka ketemu walau sudah beda kota, malah ada teman jaman TK sampai sekarang tetap beda kota tetap komunikasi dan ktm juga.
    Pdahal sudah 25 tahun bertemanya 🙂

Leave a Reply

