Ahmad Dhani : Remaja Sekarang, Cara Salaman Aja Salah

Jumat malam, minggu kemarin gue nonton acara seleksi Indonesia Idol tuh. Sebenarnya aku ngga tau acara ini karena emang jaraaaaaang banget nonton tipi. Tapi karena mendadak lapar jam 9 kurang aku akhirnya beli nasi sayur di abang-abang nasi goreng. Niatnya sih ngga makan malam tapi perut sudah memberontak minta diisi. Yo wis lah… Lupakan ‘ndut’, hehehe.

Pas balik dari abang nasi goreng, temanku yang kamarnya di bawah nyuruh makan aja di kamarnya sambil nonton Indonesia Idol. Seru, katanya. Bener juga. Seru ngeliat tingkah laku peserta yang ikut seleksi Indonesia Idol ini. Adaaa aja tingkah mereka yang konyol, kocak dan bikin ngakak.

Setelah selesai tampil, dan kemudian dinyatakan lolos atau ditolak biasanya para peserta salaman dengan dewn juri (Ahmad Dhani, Anang dan Tantri Kotak). Peserta yang sudah dewasa (di atas 20 th) salaman dengan cara salam biasa, sementara peserta abege atau yang di bawah 20 th salim atau salaman cium tangan pada dewan juri.

Nah diantara kekonnyolan tingkah para peserta satu yang menarik yang aku perhatikan adalah kritikan atau komentar Ahmad Dhani kepada peserta muda yang salim pada dewan juri. Beberapa kali Dhani bilang kaya gini, “anak remaja sekarang, salaman aja salah!”

Benar juga sih apa yang dikritik Dhani. Para peserta remaja itu salim tidak dengan cara benar. Salim yang benar kan mencium tangan orang yang disalim atau menempelkan punggung tangan orang yang disalimin ke kening orang yang lebih muda atau dicium pake idung orang yang lebih muda. Tapi mereka tidak mencium tangan orang yang disalamin tapi mencium punggung tangan sendiri. Dibilang mencium tangan sendiri juga ngga karena mereka cuma menempelkan punggung tangan mereka ke pipi mereka.

Ini yang dikritik Dhani. Sampai-sampai ia mencontohkan cara salim yang benar pada peserta dengan cara salim pada Tantri. Nggak cuma pada Tantri, editor Indonesia Idol juga memperlihatkan gambar di mana Dhani juga protes di kesempatan lain yang salah satu jurinya Titi DJ. Ia juga mencontohkan cara salam yang benar.

Jujur aja aku salut juga dengan kritikan Dhani tersebut. Sebagai seseorang yang dikenal angkuh dan arogan plus bagaimana anaknya yang kebablasan kemaren (nyetir mobil pada umur 13 tahun dan nganter pacar ke Bogor lewat tol dann bla-bla…..) dia masih bisa mdmperhatikan hal tersebut.

Dan dia emang benar. Sekarang aku perhatikan anak-anak atau para abege kebanyakan salim dengan cara yang dikritik Ahmad Dhani tersebut, menempelkan punggung tangan sendiri ke pipi sendiri. Soalnya pernah liat anak sekolah yang ketemu gurunya salaman kaya gitu.

Daannn semoga abege yang nonton acara tersebut juga memperhatikan kritikan Dhani tersebut yaaa…

23 thoughts on “Ahmad Dhani : Remaja Sekarang, Cara Salaman Aja Salah

    • Haha… ntar diperhatiin mba… Apakah emang sudah bergeser atao belum di lingkungan mba…^^

      Dulu guruku yang orang korea juga seneeengg banget disalimin. Sampe2 dia beli permen buat anak ibu kosnya yang masih 4 tahun, trus yiap dikasih 1 permen minta satu salim, hehehe. kocak deeh

  1. kalo cara salim nya begitu menurut aku ndak sopan yah, sepertinya tidak menghormati ato menghargai orang yang di-salim-in itu… Bener tindakan mas Dhani dengan mengkritik cara salam anak sekarang. Eh tapi anakku salimnya bener lho, menempelkan punggung tangan ke keningnya dia😀

    • Iya benar banget. Ngga sopan, kaya ngga mau kening atao idung ditempelin punggung tangan yang disalimin. makanya aku salut juga dengan kritikan dia.
      sebenarnya aku juga udah lama pengen nulis tentang ini, eh keduluan ama kritikannya Dhani, yo wis lah.. langsung deh ditulis.

      • hehehe iyah bener. Kalo di tilik-tilik sepertinya enak hidup zaman dulu yah, semuanya sopan dan sangat kekeluargaan. Aku suka sekali dengan suasana yang begitu. Enaknya tinggal di kampung kecil ya itu tadi masih ada tata krama sopan santunnya hehehe..

      • Iya, emang. trus mainan tradisional lebih keren yaaa… di deket kos-anku. anak2 kecil yang semuanya mainannya hape. sesekali doang ngeliat gerobak sodor (bener ga sih namanya) atau dampu bulan di jalan gang dekat kos, hehe.

        Jadi nostalgia

      • hahahaha iyah… padahal yang tradisional itu yang sehat dan aman yah😀 Aku Cinta Indonesia (ACI) eh ada yah dulu filem ACI anak2 SMA duh aku masih SD kayaknya. suka banget nontonnya sambil ngayal aku kalo SMA pasti seru dan asik kayak gitu😀

      • ternyata pas SMA gak seru soalnya gak ada temen yang jadi sahabat. pas dapet sahabat ber-gank gitu pas udah mau tamat SMA nya hehehe tapi masih bersyukur karena sampe sekarang masih dekat banget dan sempat merasakan serunya dunia SMA hehehehe😀

      • Kalo aku ngerasa lebih indah masa smp…🙂

        Teman (sahabat) smp sampe sekarang masih akrab…:) Alhamdlilah sih.

        Teman kuliah juga masih akrab sampe sekarang…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s