Karupuak Leak ato Karupuak Kuah alias Kerupuk Kuah

Kerupuk kuah balado alias karupuak leak, mak nyusss enaknya
Kerupuk kuah balado alias karupuak leak, mak nyusss enaknya

Karupuak kuah atau karupuak kuah balado or kerupuk kuah cabe adalah satu makanan jajanan warung yang sangat terkenal di Sumatera Barat.

Karupuak ini berbahan dasar singkong yang dilumat dan dihancurkan kemudian  dioleh menjadi kerupuk yang berbentuk lingkaran pipih. Kalau di Jakarta dan sekitarnya mirip opak kali ya tapi sedikit berbeda karena lebih garing dan padat tapi renyah.

Saya tidak mengetahui bagaimana cara atau proses pembuatan bahan dasar kerupuknya karena kerupuknya ini sudah jadi. Jadi tinggal beli di pasar trus goreng dan bikin kuah saosnya. Tapi saya ngerti bagaimana membuat kuah kerupuk ini sehingga menjadi makanan jajanan yang eeeenak bangat.

nyummm nyummm... makan pake cara gini, mulut mangap tapi lebihh asyyiikk
nyummm nyummm

Kerupuk mentah yang udah jadi yang tinggal dibeli di pasar, digoreng. Ngga lama kok nggorengnya. Satu menit ngga nyampe deh. Setengah menit juga kurang kali. Nah abis itu kita siapin buat kuah atau saos baladonya. Membuat kuah balado ini masing-masing orang mempunyai cara yang berbeda ya, tapi tetap aja enak rasanya.

Dan saos atau kuah baladonya ini juga ada dua macam biasanya. Yang pertama yang emang kelihatan merah banget karena berbahan cabe dan tomat. Tapi juga ada jenis lain yang berwarna kuning, mirip sate padang. Jenis ini biasanya dibuat hanya dengan menambahkan tepung beras yang sudah dilarutkan oleh air. Maka jadilah (seperti) kuah sate.

Apa saja bahan-bahan kuah balado ini?

1. Cabe keriting 10 – 15 biji, lalu digiling. Atau 1 – 1,5 ons cabe giling. Intinya adalah sesuai selera.
2. Tomat besar 3 – 4 biji. Digiling atau diiris, lagi-lagi sesuai selera.
3. Bawang merah 5 – 8 siung, sesuai selera sih. Gilingin ke cabe setelah cabe digiling halus. Bisa juga sih diiris, tergantung selera lagi… 🙂
3. Daun bawang dan saledri, diiris ya.
4. Tepung beras 2-3 sendok. Larutkan dalam 1/2-1 gelas air.
5. Minyak goreng, dan
6. Garam secukupnya.
7. Gula secukupnya, ini kalau mau ya. Kalau ngga juga ngga apapa.

Bagaimana cara membuatnya? Apakah sulit? Nggak lah. Bikin kerupuk balado ini guampaang banget. Kerupuk mentah tinggal digoreng dan ditiriskan. Gorengnya sebentar aja. Karena kerupuk ini sangat cepat matang. Dan kemudian tiriskan.

Bagaimana cara buat kuah baladonya?
1. Tumis cabe yang sudah digiling dan dicampur bawang sampe mateng.
2. Kalau sudah matang, masukkan tomat giling atau tomat iris, daun bawang serta salederi. Aduk-aduk lagi sampai mateng. Tomatnya harus mateng biar lebih enak.
3. Tambahkan air, garam dan gula.
4. Kalau membuat kerupuk yang mirip dengan kuah sate, cukup ditambah 2 – 3 sendok tepung beras yang sudah dilarutkan terlebih dahulu. Tunggu sampai mendidih lagi baru angkat.

Silahkan angkat kalau sudah matang, maka kerupuk balado yg kamu udah bisa dinikmati.

Cara di atas adalah cara bikin kuah balado secara umum ya. Bisa dimodifikasi sesuai selera kok.

uenaakkkk bingiiittt
uenaakkkk bingiiittt

Cara makannya ada dua macam yaitu :

1. Cara konvensional (gaya booo bahasanya). Cara ini biasanya adalah dengan cara menyiram satu sisi kerupuk dan langsung dimakan, digigit sepotong demi sepotong. Jadi siap-siap aja bibirnya mangap gede yaa…hahaha.

Kelihatan agak kurang indah dipandang sih cara gini, tapi makan dengan cara yang begini lebih asyik dan lebih nikmat. Apalagi bagi anak-anak. Tapii siap-siap aja mulutnya mangap gede yaaa. Tapi kalau ingin kelihatan lebih bermartabat sedikit, kerupuknya dipotong dulu baru di kasih kuah… Jadi mulut keliatan ngga terlalu mangap, hehe

2. Cara yang kedua adalah, kerupuk dipecah ato dipotong kecil dan ditarok di piring ato piring kecil. Abis itu siram kerupuk dengan kuah balado yang sudah dibuat tadi. Yang kaya gini biasanya dimakan pake sendok.

Cara ini seperti terlihat lebih sopan dan terhormat, tapiiiii kurang seruuu. Kalo lagi makan di rumah ada tamu sih gapapa. Tapi kalo di warung cuma sama teman bolehlah dibuang kesopanan sedikit demi sebuah sensasi rasa makan karupuak leak, hehehe.

Di kampung saya, buanyak banget yang jual kerupuk ini. Lagi make motor liat banyak yang jual kerupuk ini. Saya dan teman-kadang hunting keliling kota nyoba-nyoba karupuak leak yang ada di pojok-pojok kota. Ketemu di satu tempat, rasanya enak banget, eh ketemu di tempat lain enak juga. Lain-lain enak.

Di rumah saya juga sering bikin kerupuk kuah ini. Untuk urusan bikin kuah balado ini, adikku jagoannya. Saya, daripada bikin rasa kuah balado yang nggak enak menurut selera orang rumah, lebih baik menikmati aja, ngga cape juga hehe… Yuuuummmy…

Ada yang pengen coba makan kerupuk ini?  🙂

Advertisements

30 comments

  1. Wah .. kunjungan perdana disuguhi krupuk, aku blom pernah nih mbak makan krupuk kuah, jd mupeng deh, pengen yg pedes poll kuahnya 😛

  2. Assalamu’alaikum..
    terimakasih telah singgah dan mengikuti blog kami encik. semoga tali silaturahim ini diberkahi oleh Allah Ta’ala Amin..

    [] Dimanakah kiranya kampung encik di Minangkabau ini dan bersukukan apa encik ini?
    terimakasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s