Berharap Jabodetabek Tidak Hujan Deras

Hari ini cuaca sangat cerah, alhamdulillah. Tidak seperti hari minggu yang sepanjang hari terus diguyur hujan, hari ini terang benderang dan matahari bersinar dengan ceria menyapa warga Jakarta.

Kenapa saya berharap hujan turun tidak deras? Kenapa? Karena tiga malam berturut-turut terutama hari Rabu malam besok, bulan dalam kondisi terang benderang alias bulan purnama.

Kalau semisalnya Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan deras malam ini atau sepanjang dua besok hari, kemungkinan banjir akan besar, dan akan lama dari banjir hari minggu kemarin.

Seperti yang kita keyahui semua, pada saat bulan purnama, bulan berada dalam kondisi mempunyai gaya gravitasi terhadap bumi. Pengaruh gaya gravitasi bulan terhadap bumi adalah terjadinya pasang naik air laut pada saat bulan purnama.

Dan pada saat air laut sedang pasang naik, air dari daratan yang mengalir ke laut akan sedikit terhambat mengalir karena permukaan air laut lebih tinggi dari biasanya. Jadi, kalau Jakarta diguyur hujan terus menerus dan Jakarta banjir, maka banjir ini akan lebih lama seperti banjir tahun 2007 karena air yang mengalir ke laut lebih lambat.

Jujur aja saya kasihan aja melihat orang-orang yang rumah dan lingkungannya kebanjiran. Kalau saya sih, alhamdulillah, delapan tahun tinggal di Jakarta belum pernah yang namanya kebanjiran. Tempat tinggal saya relatif aman dari banjir, walaupun pada saat banjir besar tahun 2007.

Tapi pas liat di tivi bagaimana orang-orang harus berjuang menghadapi banjir, timbul rasa prihatin yang dalam terhadap mereka. Betapa banyak kerugian yang dialami mereka. Kerugian material sudah pasti. Ditambah lagi sebagian dari mereka harus tinggal sementara di pengungsian yang pastinya sangat kurang layak bila dibandingakan di rumah sendiri.

Pasca banjirpun masyarakat yang mengalami banjir harus berjibaku membersihkan kotoran-kotoran akibat banjir, seperti lumpur dan benda-benda lainnya yang hanyut atau nyangkut ke dalam rumah. Ah, saya tidak membayangkannya.

Jadi semoga saja curahhujan tidak tinggi lagi ya…

*Ini saya tulis semalam tapi blom dipublish🙂 *

10 thoughts on “Berharap Jabodetabek Tidak Hujan Deras

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s