Teh Telur ~ Minuman Kesehatan Khas Sumatera Barat

soto padang, nasi goreng dan teh telor padang

Teman-teman, ada yang tau teh telur, ngga? Hmmm mungkin ada yang udah tau dan mungkin juga ada yqng belum tau sama sekali apa itu teh telur. Tapi kalau yang berasal dari Sumatera Barat, biasanya udah tau sih, hehehe. Jadi apasih Teh Telur?

Yuuuukkk cekidoooottt…

Oke… Teh telur adalah salah satu minuman khas dari Padang atau bumi Ranah Bundo. Minuman ini merupakan salah satu minuman kesehatan yang beguna untuk menjaga stamina tubuh biar selalu fit. Tapi ada juga yang bilang minuman ini juga merupakan minuman untuk menambah vitalitas pria. Ini kan katanya, tapi sesungguhnya teh telur ini adalah minuman kesehatan yang bisa diminum oleh kaum pria ataupun wanita.

Lok kok bisa dianggap ini minuman buat pria? Gini… Di Padang (Sumatera Barat), di setiap warung kopi atau palanta biasanya tersedia teh telur ini. Dan karena warung kopi atau palanta ini biasanya hanya dikunjungi kaum bapak-bapak, dan kebanyakan yang minum teh telur ini adalah bapak-bapak maka minuman ini cendrung dianggap sebagai minuman kaum laki-laki.

Biasanya palanta atau warung kopi yang isinya bapak-bapak bisa dibilang nggak ada anak mudanya. Semua ya isinya bapak-bapak yang segenerasi. Generasi muda tidak ada yang berani nonkrong di warung kopi yang isinya bapak-bapak ini. Nggak sopan katanya anak muda nonkrong bareng orangtua, hehehe…

Kembali ke teh telur….

Minuman teh telur ini dibuat dari teh yang diseduh air panas yang mendidih dan kuning telur ayam kampung. Katanya. juga bisa pakai telur bebek, tapi ini aku ngga tau bisa apa nggak. Untuk menambah rasa atau mengurangi amis telur ditambahkan sedikit perasan air jeruk nipis.

Bagaimana cara membuatnya?

Kuning telur ayam kampung yang dikasih gula satu sendok (sesuai selera) dikocok kencang pakai blender kecil sampai mengembang. Dulu secara manual untuk mengocok telur ini digunakan seikat lidi, kira-kira 15 atau 20 batang kali ya. Dikocok menggunakan kekuatan tangan (kebayang ngga tuh pegelnya kalau pengunjungnya rame, hehe). Untung sekarang jaman udah canggih yaaa… Jadi good bye tenaga tangan manusia.

Untuk tehnya, teh yang digunakan adalah teh kental yang bisa dibuat dengan dua. Pertama rebus eh di dalam ceret yang airnya mendidih dan apinya masih menyala, nanti tinggal dituang ke dalam larutan kental telor yang sudah dikocok tadi.

Atau cara kedua, masukkan teh (yang banyak yaaa biar kental) ke dalam saringan lalu seduh dengan air panas yang mendidih yang langsung diangkat dari atas api. Cara inilah yang sering aku lihat di tempat jualan teh telur.

Telur yang sudah dikocok dan me gembang ini disiram
teh kental yang panas. Hati-hati saat menuangkan air tehnya karena teh ini kan mengembang, jadi kalau airnya kebanyakan maka kocokan telurnya bisa langsung meluber.

Setelah teh selesai dibuat, biasanya dikasih jeruk nipis yang berguna untuk menambah rasa teh biar makin enak. Atau juga bisa berfungsi untuk mengurangi bau amis bagi yang sensisif dengan bau amis telur.

Pertanyaannya adalah : apakah aku pernah minum teh telur ini? Hmmm kasih tau ngga yaa… (karena banyak yang nganggap ini minuman buat cowok jadi aku mikir dulu ya jawabanya, hehehe).

Yesss.. Aku pernah beberapa kali minum minuman ini. Kenapa? Awalnya juga nganggap teh telur itu diminum cowok yang udah menikah aja tapi kemudian pandanganku berubah dan berpikiran teh telur merupakan minuman kesehatan buat siapa aja.

Dulu waktu masih di kampung, beberapa minggu sebelum merantau ke jakarta, badanku ngedrop abis. Tidur kaya ngga tidur. Mungkin mata doang yang merem tapi fikiran entah mengembara kemana dan udah gitu bangun tiap bentar lagi. Jadi kepala keleyengan dan kalau berjalan badan berasa di awang-awang. Pengennya dulu kalau sakit ya ambruk sekalian aja biar bisa bedrest tapi ini mah enggak. Masih bisa beraktifitas tapi badan ngga fit banget. Jadinya aku kaya orang linglung.

Aku coba minum teh telur. Daaaannn beuuhhh… Langsung ngefek banget. Tubuhku yang tadinya lemes, yang tadinya meriang mulu, yang tadi pusing bangat dan tadinya kalau jalan kaya di awang-awang langsung keringatan dan pelan-pelan berasa ada tenaga lagi. Bisa beraktifitas lagi dengan kondisi yang jauh lebih fit.

Pas awal-awal di Jakarta, dari hasil lab puskesmas aku beberapa kali dinyatakan dokter diserang gejala tipus. Tapi masih bisa hilir mudik ke mana-mana booo. Masih bisa ngidur ke mana-mana tapi kelapala keleyengan, tapi badan sangat meriang. Aku coba nyari-nyari teh telur tapi susaaaaaah banget nyarinya. Adanya cuma di rumah makan padang yang benar-benar dimiliki dan dikelola oleh orang padang. Di rumah makan yang ngga bener-bener dimiliki dan dikelola oleh orang asli padang, ngga nemu sama sekali teh telor ini.

Untung akhirnya teman kos nyaranin minum susu beruang. Dan efek minum susu beruaang kurang lebih sama dengan efek minum teh telur… Tapi kayanya teh telor lebih nonjok buanget deh…hehehe

Jadi adakah yang udah pernah minum teh telur? Atau ada yang berniat minum minuman ini?

Advertisements

14 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s