Masuk TK dan SD Sepertinya Mengerikan Ya

Liat judul-judulnya, bombastiskan? Masuk TK SD loohh
Liat judul-judulnya, bombastiskan? Masuk TK SD loohh

Beberapa hari yang lalu saya ke Gramedia Matraman, Di Gramedia ini lantai paling atas adalah lantai khusus untuk buku-buku pelajaran dan buku anak. Di gramedia lain, buku-buku pelajaran seringkali sudah tidak ada kalau sudah habis tahun ajaran baru (kecuali untuk paud), maka di sini sepanjang tahun ajaran selalu tersedia buku-buku pelajaran.

Nah, pas lagi mutar-mutar di bagian buku PAUD, saya agak kaget dan geleng-gelaeng kepala liat buku-buku PAUD yang bertengger di rak. Dahsyat dan menggelikan. Yang dahsyat itu judul-judul beberapa buku yang terdapat di sana. Karena judulnya dahsyat kaya gitu, bagi saya menggelikan.

Loh, kenapa dahsyat dan menggelikan? Coba perhatikan judul-judul yang tertera :

  1. Menjelang Deteik Masuk SD, Panduan Terbaik Bagi Anak Untuk Menjadi Siswa SD Terunggul.
  2. Jenius Seperti Einstein, Lolos Masuk TK Tanpa Kesulitan.
  3. 99,99 % Diterima Masuk TK Favorit (Materi Soal-Soal Terbaik Untuk Persiapan masuk TK).
  4. Jurus Kilat Siap Masuk SD.
  5. Aku Siap Masuk SD
  6. Menjelang Detik Masuk TK, Panduan Terbaik Bagi Anak Untuk Menjadi Siswa TK Terunggul. (100% Persiapan Masuk TK)

Liat kan judulnya? Sangat Dahsyat bukan? Bombastis banget. Itu judul-judul buku untuk anak yang mau TK SD loh, bukan, judul buku untuk anak SMP atau SMP yang mau persiapan Ujian Nasional. Atau kaya siswa lulusan SMA yang lagi persiapan masuk perguruan tinggi terbaik se Indonesia yang harus belajar mati-matian supaya lulus. Kalau SMP SMA sih masi mending. Tapi ini untuk anak-anak yang mau masuk TK atau SD!!

Kaya udah mau UN anak SMA aja
Kaya udah mau UN anak SMA aja

Apa imajinasi Anda membaca judul-judul buku tersebut? Kalau saya, ketika membaca judul-judul tersebut, masuk TK dan SD sungguh mengerikan. Masuk TK atau masuk SD ibarat masuk arena pertandingan hidup dan mati yang harus dipersiapkan sedimikian rupa supaya lulus dengan baik. Sama seperti persiapan SMPTN.

Dari judul-judul buku yang tersedia, sepertinya masuk SD itu ibarat horor tengah malam, trus mana lampu mati, lagi hujan deras juga plus petir yang menyambar sepanjang malam, dan di luar ada psikopat yang menggedor-gedor pintu minta tumpangan. Nah loohhh…

Nah, karena masuk TK SD aja udah seperti itu horornya, makanya disiapkan buku-buku yang sangat jitu untuk bisa menghadapi ‘kehororan’ masuk TK dan SD. Buku-buku yang sangat ampuh dan mumpuni supaya anak Anda lolos masuk TK dan SD. Dan selain itu anak Anda juga harus les ini dan itu yang belum sesuai untuk umurnya.

Beberapa tahun yang lalu, dimana kelulusan pelajar ditentukan oleh hasil UN-nya, maka banyak sekali buku-buku persiapan supaya lulus UN dengan baik. Bertebaran buku-buku yang covernya beda, tapi isinya (banyak yang) sama.

Judul-judul buku persiapan UN SMP SMA tersebut sama bombastisnya dengan judul-judul di atas. Tapi karena ditujukan untuk siswa SMP SMA, yaw ajar aja sih ya. Laaahhh ini anak yang mau masuk TKdan SD? Gimana ngga bikin ngakak coba.

Anak TK itu berhitung melalui jumlah gambar yang tersedia, bukan melaui angka kaya gini. Daaan.. belajar huruf kapital itu belakangan bukan berbarengan dengan huruf biasa.
Anak TK itu berhitung melalui jumlah gambar yang tersedia, bukan melaui angka kaya gini. Daaan.. belajar huruf kapital itu belakangan bukan berbarengan dengan huruf biasa.

Halooo… mereka itu masuk TK untuk bermain sambil belajar yang ringan-ringan aja. Contoh, belajar abjad dan bilangan sambil bernyanyi, mewarnai buku yang sudah ada gambarnya, menari (atau kegiatan yang menggerakkan badan deh), belajar sosialisasi dengan anak-anak seumuran mereka. Bukan belajar berat-berat seperti itu.

Masa untuk anak yang berumur 3 tahun 4 tahun itu, sekali lagi ya, bukan masa belajar. Kalau masuk SD baru mulai belajar. Dan yang (seharusnya) yang bertanggung jawab untuk mengajarkan menulis dan membaca adalah guru kelas satu.

Okelah sekarang anak yang masuk SD sudah harus bisa membaca dan menulis supaya lebih memudahkan anak dalam memahami pelajaran lainnya, tapi apakah untuk masuk TK harus, anak-anak sudah mengenal abjad dan bisa baca dulu? Ngga kan… Mereka di TK seperti yang saya bilang di atas bukan untuk belajar tapi untuk bermain dan bersosialisasi dengan anak-anak seumuran mereka.

Atau gini aja, gimana para orangtua yang pengen anaknya lulus di TK dan SD favorit, istighazah aja dulu biar anaknya mudah diterima. Kaya anak-anak SMA SMK yang mau UN… hehehe 🙂

Advertisements

13 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s