Jeongak (정악) ~ Musik Klasik Tradisional Korea atau Musik Istana (Korean Traditional Classical Music)

Jeongak (정악) adalah salah satu jenis musik tradisional Korea. Secara bahasa arti jeongak adalah “right music”. Jenis musik ini adalah perpaduan musik tradisional asli korea dengan musik dari Cina. Jenis musik jeongak (정악) dimainkan untuk keluarga kerajaan dan kaum bangsawan atau yangban (양반).

Jenis musik jeongak ini bisa juga disebut sebagai musik klasik tradisional Korea (Korean Traditional Classical Music). Musik jeongak ini berirama lembut, hangat, pelan dan khidmat. Begitu pelannya tempo jenis musik ini, satu ketukan musik ini bisa membutuhkan waktu sampai tiga detik.

Musik Jeongak (정악) terdiri dari tiga tipe atau tiga jenis yaitu :

1. Hyangak (향악)

Jenis musik Hyangak (향악) ini adalah jenis musik istana yang berasal dari musik asli korea. Jenis musik ini Hyangak (향악) diyakini sudah ada sejak Zaman Tiga Kerajaan (삼국 시대) yakni, Koguryeo, Shilla dan Baekjae.

Contoh musik yang termasuk ke dalam jenis musik ini adalah Sujecheon (수제천) atau ‘Music of Regret and Waiting’. Secara bahasa (dalam bahasa Inggris) arti Sujecheon (수제천) adalah “Long Life as Endless as the Sky.” Nama asli sujecheon (수제천) adalah Jeongeup (정읍), yang merupakan kesenian Kerajaan Baekje (백제).

2. Dangak (당악)

Dangak (당악) adalah jenis musik korea yang berasal dari musik rakyat Cina. Saat ini musik yang dikenal ada dua macam yaitu : Nagyangchun (낙양춘) atau Springtime in Luoyang dan Baheoja (바허자) atau Pacing the Void.

3. Aak (아악)

Aak (아악) adalah jenis musik ritual atau persembahan. Jenis musik ritual ini berasal dari musik ritual Cina. Saat ini musik ritual yang masih sering dimainkan di Korea adalah musik ritual Munmyo Jeryeak (문묘 제례악) dan Jongmyojeryeak (종묘제례악).

Musik ritual Munmyo Jeryeak (문묘 제례악) adalah musik ritual yang digunakan dalam upacara persembahan atau penghormatan terhadap confusius, ajaran resmi yang digunakan di Kerajaan Joseon. Musik ritul Munmyo Jeryeak (문묘 제례악) ini dilakukan di kuil Mummyo (문묘), di kota Seoul.

Sementara Jongmyojeryeak (종묘제례악) adalah musik ritual yang dimainkan pada upacara agung Jungmyo Daeje di kuil Jungmyo, kota Seoul. Upacara Jongmyojeryeak (종묘제례악) ini adalah upacara atau ritual penghormatan terhadap leluhur Raja Taejo, pendiri Kerajaan Joseon dan para para keturunannya.

Secara umum musik Jeongak (정악) ini terdiri dari 2 tipe yaitu :

1. Musik Intsrumental

Musik instrumental adalah musik yang hanya memainkan alat musik tanpa diiringi nyanyian atau vokal. Contoh jenis musik yang hanya berupa instrumental ini adalah musik ritual atau Jeryeak (제례악), musik prosesi atau 군례악/gun-ryeak/gullyeak) serta musik perjamuan makan istana atau yallyeyak (얀례악/yan-ryeak).

Musik perjamuan makan istana atau yallyeyak (얀례악/yan-ryeak/) yang terkenal adalah Yomillak (여민락/yeominrak ~ Joy With Populace). Musik ini dibuat oleh Raja Sejong yang Agung.

2. Musik Vokal

Musik vocal adalah musik yang diringi oleh lagu. Jenis musik vokal ini adalah gagok (가곡), gasa (가사) dan sijo (시조). Gagok (가곡), merupakan lagu yang panjang, yang dinyanyikan berdasarkan lirik puisi tiga bait. Sijo merupakan lagu puisi tiga baris yang dinyanyikan dengan melodi yang tetap dan dalam tempo yang lambat.

*****

Oke, itu aja dulu teman-teman. Siapa yang mau menambahkan informasi silahkan, atau kalau ada yang mau copy and paste harap kasih link ke postingan iini atau ijin share ke firsty.chrysant.gmail.com.

Firsty

Disarikan dari berbagai sumber

3 thoughts on “Jeongak (정악) ~ Musik Klasik Tradisional Korea atau Musik Istana (Korean Traditional Classical Music)

  1. Pingback: Selamat Datang 어서 오세요 | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s